Informasi Kesehatan

Menurut Pakar Kesehatan, Waktu Terbaik Minum Kopi Adalah Jam 9:30 Pagi

kopi.jpg

Dampak Buruk Dari Menahan Buang Air Kecil, Jangan di Sepelekan!

BogorNetizen pasti pernah kan pengen buang air kecil…

Mengapa Rokok Menyebabkan Kecanduan?

Setiap orang pasti tahu bahwa merokok bisa menimbulkan…

Kenapa Tulisan “Ambulance” Pada Mobil Ambulan Terbalik?

Kita tidak boleh berprasangka buruk dulu ya sama orang…

Setiap orang memiliki kebiasaan minum kopi yang berbeda-beda. Ada yang memilih untuk meminumnya saat bangun pagi agar rasa kantuk pada tubuhnya menghilang, namun, ada pula orang yang memilih untuk mengkonsumsinya di siang hari, saat dimana banyak orang mulai mengantuk dan kehilangan konsentrasi untuk bekerja setelah makan siang. Namun, menurut pakar kesehatan, waktu terbaik untuk minum kopi adalah jam 9:30 pagi. Apa alasan dari rekomendasi waktu meminum kopi ini?

doktersehat-kopi-demensia

Pakar kesehatan neuropsikologi dan chronopharmacology, Steven Miller, melakukan beberapa penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam laman ilmiah NeuroscienceDC. Menurut hasil penelitiannya ini, konsumsi kopi saat bangun tidur ternyata sama sekali tidak akan memberikan manfaat bagi tubuh. Menurut beliau, alasan dari hal ini adalah adanya ritme sirkadian dan juga hormon kortisol pada tubuh. Ritme sirkadian tubuh adalah pengendali kebiasaan tidur kita sekaligus hormon kortisol. Kedua hal inilah yang membuat kita waspada atau merasa mengantuk.

Saat kita bangun tidur, hormon kortisol ini secara alami akan bekerja pada tubuh. Biasanya, puncak aktifitas hormon kortisol ini ada di antara jam 8 hingga 9 pagi sehingga kita pun akan cenderung bugar dan mudah untuk berkonsentrasi. Jika kita mengkonsumsi kopi pada saat setelah bangun tidur atau pada jam-jam dimana hormon kortisol ini sangat aktif, maka kita justru akan mudah mengalami sakit kepala, cemas, atau justru kelelahan.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Miller menyarankan kita untuk mengkonsumsi kopi di waktu 90 menit hingga 2 jam setelah bangun tidur atau sekitar jam 9:30 hingga 11:30 dan juga setelah jam makan siang, yakni 13:30 hingga jam 17:00. Pada jam-jam tersebut, kadar hormon kortisol dalam darah cenderung menurun dengan drastis sehingga kita pun bisa mendapatkan manfaat kopi yang bisa membantu kita mengatasi rasa kantuk.

Alih-alih minum kopi, Miller lebih menyarankan kita mengkonsumsi sarapan yang kaya akan serat dan protein setelah bangun tidur. Dua jam setelahnya, barulah kita bisa mengkonsumsi kopi untuk membuat kita lebih fokus dan produktif saat bekerja.


sumber : http://doktersehat.com/

TEMUKAN