Informasi Kesehatan

10 Makanan Terbaik Untuk Sarapan Pagi

sarapan.jpg

20 Tips Jitu Untuk Berhenti Merokok

20 Tips Jitu Untuk Berhenti Merokok 1. Publikasikan…

Berapa Banyak Serat yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari?

Banyak orang lebih mementingkan asupan protein, karbohidrat dan…

Ayo Mengenal Program PSN 3M Plus Untuk Mengendalikan Demam Berdarah

Pada setiap musim penghujan yang biasanya pada bulan…

Tahukah anda bahwa jika setiap hari anda melakukan sarapan pagi secara teratur dapat memberikan efek yang baik untuk tubuh anda seperti menjaga napsu makan, pembentukan otot, energi yang di butuhkan untuk beraktivitas maupun otak anda.

Bagi anda yang sedang melakukan diet, sangat di anjurkan untuk tidak melewatkan sarapan pagi, dikarenakan sarapan pagi secara teratur dapat membantu tubuh anda dalam metabolisme yang lebih baik sehingga pembakaran lemak pada tubuh anda akan lebih maksimal.

Akan tetapi sarapan pagi anda harus di perhatikan secara baik, sarapan pagi yang baik untuk anda di kala pagi hari harus memiliki karbohidrat serta serat dan beberapa macam protein yang di butuhkan tubuh anda.

Makanan seperti oatmeal atau pisang memiliki kandungan resistant starch (RS), dimana resistant starch ini membantu tubuh anda menggunakan lemak berlebih di tubuh anda menjadi energi. Anda hanya membutuhakan 10 gram (RS) setiap harinya agar diet anda lebih maksimal.

Berikut merupakan 10 makanan terbaik yang di anjurkan untuk Sarapan pagi :

 

10. PISANG

Buah ini sangat populer di anjurkan bagi anda yang ingin melakukan diet, di karenakan pisang memiliki karbohidrat dan serat yang baik untuk tubuh. Pisang juga memiiki kandungan potasium yang baik untuk di komsumsi bagi orang ang memiliki hipertensi (Tekanan darah tinggi).

Pisang yang baik untuk di konsumsi merupakan pisang yang memiliki warna kulit sedikit kehijauan. di karenakan pisang yang belum begitu matang memiliki kandungan (RS) sebesar 12.5 gram, pisang yang matang memiliki kadungan (RS) sebesar 4.7.

 

9. TELUR

Telur merupakan bahan makanan paling digunakan sebagai makanan pagi. Ternyata telur memiliki protein yang baik bagi orang yang sedang diet serta vitamin D.

Di bandingkan makanan dengan karbohidrat dan lemak tinggi, ternyata protein pada telur membuat tubuh anda terasa lebih kenyang dan tahan lama. Memakan telur secara teratur juga dapat membantu anda menurunkan diet lebih baik.

Di anjurkan untuk tidak terlalu banyak memakan telur, cukup 1 butir telur di pagi hari.

 

8. YOGURT

Rasanya yang asam ternyata memiliki berbagai macam protein dan kalsium yang baik untuk tubuh, serta membantu anda dalam melakukan diet yang lebih sehat.

Memakan yogurt secara teratur di pagi hari ternyata membantu tubuh anda lebih langsing, dan menjaga tubuh anda agar tetap kenyang. Yogurt juga membantu anda memiliki sistem pencernaan yang lebih baik.

Yogurt yang baik untuk di komsumsi di pagi hari harus lah yogurt tawar atau tidak memiliki kandungan lemak (nonfat), jika anda ingin sedikit rasa manis campurkan yogurt dengan buah-buahan segar.

 

7. SELAI KACANG

Menurut penelitian yang di lakukan di Harvard, ternyata selai kacang membantu dalam penurunan berat badan. Walaupun selai kacang memiliki kalori yang tinggi (100 kalori per 1 sendok), ternyata selai kacang dapat menjadi pilihan alternatif dari sumber protein yang di butuhkan tubuh anda di pagi hari.

Kacang juga memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh anda, jadi anda tidak perlu ragu mengkonsumsi selai kacang di pagi hari.

 

6. TEH

Walaupun teh tidak termasuk dalam kategori makanan, ternyata meminum teh setiap hari memberikan efek yang baik untuk tubuh anda. Kandungan antioksidan pada teh juga memberikan efek yang baik bagi kulit anda agar terlihat cerah.

Teh yang baik di konsumsi merupakan teh hijau, meminum teh hijau sebanyak 5 cangkir sehari dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi berat badan anda.

 

5. JERUK

Jeruk memiliki berbagai macam nutris dan kandungan Vitamin C yang tinggi, baik dimakan secara langsung maupun di jadikan jus.

Jeruk juga merupakan buah yang memiliki kandungan air yang tinggi yaitu sekitar 87%, sehingga tubuh anda lebih mudah dalam melakukan penyerapan nutrisi dan vitamin yang di butuhkan tubuh anda, jeruk juga ternyata membantu memperlancar buang air besar.

 

4. RASPBERRIES

Buah yang tergolong dalam jenis berry ini ternyata memiliki berbagai macam efek yang baik untuk tubuh. Buah berry juga di kenal memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Antioksidan pada buah berry ternyata dapat mencegah proses pertumbuhan sel kanker dan membantu anda dalam melakukan diet. Orang yang memiliki obesitas dianjurkan memakan raspberries secara teratur.

1 cangkir buah raspberries memiliki kandungan serat yang tinggi yaitu 8 gram.

 

3. ROTI GANDUM

Roti merupakan salah satu sumber karbohidrat, akan tetapi mengkonsumsi roti sebagai asupan karbohidrat anda di pagi hari sebaiknya adalah roti gandum.

Kandungan gandum pada roti gandum memiliki serat dan nutrisi yang lebih tinggi di bandingkan roti putih / tawar.

Memakan roti gandum berisi telur ternyata dapat membuat tubuh anda terasa kenyang dikarenakan protein yang berasal dari telur.

 

2. KIWI

Buah kiwi ternyata merupakan buah yang sangat baik dimakan bagi orang yang sedang melakukan diet.

Kadnungan vitamin C pada buah kiwi hampir setara dengan jeruk, kiwi juga memiliki kandungan potasium yang tinggi, serta serat yang baik. Memakan kiwi secara teratur dapat membantu anda dalam mempelancar pencernaan anda dan buang air besar.

Memakan 2 buah kiwi setiap hari dapat membantu anda yang sedang mengalami kesulitan buang air besar.

 

1. OATMEAL

Oatmeal merupakanan makanan berbahan dasar gandum, walaupun memiliki rasa yang tawar ternyata oatmeal memiliki berbagai macam serat dan protein yang di butuhkan tubuh.

Menurut penelitian, memakan oatmeal setiap harinya sebagai sarapan dapat menjaga kesehatan anda di bandingkan makanan lain di pagi hari.

Keuntungan Memakan oatmeal secara teratur antara lain :
A. dapat membantu diet anda, di karenakan kandungan serat yang tinggi pada gandum membuat anda terasa kenyang sehingga baik di makan 3 jam sebelum anda melakukan olahraga.
B.beta-glucen pada oatmeal membantu menurunkan kadar kolestrol.
C. Membantu dalam menurunkan resiko penyakit jantung

TEMUKAN