Informasi Kesehatan

Ini 5 Rekomendasi Vitamin B12 untuk Pembentukan Sel Darah Merah

6-42.jpg

Cara Mencegah Anak Terserang Demam Berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh empat virus yang disebarkan oleh…

Ini Cara Mudah Meredakan Nyeri Otot di Rumah

“Nyeri otot bukanlah penyakit, melainkan gejala dari gangguan…

Selain Gigi Berlubang, Ini Masalah Lainnya pada Gigi yang Harus Diwaspadai

“Gigi yang berlubang merupakan salah satu penyebab paling…

“Asupan vitamin B12 perlu didukung dari suplemen karena tubuh tidak mampu membuatnya sendiri. Beberapa rekomendasinya, yaitu Vitamin B12, Vitamin B12 IPI, Moloco Plus B12, Samco B Complex + B12, dan Maxpofer.”

Vitamin B12 berperan penting dalam membantu proses pembentukan DNA dan sel darah merah. Tubuh tidak memproduksinya secara alami, sehingga kamu harus perlu mendapatkannya dari suplemen.

Asupan vitamin B12 disimpan oleh tubuh di dalam hati hingga 5 tahun. Namun, nutrisinya perlahan bisa habis jika kamu tidak membantu mempertahankan kadarnya dengan mengonsumsi suplemen secara teratur.

Di bawah ini beberapa rekomendasi vitamin B12 yang bisa kamu konsumsi!

Rekomendasi Vitamin B12 untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin B12 sangat penting untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan darah. Ketika tubuh tidak memiliki cukup asupan, hal ini menyebabkan penurunan produksi sel darah merah normal.

Dampaknya, tubuh akan kekurangan sel darah merah sehat yang bisa berujung pada anemia. Hal ini bisa mengganggu pengiriman oksigen ke seluruh jaringan dan organ penting dalam tubuh.

Ini beberapa pilihan vitamin B12 yang bisa kamu coba:

1. Vitamin B12 50 mcg 10 Tablet

Vitamin B12 50 mcg adalah vitamin berisi 10 tablet yang berguna untuk memproduksi sel darah merah. Vitamin ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jaringan saraf dan fungsi otak.

Vitamin B12 ini bisa kamu konsumsi 1 kali per hari sebanyak 1 tablet setelah makan. Hindari penggunaannya pada ibu hamil dan ibu menyusui karena vitamin bisa terserap ke dalam ASI.

Rentang harga: Rp1.800 per strip.

2. Vitamin B12 IPI 45 Tablet

Vitamin B12 IPI berisi 45 tablet dalam satu botolnya. Tak hanya membantu proses pembentukan sel darah merah, vitamin ini juga dapat memenuhi dan menjaga kadar vitamin B12 di dalam tubuh.

Dosis penggunaannya akan tergantung dari usia dan tingkat keparahan penyakit. Orang dewasa sebanyak 50-100 mcg/hari, sementara anak-anak sebanyak 5-30 mcg/hari atau menurut petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp6.500 per botol.

3. Moloco Plus B12 2 Strip (10 Tablet/Strip)

Moloco Plus B12 2 Strip (10 Tablet/Strip) termasuk golongan obat yang mengandung 20mg vitamin B12 dan 15mg Placental extr. Fungsinya untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Penggunaan Moloco Plus harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter, umumnya sebanyak 3 kali per hari selama masa menyusui. Konsumsilah suplemen ini setelah makan dengan cara dikunyah atau ditelan utuh.

Rentang harga: Rp72.900 – Rp75.000 per 2 strip.

4. Samco B Complex + B12 100 Kapsul

Pilihan vitamin B12 selanjutnya datang dari merek Samco B Complex + B12 100 Kapsul. Vitamin ini larut dalam air dan memegang peran penting dalam sintesis dan regulasi DNA, serta sintesis asam lemak.

Vitamin B complex dan vitamin B12 merupakan kumpulan senyawa-senyawa yang terhubung secara kimia. Kombinasi keduanya berperan dalam membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh.

Kamu bisa mengonsumsinya 1 tablet per hari setelah makan. Segera hentikan penggunaan jika muncul efek samping berupa muntah, mual, diare, sakit perut, dan sensasi rasa terbakar di ulu hati.

Rentang harga: Rp28.000 per box.

5. Maxpofer 10 Tablet Effervescent

Maxpofer 10 Tablet Effervescent adalah vitamin yang bukan hanya membantu memenuhi asupan vitamin B12 saja. Vitamin ini juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi, asam folat, dan mineral pada ibu hamil serta busui.

Tiap tablet effervescent mengandung beberapa nutrisi baik. Di antaranya, lipofer 375mg, mangan 100mcg, copper sulfate 100 mcg, asam folat 500 mcg, vitamin B12 7.5mcg, dan selenium 50 mcg.

Rentang harga: Rp134.700 per box.

 

sumber: Halodoc     . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna