Informasi Kesehatan

Beragam Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

manggis.jpg

Sederet Pilihan Makanan Untuk Ibu Menyusui Vegetarian

Banyak yang mengira bahwa ibu menyusui vegetarian pasti…

Waspada Virus Corona, Ini yang Harus Dilakukan oleh Ibu Hamil dan Menyusui

Semakin hari, jumlah korban akibat virus corona memang…

Amankah Menggunakan Sabuk Pengaman untuk Ibu Hamil?

Saat berkendara dengan mobil, setiap orang diwajibkan untuk…

Di balik rasanya yang manis dan asam, ada banyak manfaat buah manggis untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi di dalamnya menjadikan buah manggis baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Buah manggis (Garcinia mangostana) merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara langsung atau dengan mengolahnya menjadi menu makanan menarik, seperti smoothie, salad, atau jus.

Selain itu, akhir-akhir ini juga sudah banyak ekstrak alami dari buah manggis yang dijual di pasaran. Ekstrak ini dipercaya memiliki banyak antioksidan, antibakteri, dan antivirus, dan bahkan antikanker.

Inilah Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Dalam 1 buah manggis terkandung banyak nutrisi, seperti serat, karbohidrat, asam folat, dan vitamin C, yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu hamil harus bekerja lebih keras karena harus melindungi 2 tubuh, yaitu tubuhnya sendiri dan tubuh janin. Bertambahnya beban sistem kekebalan tubuh ini membuat sebagian sistem perlindungan menjadi lebih lemah, sehingga ibu hamil menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Kandungan serat dan vitamin C yang cukup banyak dalam buah manggis bisa membantu Bumil menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sifat antioksidan dan antibakteri yang dimiliki oleh buah manggis juga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan bakteri yang berbahaya.

2. Mencegah cacat lahir

Asam folat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan organ bayi. Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini sebelum dan selama kehamilan bisa membantu mencegah bayi mengalami cacat lahir, seperti anensefali dan spina bifida.

Nah, asam folat banyak terkandung dalam buah manggis. Oleh karena itu, Bumil bisa menjadikan buah ini sebagai salah satu camilan sehat selama kehamilan.

3. Mencegah sembelit

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil berikutnya adalah mencegah sembelit. Buah ini merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jika kebutuhan serat tercukupi, Bumil akan terhindarkan dari masalah sembelit yang kerap terjadi pada kehamilan.

4. Mengontrol gula darah

Ibu hamil memiliki risiko untuk mengalami diabetes gestasional, yaitu tingginya kadar gula darah selama kehamilan. Jika tidak dikontrol dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi pada ibu maupun bayi, misalnya preeklamsia dan kelahiran prematur.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kombinasi kandungan xanthone dan serat yang terdapat pada buah manggis dapat membantu ibu hamil mengontrol gula darah, sehingga risiko untuk mengalami diabetes gestasional akan menurun.

Itulah sederet manfaat buah manggis untuk ibu hamil. Dalam mengonsumsi buah manggis, utamakan buah manggis segar daripada buah manggis dalam bentuk kalengan, suplemen, ataupun jus kemasan. Pasalnya, produk-produk olahan ini mungkin saja memiliki bahan tambahan yang tidak aman untuk ibu hamil.

Beberapa orang juga memiliki alergi terhadap buah manggis. Jika Bumil mengalami reaksi alergi, seperti gatal-gatal, muncul ruam kulit, bibir dan mata bengkak, atau sesak napas, setelah mengonsumsi buah manggis, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

 

Sumber: Alodokter.com

 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.

TEMUKAN