Informasi Kesehatan

Ini 5 Rekomendasi Nasal Spray Bayi yang Aman untuk Hidung Tersumbat

01gdmefxjmy864dn6cwdgpzxdj.jpg

Hanya Konsumsi ASI, Ini Penyebab Bayi Susah BAB

“Susah buang air besar pada bayi yang hanya…

Kenali Gejala Pneumonia pada Bayi dan Penanganannya

“Bayi yang mengalami pneumonia umumnya demam, batuk, tidak…

Penuhi 8 Nutrisi Penting Ini agar Ibu Hamil dan Bayi Sehat

“Selama masa kehamilan, ada beberapa nutrisi ibu hamil…

“Nasal spray atau yang lebih dikenal dengan semprotan hidung punya fungsi utama, yakni melembapkan saluran hidung. Tak hanya orang dewasa, beberapa produk juga menyediakan untuk bayi dari usia 0 tahun.”

Nasal spray bayi adalah alat atau cairan pembersih hidung yang dirancang khusus untuk digunakan oleh bayi dan anak-anak. Fungsinya untuk membantu meredakan hidung tersumbat.

Penggunaannya akan tergantung pada merek. Beberapa produk bekerja dengan cara disemprotkan ke lubang hidung. Sementara itu, produk lainnya dengan cara diteteskan atau disedot untuk melegakan laju pernapasan.

Rekomendasi Nasal Spray untuk Bayi

Nasal spray berfungsi untuk membersihkan dan melembapkan saluran hidung. Cara kerjanya dengan mengencerkan atau menarik lendir yang menumpuk keluar dari saluran tersebut.

Berikut beberapa rekomendasi produk yang bisa ibu coba untuk mengatasi masalah hidung mampet pada bayi:

1. Sterimar nose hygiene baby

Sterimar nose hygiene baby adalah semprotan hidung yang terdiri dari 100 persen air laut. Alatnya memiliki semprotan mikro-difusi yang lembut untuk melapisi bagian dalam saluran hidung.

Semprotan hidung ini juga didesain sedemikian rupa untuk mempermudah jalan pernapasan dan mencegah masuknya angin ke dalam saluran. Bentuknya ergonomis dengan permukaan pelapis yang tidak licin.

Semprotan hidung ini tidak mengandung bahan pengawet atau zat aditif, sehingga cocok digunakan Si Kecil sejak 0 hingga 3 tahun. Tak hanya itu, produk juga dapat membantu mendukung fungsi penyaringan alami hidung. 

2. Bigroot nose hygiene ultra gentle baby

Rekomendasi selanjutnya datang dari produk Bigroot nose hygiene ultra gentle baby. Ibu bisa menggunakan cairan pembersih hidung ini dengan meneteskannya pada lubang hidung Si Kecil.

Produk ini aman dipakai pada bayi usia 0 sampai 3 tahun dan terbuat dari 100 persen saline water. Dengan pipet dan bahan yang halus, cairan pembersih hidung ini akan membuat Si Kecil merasa nyaman saat pengaplikasian.

Tak hanya melegakan, cairan pembersih hidung ini mampu mencegah sinus dan alergi, serta mencegah gangguan yang berhubungan dengan telinga. Selain itu, produk juga efektif mencegah infeksi saluran pernapasan.

3. Breathy nasal drops

Breathy nasal drops ini berukuran 30 mililiter. Di dalamnya mengandung 6.5 miligram natrium klorida. Kisaran angka tersebut mirip dengan cairan alami tubuh. 

Nasal spray ini efektif melembapkan membran mukosa hidung yang mengering akibat pilek atau alergi. Ibu bisa memberikannya sejak Si Kecil berusia 1 bulan, 1 kali semprot per hari pada setiap lubang hidung.

4. Physiomer baby nasal

Rekomendasi selanjutnya adalah Physiomer baby nasal. Semprotan hidung ini efektif meredakan sekaligus mempersingkat durasi flu atau rinofaringitis. Produk juga mampu menurunkan potensi infeksi telinga, sinus, dan tenggorokan.

Produk memiliki ujung yang lembut dan dilengkapi dengan leher pengaman. Bentuknya sangat membantu para ibu merawat hidung Si Kecil dan nyaman dipakai di segala jenis posisi.

Di dalamnya mengandung 100 persen air laut murni. Proses pembuatannya tetap menjaga kekayaan mineral air laut agar efektif meredakan gangguan pada Si Kecil. Aman dipakai sejak anak berusia 15 hari.

5. Baby safe nasal aspirator Nas01

Agak berbeda dengan 4 poin sebelumnya, Baby safe nasal aspirator Nas01 adalah alat yang digunakan untuk menyedot lendir atau ingin dari hidung bayi. Alat ini membuat pernapasan bayi jadi lebih lancar.

Ujungnya terbuat dari bahan silikon yang lembut, sehingga aman jika bersentuhan dengan hidung bayi. Sementara tube aspirator nya terbuat dari silikon elastis yang mudah ditekan.

Perlu diperhatikan, penggunaan nasal spray yang tidak tepat dapat menyebabkan efek samping. Termasuk rasa terbakar, gatal atau kering di hidung, perdarahan hidung, iritasi, atau reaksi alergi. 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna