Informasi Kesehatan

Kenali Berbagai Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

budidaya-cengkeh-manfaat-dan-prospek-tanaman-cengkeh-di-indonesia.jpg

5 Pilihan Makanan Sehat untuk Pengidap Asam Lambung

  “Asam lambung muncul dengan gejala berupa sensasi…

Ini 11 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh

“Telur asin adalah makanan yang terbuat dari telur…

Pola Makan Vegetarian yang Sehat

Pola makan vegetarian memiliki banyak manfaat jika memperhatikan keseimbangan kandungan…

“Cengkeh memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, hingga mencegah kanker.”

Cengkeh atau cengkih (Syzygium aromaticum) adalah jenis rempah otentik asal Indonesia. Sebagian besar masyarakat menggunakan tanaman herbal ini umum untuk menambah rasa pedas pada makanan maupun minuman.

Tidak sebatas penambah rasa, pemakaian rempah ini juga termasuk untuk pengobatan tradisional. Sebab, tanaman ini mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral penting yang mampu mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kuncup bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae ini berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Selain itu, manfaat lainnya mulai dari menjaga kadar gula darah normal hingga meningkatkan kesehatan tulang.

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Sering menjadi penguat rasa dalam makanan dan minuman, cengkih juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini termasuk:

1. Menangkal radikal bebas

Eugenol adalah antioksidan yang terkandung dalam tanaman herbal ini. Senyawa ini berfungsi melawan stres oksidatif yang berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis. Penelitian dalam National Library of Medicine mengungkapkan, eugenol lebih efektif dalam mengatasi stres oksidatif ketimbang vitamin E.

2. Cengkeh untuk mencegah kanker

Selain itu, sebuah penelitian pada tabung reaksi menemukan bahwa senyawa eugenol secara aktif menghentikan pertumbuhan tumor sekaligus mematikan sel kanker. Namun, penelitian tabung reaksi ini menggunakan ekstrak tanaman yang sangat pekat. 

Akan tetapi, dosis tinggi eugenol justru menghasilkan racun yang berisiko merusak hati. Inilah sebabnya, perlu adanya studi lanjutan untuk memastikan manfaat ini.

3. Menjaga kesehatan hati

Perlemakan hati terjadi ketika hati menyimpan terlalu banyak lemak. Faktanya, eugenol terbukti meningkatkan fungsi hati, mengurangi peradangan dan mengurangi stres oksidatif. Namun, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Cengkeh membantu mengatur gula darah

Selain itu, zat nigericin dalam cengkeh mampu mengoptimalkan penyerapan gula, meningkatkan sekresi insulin, dan memaksimalkan fungsi sel yang memproduksi insulin. Manfaatnya akan terasa dengan baik jika kamu memadukannya dengan diet dan pola makan sehat bergizi seimbang.

5. Mengatasi maag dan tukak lambung

Penelitian menemukan bahwa ekstrak tanaman cengkih dapat membantu mengobati maag yang bekerja dengan menunjukkan efek yang mirip dengan obat maag.

Selain itu, tanaman ini juga efektif untuk mengobati penyakit tukak lambung, gangguan kesehatan yang terjadi akibat penipisan dinding lambung karena infeksi atau stres.

Manfaat ini terjadi berkat kandungan aktif dalam tanaman ini yang membantu meningkatkan produksi lendir dalam lambung. Lendir ini merupakan penghalang dan pencegah luka dinding lambung akibat asam.

Selain menggunakan cengkih, kamu juga bisa meredakan tukak lambung dengan pola makan sehat.

6. Melancarkan pencernaan

Dalam hubungannya dengan pencernaan, cengkeh bekerja aktif dalam meningkatkan proses pencernaan makanan sekaligus mengatasi kembung. Manfaat ini terjadi berkat kandungan minyak esensial yang membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri pada perut.

7. Menjaga kesehatan gigi

Studi dalam Journal of Indian Society of Periodontology menyebutkan, cengkeh bisa  menjadi pilihan obat kumur alternatif yang mampu menghilangkan plak penyebab karang gigi. Masalah kesehatan ini terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan residu dari makanan. 

Jika tak segera mendapatkan penanganan, kotoran tersebut dapat mengiritasi dan memicu peradangan pada gigi serta gusi.

Masalah ini bisa membaik dengan cengkeh, karena tanaman herbal tersebut bekerja dengan membunuh bakteri penyebab plak, yaitu Staphylococcus aureus

Sementara itu, senyawa eugenol dalam tanaman cengkeh dapat membantu mengurangi bengkak dan iritasi pada sekitar gusi dan gigi.

Tak ketinggalan, sifat antijamur, antikuman, dan antioksidan yang dapat memaksimalkan fungsinya untuk meningkatkan kesehatan mulut dan gigi.

8. Menjaga kesehatan tulang

Faktanya, masalah tulang cenderung terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Gangguan ini dapat memicu osteoporosis yang berdampak pada tulang yang menjadi lebih rapuh. Namun, masalah ini dapat teratasi berkat kandungan senyawa eugenol dalam cengkeh.

Senyawa tersebut berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang dan membantu proses pembentukannya. Namun, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

9. Meningkatkan libido

Studi dalam BMC Complementary Medicine and Therapies menemukan bahwa minyak cengkeh mungkin memiliki kemampuan untuk mencegah ejakulasi dini.

Khasiat ini terjadi berkat kandungan minyak atsiri dalam rempah yang meningkatkan aliran darah dan meningkatkan suhu tubuh. 

10. Mengatasi Ejakulasi Dini

Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak cengkeh membantu memperpanjang ejakulasi dengan mengurangi jumlah waktu untuk mencapai orgasme.

Ada pula studi yang menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini dapat meningkatkan kadar testosteron, yang dapat meningkatkan fungsi seksual. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Itu tadi beberapa manfaat tanaman cengkih untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan jika mengonsumsi secara rutin.

Namun, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya lebih dari dosis rekomendasi. Sebab, asupan berlebihan bisa berujung pada alergi, cedera jaringan, sindrom kejang akut, kerusakan hati, ginjal, hingga koma. 

 

sumber: Halodoc     . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna