Informasi Kesehatan

Apakah GERD Bisa Disembuhkan?

GERD.jpg

Diabetes Pada Lansia

Sejalan dengan bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh manusia…

WHO: Depresi Adalah Penyakit Bukan Sekedar “Mood”

Keadaan depresi pada seseorang merupakan suatu penyakit, bukan…

Hipetensi / Tekanan Darah Tinggi

  Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi…

Penyakt GERD umumnya disebabkan oleh aliran balik asam lambung dari lambung ke kerongkongan. Gangguan ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada dada. Hal ini dikarenakan tidak adanya lapisan protektif di kerongkongan yang dapat melindunginya dari asam lambung.

Bila dibiarkan terus-menerus dan tidak ditangani, keluhan ini dapat berlanjut menjadi luka di kerongkongan. Berikut penanganan yang dapat diterapkan untuk keluhan yang disebabkan oleh GERD:

  1. Perubahan pola makan. Salah satu cara menghindari GERD adalah dengan membatasi konsumsi makanan asam, makanan pedas, kopi, dan cokelat. Makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan frekuensi yang lebih sering namun porsi lebih kecil.
  2. Modifikasi gaya hidup. Selain olahraga teratur, menghindari merokok dan membatasi konsumsi alkohol juga terbukti dapat menurunkan produksi asam lambung.
  3. Pengobatan.Bila keluhan GERD tidak tertangani dengan perubahan pola makan dan gaya hidup, beberapa obat-obatan terbukti efektif mengatasinya. Obat golongan antasida dapat menetralisir asam lambung. Sedangkan obat-obatan golongan Proton Pump Inhibitor (PPI) berfungsi menurunkan produksi asam lambung. 
  4. Pembedahan. Pada kasus-kasus dengan tingkat keparahan yang tinggi, prosedur pembedahan dapat menjadi pilihan terakhir. Beberapa prosedur seperti fundoplication dan keyhole surgery dapat mencegah timbulnya keluhan GERD dengan angka keberhasilan yang melebihi 90%.

Penanganan untuk GERD secara mutlak hanya dapat dicapai melalui prosedur pembedahan. Namun, pada sebagian besar pasien perubahan pola makan, modifikasi gaya hidup, dan mengkonsumsi pengobatan yang tepat umumnya bisa mencegah GERD untuk timbul kembali.

 

Sumber: klikdokter.com

TEMUKAN