Informasi Kesehatan

Rekomendasi Obat Kudis yang Ampuh dan Bisa Didapatkan di Apotik

Bahayakah Menelan Permen Karet?

Bahaya dari Menelan Permen Karet Pernahkah kamu mendengar…

8 Obat TBC Paling Ampuh yang Bisa Dibeli di Apotik

Obat TBC bermanfaat untuk mengatasi tuberkulosis. Obat ini…

Ini 7 Rekomendasi Obat Sakit Perut yang Ampuh di Apotek

“Pastikan kamu mengonsumsi obat sakit perut yang sesuai…

“Obat kudis yang dokter resepkan biasanya berbentuk obat salep dan obat pereda gatal. Ada beberapa contih obat yang bisa kamu dapatkan, seperti Dermacoid, Bactoderm, Scabimite, Ozen, dan Loran."

 

Kudis adalah infeksi kulit yang terjadi akibat tungau yang disebut Sarcoptes scabiei. Penyakit ini juga dikenal dengan penyakit scabies dan obat kudis atau perawatan yang digunakan biasanya melibatkan penggunaan krim atau salep khusus.

Kondisi kudis bisa menyebabkam beberapa gejala, seperti gatal-gatal intens, kemerahan, dan ruam kecil yang mirip dengan bekas gigitan serangga. Namun, pengobatan tetap harus dokter yang menentukan. Di samping itu, dokter mungkin juga meresepkan obat antihistamin untuk membantu mengurangi gatal-gatal.

Rekomendasi Obat Kudis di Apotik

Berikut ini beberapa pilihan obat kudis atau obat scabies yang bisa kamu dapatkan di apotik:

1. Scabimite 5% Cream 30 g

Pilihan obat kudis pertama adalah Scabimite cream yang merupakan obat topikal dengan kandungan permethrin yang akan bekerja dengan cara membunuh tungai beserta telurnya.

Scabimite cream bisa kamu gunakan dengan cara mengoleskan cream keseluruh tubuh termasuk wajah, leher, kulit kepala dan telinga.

Setelah penggunaan 8-24 jam, obat perlu kamu bilas dengan cara dicuci menggunakan sabun. Pengobatan pun bisa kamu ulangi setelah 1 minggu.

Ingat, produk ini tergolong sebagai obat keras, penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter demi menghindari efek samping yang tidak diinginkan. 

Kisaran harga: Rp110.200 per tube.

2. Dermacoid Cream 10 gr

Pilihan obat kudis selanjutnya yang bisa kamu dapatkan di apotik adalah Dermacoid cream.

Obat ini mengandung bahan aktif hydrocortisone 17-butyrate memiliki efek antiinflamasi, antieksema, antialergi, dan antipruritik, yang bisa kamu gunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit secara topikal.

Selain kudis, obat ini juga berguna untuk mengatasi masalah seperti eksema, inflamasi atau alergi, atopik, dermatitis kontak, neurodermatitis, intertrigo, dermatitis solaris, ruam popok, dan pruritus skrotalis, vulval, dan anal non-spesifik.

Krim ini berbasis minyak dan air, sehingga dapat digunakan pada bagian kulit yang berambut dan daerah lipatan-lipatan kulit.

Ingat, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter demi mencegah efek samping yang tidak diinginkan. 

Kisaran harga: Rp96.300 – Rp96.400 per tube.

3. Bactoderm 2% Cream 5 g

Pilihan selanjutnya adalah Bactoderm cream yang merupakan salep dengan kandungan mupirocin.

Obat ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada kulit terutama yang disebabkan oleh bakteri gram positif seperti Staphylococcus aureus dan Staphylococcus pyogenes yang menyebabkan impetigo, folikulitis, karbunkel, serta bisul.

Meski aman, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Jika dokter meresepkannya, kamu bisa menggunakannta hingga 3 kali sehari selama 10 hari.

Kisaran harga: Rp52.800 per tube

4. Ozen 10 mg 10 Tablet

Tak hanya obat oles, kamu juga bisa saja diresepkan obat minum seperti Ozen oleh dokter. 

Obat ini mengandung senyawa cetirizine yang akan bekerja sebagai obat antigatal sehingga gatal-gatal yang tidak tertahankan akibat kudis bisa mereda.

Namun, penggunaan obat ini juga harus sesuai dengan petunjuk dokter sehingga tak boleh sembarangan.

Kisaran harga: Rp61.100 per strip.

5. Loran 10 mg 10 Tablet

Kamu juga bisa mendapatkan Loran Tablet yang merupakan obat dengan kandungan loratadine. 

Ini adalah obat yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi gejala yang berhubungan dengan rinitis alergi, urtikaria kronis dan penyakit dermatologik lain.

Namun, obat ini masuk ke dalam golongan obat merah sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp47.900 – Rp74.700 per strip.

 

 Sumber:      Halodoc      . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna