Informasi Kesehatan

Ketahui Kalori Dimsum untuk Diet dari Cara Mengolahnya

Kalori_Dimsum_Ayam.width-1000_.jpg

Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 15 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

“Susu kedelai tak kalah bergizi dengan susu sapi.…

9 Manfaat Scallop untuk Kesehatan, Makanan Sehat Tinggi Protein

“Pencinta makanan laut alias seafood tentu sudah tak…

Tak Hanya Lezat, Ini 11 Manfaat Bayam bagi Kesehatan Tubuh

“Bayam mengandung protein, zat besi, vitamin, dan mineral…

“Meskipun sebagian besar hidangan diolah dengan cara dikukus, hal itu tidak membuat kalori dimsum menjadi rendah. Potongan daging yang berlemak, olesan minyak serta tambahan bumbu-bumbu lain membuat kalori makanan orien

Dimsum merupakan menu makanan yang populer di Hongkong. Berbagai jenis makanan berukuran kecil dan hampir semuanya serba dikukus tersebut biasanya disantap di pagi hari sebagai sarapan. Namun, dimsum juga nikmat untuk dimakan kapan saja.

Karena berukuran kecil, banyak orang menganggap dimsum tidak terlalu memberikan banyak kalori. Apalagi makanan oriental tersebut diolah dengan cara dikukus yang dianggap lebih sehat daripada digoreng. Namun, benarkah demikian? 

Kalori Dimsum

Bila kamu berpikir dimsum adalah menu makanan yang baik untuk diet, coba pikirkan kembali. Pasalnya, meskipun sebagian besar makanan ini dikukus, banyak hidangan dimsum nyatanya padat kalori dan tinggi lemak yang bisa memengaruhi berat badan. Terlebih lagi, koki dimsum biasanya menggunakan potongan daging yang lebih berlemak agar bentuk dimsum lebih cantik, dan membuatnya enak dan berair. 

Selain itu, di bagian atas dimsum biasanya juga diolesi minyak untuk membuatnya tampak mengkilat dan menggugah selera. Hal itu bisa menambah kandungan lemaknya yang juga akan meningkatkan kalori dimsum.

Berikut kalori dari beberapa hidangan dimsum dalam kcal:

  • Pangsit udang: 50 kcal per satu pangsit.
  • Bakpao babi BBQ: 150 kcal per satu bakpao.
  • Siomay: 58 kcal per satu siomai.
  • Bola-bola biji wijen: 89 kcal per porsi.
  • Nasi ketan daun teratai: 220 kcal per satu kepalan nasi.
  • Bola udang goreng: 116 kcal per satu bola.
  • Kue lobak: 130 kcal per porsi.
  • Bakpao custard telur kukus: 189 kcal per satu bakpao
  • Ceker ayam kukus dengan saus hitam: 190 kcal per porsi.

Karena berbagai hidangan hadir dalam potongan-potongan kecil yang bisa dikonsumsi dalam sekali suap, kebanyakan orang jadi makan lebih banyak saat makan dimsum. 

Menurut ahli diet, orang-orang akhirnya mengonsumsi rata-rata 900 kalori pada saat makan dimsum, dibandingkan dengan rata-rata 600 kalori bila makan nasi dengan lauk sayur dan daging. Ingat, jumlah kalori yang kamu perlukan per hari berkisar antara 1.800 (untuk wanita) hingga 2.200 (untuk pria).

Selain kadar kalori dan lemak yang perlu diperhatikan, kadar natrium atau garam dalam dimsum juga perlu diwaspadai. Pasalnya, ada banyak kandungan garam tersembunyi di balik makanan kecil tersebut yang sering kali tidak disadari. Apalagi bila kamu mencocolnya dengan kecap asin. 

Kamu mungkin akhirnya bisa mengonsumsi 2,5 gram natrium hanya dalam sekali duduk. Padahal, asupan natrium tidak boleh melebihi dari 5 gram dalam sehari. Kelebihan garam sudah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Tips Sehat Mengonsumsi Dimsum

Nah, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan bila ingin makan dimsum agar tetap sehat:

  • Sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi dimsum. Batasi menjadi hanya dua kali dalam sebulan.
  • Bila ingin mengonsumsi dimsum lebih sering, pilihlah hidangan yang lebih sehat. Misalnya, untuk makan keluarga beranggotakan empat orang, kamu bisa memilih tiga hidangan kukus, satu goreng (opsional), satu hidangan sayur tumis, bubur polos, dan sepiring buah segar.
  • Selalu pilih isian dimsum yang lebih sehat, seperti bayam, kerang, atau udang.
  • Meskipun belum terbukti bahwa minum teh saat makan bisa mengurangi penyerapan lemak, pilihlah teh atau air putih saat makan dimsum untuk mengontrol nafsu makan.
  • Kurangilah penggunaan bumbu-bumbu, seperti minyak cabai, kecap asin, atau kecap manis untuk mengurangi asupan natrium tambahan. Sebagai alternatifnya, kamu bisa minta cabai potong.

Itulah kalori dimsum yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk cek kesehatan secara berkala untuk berjaga-jaga dari berbagai kondisi kesehatan yang sering kali tidak disadari. 

tal tersebut menjadi cukup tinggi untuk sekali makan.”

 

Sumber: halodoc. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.