Informasi Kesehatan

Mengulik Manfaat Buah Stroberi untuk Ibu Menyusui

STRAWBERRY.jpg

4 Tips Menyusui Saat Perjalanan Jauh

Sebagian ibu menyusui mungkin merasa kerepotan atau tidak…

Ibu, Ini 5 Jenis Sayuran Pelancar ASI

“Kurangnya produksi ASI adalah masalah umum bagi para…

Ini Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

"Kenali tanda kehamilan di minggu pertama agar mendapatkan…

Buah stroberi merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu yang sedang dalam masa menyusui. Pasalnya, selain nikmat dan menyegarkan, buah stroberi juga menyimpan sederet manfaat kesehatan untuk ibu menyusui, lho.

Buah stroberi adalah jenis beri dengan warna merah cerah dan banyak mengandung air. Rasanya yang asam manis nan menyegarkan, membuat buah stroberi disukai oleh banyak kalangan.

Selain nikmat, buah yang memiliki nama latin Fragaria ananassa ini juga mengandung segudang nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat, lemak, asam folat, kalium, kalsium, mangan, zat besi, tembaga, magnesium, fosfor, serta vitamin B6, C, E, dan K.

5 Manfaat Buah Stroberi untuk Ibu Menyusui

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, buah stroberi menjadi sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja, tak terkecuali ibu menyusui. Bahkan, ibu menyusui yang rutin mengonsumsi buah ini juga bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di masa menyusui, ibu mungkin akan sering begadang karena harus menyusui buah hati kapan pun ia inginkan. Hal ini tentu bisa membuat Busui jadi kurang tidur dan kelelahan. Pada akhirnya, imunitas Busui pun bisa menurun dan menyebabkan Busui jadi rentan sakit.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, Busui dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya adalah buah stroberi. Buah stroberi mengandung vitamin A, C, E, serta asam folat dan zinc yang terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh.

2. Mengurangi terjadinya kram otot

Kram otot merupakan keluhan yang cukup umum dialami oleh ibu menyusui. Meski bukan sesuatu yang berbahaya, tapi kondisi ini tentu bisa membuat Busui tidak nyaman untuk beraktivitas.

Guna mengatasi masalah ini, Bumil dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan kalium harian. Busui bisa memperoleh kalium dari beragam jenis makanan, seperti pisang, jeruk, alpukat, dan tentunya stroberi.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Buah beri, seperti raspberry, blueberry, dan termasuk stroberi adalah sumber serat yang baik bagi tubuh. Serat yang terkandung dalam buah-buahan ini diketahui mampu melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, dan mencegah konstipasi.

4. Membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan

Kehamilan memang membuat bobot tubuh meningkat secara drastis. Tak bisa dipungkiri, perubahan ini kerap membuat percaya diri berkurang bahkan memicu stres.

Nah, untuk menurunkan berat badan pascapersalinan, ada banyak cara yang bisa Busui lakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat, seperti buah stroberi. Buah stroberi mengandung serat yang bisa membuat Busui merasa kenyang lebih lama, sehingga Busui pun lebih bisa mengatur pola makan.

5. Membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Perlu Busui tahu nih, kekurangan asupan cairan tubuh dapat menimbulkan gangguan pada produksi ASI, lho. Oleh karena itu, di masa menyusui ini, pastikan Busui mengonsumsi cairan dengan cukup setiap harinya, ya.

Ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi cairan sebanyak 128 ons (8 gelas) setiap harinya. Selain dengan minum air putih, kebutuhan cairan harian tersebut juga bisa Busui penuhi dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, termasuk salah satunya adalah stroberi.

Nah, itulah beragam manfaat buah stroberi untuk ibu menyusui yang sayang untuk dilewatkan. Agar mendapatkan manfaatnya secara optimal, pilihlah buah stroberi berwarna cerah dan mengkilap, masih terdapat daun hijau di atasnya, serta pastikan daging buahnya kencang yang menandakan buah tersebut masih segar.

Bila Busui ingin mengetahui lebih jauh mengenai manfaat stroberi atau jumlah konsumsi yang aman sesuai dengan kondisi kesehatan Busui, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Sumber: alodokter. com 

 Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.