Informasi Kesehatan

Mengenal Bagian Tulang Pipih dan Fungsinya dalam Sistem Rangka

Mengenal_Bagian_Tulang_Pipih_dan_Fungsinya_dalam_Sistem_Rangka.jpg

Bolehkah Wanita Berenang Saat Haid?

Ada yang percaya kalau berenang saat haid aman…

Sering Kesemutan? Inilah Beberapa Penyebabnya

Kesemutan merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Anda…

Ini 6 Dampak Makan Sehari Sekali Bagi Kesehatan

“Makan sehari sekali kerap kali dilakukan oleh orang…

“Tulang pipih adalah salah satu jenis tulang yang terdiri dari lapisan tulang spons antara dua lapisan tipis tulang kompak. Berbeda dengan tulang lainnya, tulang pipih memiliki bentuk datar dan tidak bulat. misalnya tulang tengkorak dan tulang rusuk.”

Tulang pipih memiliki sumsum, tetapi tidak mempunyai rongga sumsum tulang. Selain itu, tulang ini juga tipis, rata, dan berfungsi sebagai titik perlekatan otot atau pelindung organ dalam. 

Apa Saja Bagian Tulang Pipih?

Tulang pipih dalam sendi dan tulang memiliki struktur yang berbeda dengan jenis tulang lainnya. Ada beberapa lapisan struktur tulang pipih yang membedakannya, antara lain:

1. Periosteum

Periosteum adalah lapisan luar tulang yang mengandung pembuluh darah dan saraf. Fungsinya adalah memberikan nutrisi ke tulang dan menjaga keberlanjutan proses pertumbuhan tulang.

2. Tulang kompak

Tulang kompak merupakan lapisan tulang yang berada pada bagian bawah periosteum. Jenis tulang ini sangat keras dan padat. Tulang kompak berperan dalam memberikan kekuatan dan dukungan struktural pada tulang pipih.

3. Tulang spons

Tulang spons merupakan lapisan terdalam pada tulang pipih. Meskipun namanya “tulang spons,” tulang ini sebenarnya memiliki struktur yang lebih ringan dan berpori. Struktur tulang spons membantu menyerap stres mendadak, seperti pukulan pada kepala. Tulang pipih pada tengkorak juga memiliki fitur struktural yang unik.

Uniknya Jahitan pada Tulang Pipih

Tulang pipih memiliki pertemuan yang bernama jahitan. Ini merupakan jenis sendi unik yang membedakan tulang ini dengan tulang lainnya. Berbeda dengan sendi pada umumnya, jahitan tidak bisa bergerak. 

Selain itu, jahitan juga tidak sepenuhnya menyatu sampai pertumbuhan selesai, dan biasanya berhenti pada sekitar usia 20 tahun. Hal ini memungkinkan otak tumbuh dan berkembang selama masa pertumbuhan.

Apa Saja Fungsi Tulang Pipih?

Tulang pipih memiliki beberapa fungsi penting dalam mendukung sistem rangka tubuh manusia. Adapun fungsinya antara lain:

1. Perlindungan organ Tubuh

Salah satu fungsi utamanya adalah melindungi organ-organ vital dalam tubuh. Misalnya, pada tengkorak atau tempurung kepala berperan dalam melindungi otak.

Selain itu, berbagai tulang pipih pada sekitar mata dan hidung juga memberikan perlindungan pada wajah. Selanjutnya, pada tulang rusuk bertugas untuk melindungi jantung dan paru-paru. Ada juga pada daerah panggul yang melindungi kandung kemih dan rahim.

2. Produksi sel darah

Proses pembuatan sel darah oleh sumsum tulang bernama hemopoesis. Anak-anak dan orang dewasa memproduksi sel darah mereka sendiri pada tulang yang berbeda. Pada anak, produksi sel darah terjadi pada tulang panjang, seperti tulang paha. 

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi sel darah berawal dari tulang pipih tengkorak dan rusuk.

3. Mendukung gerakan tubuh

Tulang ini juga berperan dalam mendukung gerakan tubuh. Tulang ini menyediakan tempat bagi ligamen dan tendon untuk melekat. Ligamen adalah jaringan ikat kuat yang menyatukan tulang. Misalnya, ligamen trapesium dan conoid menempel dari klavikula, tulang pada sisi bawah leher ke tulang pipih yang bernama skapula atau tulang belikat.

Sementara itu, tendon adalah jenis lain dari jaringan ikat yang menghubungkan otot ke tulang. Pergerakan ekstremitas dan persendian tubuh tidak akan berfungsi tanpa kehadiran tulang, ligamen, dan tendon yang bekerja bersama.

Jenis Tulang Lainnya

Selain tulang pipih, terdapat beberapa jenis tulang lainnya dalam sistem rangka manusia, yaitu:

  • T. Panjang, berkembang terutama dalam ruang yang panjang, misalnya tulang paha dan tulang lengan atas.
  • T. Pendek, dikembangkan dengan cara yang sama pada ketiga dimensi, seperti tulang karpus dan tarsus.
  • T. Tidak Beraturan yang tidak memiliki elemen morfologi yang dominan, seperti vertebra.

Penting untuk kamu ketahui bahwa tulang berhenti tumbuh ketika seseorang mencapai akhir masa remaja atau awal usia dua puluhan.

Bagaimana Tulang Pipih Terbentuk?

Tulang pipih terbentuk oleh lapisan tipis jaringan tulang spons yang berisi sumsum tulang. Lapisan spons ini kemudian terbungkus oleh dua lapisan jaringan tulang kortikal atau kompak, satu lapisan pada setiap sisi. Contoh dari bagian ini termasuk tulang belikat, dada, dan tengkorak.

Kondisi yang Terkait dengan Tulang Pipih

Beberapa kondisi terkait dengan tulang pipih adalah kaki datar dan koalisi tarsal. Kaki datar terjadi ketika bagian tengah kaki yang biasanya melengkung tampak tertarik ke dalam. Kondisi ini dapat terjadi oleh kelenturan atau kekakuan sendi kaki yang tidak biasa. 

Sementara itu, koalisi tarsal terjadi ketika tulang-tulang kaki gagal memisahkan diri selama perkembangan janin. Kondisi ini mungkin merupakan cacat bawaan atau dapat terjadi akibat kaki datar, cedera, atau pembengkakan yang berkepanjangan.

Apa Fungsi Kalsium untuk Tulang?

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Tubuh memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis. 

Sumber makanan yang kaya kalsium meliputi susu dan produk susu, keju, ikan seperti salmon dan sarden, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli. Jika kamu mengalami masalah pada sendi dan tulang, kamu bisa segera melakukan pemeriksaan ke dokter ahli fisioterapi.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna