Informasi Kesehatan

Waspada Virus Corona, Ini yang Harus Dilakukan oleh Ibu Hamil dan Menyusui

ibu_hamil.jpg

Mengenal Susu Ibu Hamil, Pelengkap Nutrisi Kehamilan Bumil

Susu ibu hamil adalah susu yang dibuat khusus…

Abortus Habitualis, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Abortus habitualis disebut juga dengan keguguran berulang, yaitu…

Ini Dia Pantangan Makanan Agar Cepat Hamil

Ada beberapa pantangan makanan yang perlu ditaati oleh…

Semakin hari, jumlah korban akibat virus corona memang semakin bertambah. Karenanya, penting bagi setiap orang, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui, untuk menjaga kesehatan dan menghindari banyak aktivitas di luar. 

Pasalnya, menurut Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jakarta Raya (POGI JAYA), ibu hamil dan ibu menyusui lebih rentan terkena virus corona ketimbang orang biasa. Lalu, apa yang harus dilakukan ibu hamil dan menyusui untuk mencegah infeksi virus corona?

Ini Alasan Ibu Hamil dan Menyusui Rentan Terkena Virus Corona

Penularan virus corona atau COVID-19 memang sangat cepat dan sangat berbahaya, apalagi jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah dan memiliki kondisi penyakit tertentu. 

Dikatakan oleh dr. Ulul Albab, SpOG, Sekjen POGI JAYA, ibu hamil dan ibu menyusui merupakan sedikit dari banyak orang yang perlu berhati-hati karena memiliki risiko tinggi terkena virus corona. 

"Ibu hamil dan ibu menyusui rentan terkena berbagai penyakit akibat perubahan hormonal. Sehingga secara otomatis daya tahan tubuh mereka lebih rendah,” ujarnya.

Ditegaskan oleh dr. Ulul, apabila ibu hamil dan menyusui mengalami gejala flu atau gejala yang sama seperti COVID-19, segera periksakan diri ke dokter kandungan dan mintalah untuk sekaligus melakukan pemeriksaan COVID-19. 

Apabila diketahui lebih awal, maka dokter dapat merekomendasikan perawatan terbaik bagi pasien untuk mencegah paparan virus tersebut lebih jauh. 

“Wanita hamil dan bayi yang baru lahir seharusnya dianggap sebagai populasi berisiko utama dalam strategi yang berfokus pada pencegahan dan manajemen Infeksi COVID-19 ini,” tambahnya. 

Selain itu, POGI JAYA juga meminta agar pihak Rumah Sakit memerhatikan keselamatan para tenaga medis yang sedang hamil saat bertugas. Prioritas alat peralatan keselamatan harus diutamakan bagi para tenaga medis yang sedang hamil tersebut.

Meski begitu, belum ada penelitian pasti yang menyebutkan bahwa virus bisa menular ke bayi selama kehamilan. Akan tetapi, pencegahan demi pencegahan memang sebaiknya dilakukan sejak dini untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan terburuk. 

 

Cara Mencegah Virus Corona Pada Ibu Hamil dan Menyusui

Ada pun beberapa pencegahan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dan ibu menyusui lakukan. Berikut cara mencegah penularan virus corona menurut dr. Rizky Amalia Sharfina dari KlikDokter:

  1. Gunakan Masker 

Pakai masker saat hamil dan menyusui dapat dilakukan ketika berada di luar ruangan atau sedang berada di tempat yang ramai.

Pastikan tidak membawa bayi Anda keluar di tempat yang ramai, dan pastikan agar bayi tidak disentuh oleh orang asing maupun orang yang mungkin sudah Anda kenal (Ini berguna mencegah penularan virus pada bayi).

  1. Tutup Mulut Batuk atau Bersin

Menutup mulut saat batuk dan bersin wajib menggunakan tisu atau tangan. Cuci terlebih dahulu tangan Anda menggunakan air dan sabun, baru Anda boleh memegang dan menggendong bayi Anda. 

  1. Masak Makanan Sehat dan Matang 

Anda juga wajib memasak makanan hingga matang, hindari makanan mentah selama wabah virus corona belum dipastikan selesai. Selain itu, makan makanan yang tidak matang secara menyeluruh juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan bayi dalam kandungan

  1. Perhatikan Gejala Tertentu

Apabila terdapat gejala seperti demam tinggi, batuk dan sesak napas, segera periksakan diri ke rumah sakit. Deteksi gejala dari awal dapat mencegah meluasnya penularan virus corona pada orang lain. 

  1. Menjaga Daya Tahan atau Imun Tubuh

Ibu hamil dan menyusui juga wajib menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, tidak merokok, dan pastikan waktu tidur cukup. Ibu hamil juga bisa melakukan olahraga secara rutin (minimal 30 menit dalam sehari), misalnya dengan jalan-jalan di kompleks perumahan atau yoga. 

 

Apabila Sudah Terinfeksi Virus Corona, Apa yang Harus Dilakukan?

Apabila ibu hamil atau ibu menyusui sudah terjangkit virus corona, maka hal utama yang harus dilakukan adalah mengikuti prosedur pemeriksaan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 

“Yang pasti, isolasi diri dari banyak orang adalah langkah pertama yang bisa dilakukan. Selanjutnya, pastikan dokter kandungan Anda juga mengetahui kondisi terbaru agar dokter juga bisa berdiskusi dengan tim medis yang bekerja untuk menangani virus corona,” ujar dr. Rizky pada KlikDokter. 

“Setelah itu, pastikan Anda mendapat cukup istirahat dan minum obat yang dianjurkan oleh dokter secara rutin. Jika prosedur demi prosedur dilakukan dan dipatuhi dengan baik, kemungkinan semua akan baik-baik saja, dan sembuh pada waktunya,” tambah dr. Rizky. 

 

Sumber: Klikdokter.com

 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.

TEMUKAN