Informasi Kesehatan

Menu Buka Puasa Sehat yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Menu_Buka_Puasa_Sehat_yang_Dianjurkan_untuk_Ibu_Hamil.jpg

Baby Blues Syndome Terjadi pada Ibu Baru, Begini Cara Mengatasinya

"Usai melahirkan, wanita rentan mengalami sindrom Baby Blues…

Perkembangan Janin Usia 36 Minggu

“Memasuki minggu ke-36 menjelang kelahiran, ukuran bayi kira-kira…

9 Pantangan Ibu Hamil Trimester 3 yang Perlu Diketahui

Pantangan ibu hamil trimester 3 yang perlu untuk…

“Pemilihan menu makanan yang sehat untuk berbuka puasa dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi selama kehamilan. Karenanya, penting sekali untuk memahami kandungan nutrisi apa saja yang dibutuhkan.”

Buka puasa bersama-sama saat bulan Ramadhan adalah momen yang sangat dinanti-nanti oleh banyak orang. Namun bagi ibu hamil, memilih makanan yang tepat untuk berbuka puasa juga sangat penting untuk kesehatan ibu dan perkembangan bayi. 

Umumnya selama kehamilan, prinsip dasar makan sehat tetap sama yakni senantiasa untuk mengonsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. 

Referensi Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil

Terdapat beberapa menu rekomendasi buka puasa sehat untuk ibu hamil, yang akan kita bahas dalam artikel ini.

1. Buah-buahan dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran segar harus menjadi pilihan utama dalam menu buka puasa sehat ibu hamil. Makanan yang kaya serat, vitamin, dan mineral ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan bayi.

Ibu hamil dapat memilih berbagai jenis buah dan sayuran seperti apel, pisang, jeruk, brokoli, wortel, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih lanjut, bumil dapat membaca artikel mengenai Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil.

2. Protein Nabati

Ibu hamil membutuhkan protein yang cukup untuk membantu membangun jaringan tubuh bayi yang sedang berkembang. Sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai sangat baik untuk kesehatan ibu dan perkembangan bayi. Contoh menu buka puasa sehat ibu hamil yang kaya protein nabati adalah tumis tahu atau tempe dengan sayuran segar.

3. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan kentang merupakan sumber energi yang penting bagi ibu hamil. Pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang rendah gula dan tinggi serat untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Menu buka puasa sehat ibu hamil yang mengandung karbohidrat kompleks dapat menggunakan nasi merah dan lauk sayur.

4. Asam Folat

Folat adalah vitamin B yang membantu mencegah masalah serius pada perkembangan otak dan sumsum tulang belakang (cacat tabung saraf). Bentuk sintetis folat yang terdapat dalam suplemen dan makanan terkenal sebagai asam folat. Menu berbuka yang mengandung asam folat dapat berasal dari sereal. Sayuran berdaun hijau tua, buah jeruk, kacang kering, kacang polong dan lentil juga merupakan sumber folat alami yang baik. 

5. Zat Besi 

Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan tubuh. Selama kehamilan, membutuhkan dua kali lipat jumlah zat besi. Tubuh ibu hamil membutuhkan zat besi lebih banyak darah guna memasok oksigen terhadap bayi.

Menu sehat tinggi zat besi yang baik bagi ibu hamil ketika berbuka puasa dapat memilih olahan daging merah tanpa lemak, unggas dan ikan. Pilihan lainnya seperti sereal, kacang-kacangan dan sayuran.

Itulah beberapa rekomendasi menu sehat untuk berbuka puasa bagi ibu hamil sesuai dengan kebutuhan asupan nutrisi. Selama berpuasa, pastikan ibu terpenuhi kebutuhan cairan, istirahat dan terhindar dari stres.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.