Informasi Kesehatan

5 Cara Alami Mengatasi Batuk Kering dengan Cepat

batuk-1.jpg

Murah dan Mudah Didapat, Ini 7 Rekomendasi Obat Penurun Panas Anak

Ada beberapa rekomendasi obat penurun panas anak yang…

Pertolongan Pertama jika Anak Keracunan Ciki Ngebul

“Ada beberapa pertolongan pertama yang dapat dilakukan jika…

Catat, Ini 5 Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Dwarfisme

“Dwarfisme adalah kondisi medis yang membutuhkan perhatian khusus…

“Batuk kering terjadi tanpa lendir dan dapat dipicu oleh iritasi bahan kimia tertentu. Cara alami untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi madu mentah, jahe, bawang putih, dan kunyit.”

Batuk kering adalah saat seseorang mengalami batuk tanpa adanya lendir atau dahak. Gejala ini sering disertai dengan rasa gatal, sensasi rasa perih atau iritasi di tenggorokan. 

Batu kering dapat terjadi karena banyak hal, mulai dari iritasi akibat asap rokok atau polusi udara, reaksi alergi terhadap zat tertentu, hingga masalah pernapasan yang sudah ada, seperti asma. 

Meskipun umumnya tidak berbahaya, batuk kering yang berlangsung lama atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan. Kamu bisa mengonsumsi beberapa bahan alami di bawah ini untuk meredakannya!

Cara Alami Mengatasi Batuk Kering

Penggunaan bahan-bahan alami di bawah ini dapat membantu meringankan gejala batuk kering karena kandungan antiinflamasi dan antimikrobanya. Ini beberapa di antaranya:

1. Madu mentah

Madu mentah bekerja dengan melapisi tenggorokan dan memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat membantu meringankan iritasi tenggorokan. Efek antimikrobanya juga mampu meredakan infeksi bakteri atau virus ringan.

Tinjauan tahun 2018 di Cochrane Database of Systematic Review menyimpulkan bahwa madu sama efektifnya dengan diphenhydramine, tetapi tidak seefektif dekstrometorfan untuk mengobati batuk pada anak-anak.

Madu dapat ditoleransi dengan baik dapat mengatasi gejala batuk kering pada anak-anak. Namun, madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun karena berisiko menyebabkan botulisme (keracunan).

2. Jahe

Jahe (Zingiber officinale) efektif mengobati mual dan sakit perut, serta terbukti bahwa mampu mengatasi batuk kering. Tanaman herbal ini bekerja dengan menekan refleks batuk, lalu mengendurkan otot polos saluran pernapasan.

Gingerol, senyawa kimia dalam jahe segar mampu menekan hiperresponsif saluran napas yang dapat memicu batuk pada pengidap asma. Efek ini dapat terjadi jika dikonsumsi secara oral.

3. Bawang putih

Bawang putih (Allium sativum) memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi ringan. Mengonsumsinya secara rutin dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih juga dapat meredakan batuk yang berhubungan dengan flu biasa. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat bawang putih dalam mengatasi batuk kering.

4. Kunyit

Kunyit (Curcuma longa) mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi ringan. Kurkumin mampu menghambat pertumbuhan beberapa jenis virus dan bakteri, serta meredakan peradangan dalam tubuh. 

5. Air garam

Berkumur dengan air garam efektif meredakan sakit tenggorokan dan batuk akibat flu biasa. Air garam bekerja dengan menghilangkan kelembapan dari area tenggorokan dan membantu mengurangi pembengkakan serta iritasi.

Air garam juga dapat membantu melarutkan lendir yang menempel, sehingga mempermudah proses ekspektorasi dan membersihkan saluran pernapasan. Jika gejala berlanjut atau menjadi parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

 

sumber: Halodoc     . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna