Informasi Kesehatan

5 Rekomendasi Obat Gatal karena Alergi dengan Resep Dokter

fm-zecamex-600x586.jpg

Ini 5 Rekomendasi Obat Ginjal yang Ampuh dan Aman di Apotek

“Masalah pada ginjal menghambat organ dalam membuang kelebihan…

Berbagai Cara Mengatasi Keringat Dingin yang Ampuh

Cara mengatasi keringat dingin perlu disesuaikan dengan penyebabnya.…

Ini 5 Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami

“Untuk mengatasi sakit gigi ringan, ada beberapa bahan…

“Gatal-gatal karena alergi bisa diatasi dengan obat alergi seperti golongan antihistamin dan kortikosteroid. Namun, dosisnya perlu dikonsultasikan pada dokter.”

Parahnya polusi dan debu di Jakarta sedang menyedot perhatian belakangan ini. Beberapa orang yang memiliki alergi terhadap debu dapat mengalami kekambuhan gejala, termasuk gatal pada kulit. Adakah rekomendasi obat gatal karena alergi? 

Yuk, cek rekomendasi obatnya!

Rekomendasi Obat Gatal karena Alergi

Gatal-gatal adalah salah satu dari banyaknya gejala alergi yang dapat muncul. Ketika terpapar alergen, seperti debu dari polusi, salah satu gejala yang dapat terjadi adalah gatal dan ruam pada kulit. 

Jika kamu atau keluargamu mengalami gatal-gatal pada kulit karena alergi terhadap sesuatu, ada beberapa obat yang bisa membantu.

Namun, kebanyakan obat alergi yang dibahas kali ini adalah obat keras, yang membutuhkan resep dokter. 

Oleh karena itu, pastikan untuk tidak sembarangan mengonsumsinya, dan konsultasikan kondisi kamu pada dokter terlebih dahulu.

Berikut ini daftar obat gatal karena alergi yang sering diresepkan oleh dokter:

1. Zecamex 4 mg 12 Tablet

Zecamex adalah obat golongan antihistamin dengan kandungan Chlorpheniramine maleate 4 mg. Obat ini bekerja sebagai antagonis reseptor histamin H1. 

Minum obat ini 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet atau sesuai petunjuk dokter. Obat ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Anak dengan usia di bawah 2 tahun dan pengidap asma akut sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini

Rentang harga: Rp900 – Rp1.100 per strip

2. Desloratadine 5 mg 10 Tablet

Desloratadine adalah obat gatal dan gejala lain yang timbul akibat alergi. Obat antihistamin generasi kedua ini bekerja dengan cara menghambat zat histamin dalam tubuh, yang memicu gejala alergi. 

Dosis obat ini untuk orang dewasa adalah 5 mg, sebanyak 1 kali sehari, atau sesuai petunjuk dokter. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Rentang harga: Rp40.000 – Rp60.600 per strip

3. Levocetirizine 5 mg 10 Tablet

Levocetirizine adalah obat golongan antihistamin yang dapat mengatasi gatal dan gejala lain yang timbul karena alergi.

Dosis obat ini untuk orang dewasa adalah 2,5-5 mg per hari, atau sesuai petunjuk dokter. Obat ini bisa kamu minum sebelum ataupun sesudah makan. 

Rentang harga: Rp53.800 – Rp56.900 per strip

4. Loratadine 10 mg 3 Strip (10 Tablet/Strip)

Loratadine 10 mg adalah obat antihistamin non-sedatif kerja panjang yang secara selektif menghambat reseptor histamin H1 dalam tubuh.

Dosis obat ini untuk dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun adalah 10 mg sekali sehari atau 5 mg dua kali sehari, atau sesuai petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp5.300 – Rp15.500 per 3 strip

5. Triamcinolone 4 mg 10 Tablet

Triamcinolone adalah obat alergi yang dapat mengurangi peradangan dan juga menekan sistem kekebalan tubuh.

Dosis awal untuk orang dewasa dapat bervariasi, mulai dari 4 hingga 48 mg per hari, sesuai instruksi dokter. Obat ini perlu kamu minum sesudah makan.

Rentang harga: Rp8.400 – Rp11.100 per strip

Tips Mencegah Alergi

Alergi adalah respons tubuh terhadap zat asing yang bernama alergen. Reaksi alergi bisa bervariasi, mulai dari reaksi ringan hingga potensial yang mengancam jiwa. 

Untuk mencegah reaksi alergi seperti gatal-gatal, sangat penting untuk mengenali alergen dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Berikut ini tipsnya:

  • Bersihkan Rumah dengan Rutin: Terutama tempat-tempat yang sering terkumpul debu seperti karpet, gorden, dan sudut-sudut ruangan.
  • Bersihkan Sistem Ventilasi: Pastikan sistem ventilasi dan AC rumah bersih dan bebas debu agar udara di dalam rumah tetap segar dan bebas alergen.
  • Hindari Kontak dengan Bulu Hewan Peliharaan: Jika kamu memiliki alergi terhadap bulu hewan peliharaan, hindari kontak langsung dengan hewan tersebut. Mandikan hewan peliharaan secara rutin dan jauhkan mereka dari area tidur kamu.
  • Membuat Catatan Harian: Untuk mengidentifikasi penyebab alergi, catatlah aktivitas harian, makanan yang kamu konsumsi, dan lingkungan di sekitar. Ini bisa membantu dokter menilai apa yang memicu atau memperburuk gejala.

Itulah pembahasan mengenai rekomendasi obat gatal karena alergi, dan tips mencegah kekambuhan alergi yang bisa kamu coba. Jangan remehkan alergi karena pada kasus yang parah dapat menyebabkan syok anafilaktik. 

 

Sumber :    Halodoc    . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna