Informasi Kesehatan

5 Cara Mengatasi Jerawat Pustula yang Perlu Diketahui

portrait-young-woman-having-problem-skin-pimple-her-cheek-wearing-towel-her-head-having-sad-expression-pointing_176532-9979_58_20200902115320.jpg

Jarang Disadari, Ini Berbagai Manfaat Rumput Laut bagi Kecantikan

“Rumput laut mengandung segudang nutrisi yang bermanfaat untuk…

Ini Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan

“Berkat kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat mentimun untuk…

Cara Simpel dan Aman Membuat Lulur Alami di Rumah

Ada cara simpel dan aman untuk membuat lulur…

“Ada sejumlah faktor yang dapat memicu jerawat pustula, seperti penumpukan minyak dan kotoran di kulit. Untuk mengatasinya, perawatan rumahan hingga terapi fotodinamik dapat menjadi pilihan, tergantung keparahan.”

 

Jerawat pustula atau whiteheads adalah kondisi akibat pori-pori yang tersumbat oleh nanah, sebum (minyak), dan serpihan sel. Meskipun dapat muncul di seluruh bagian tubuh, biasanya kondisi ini sering muncul di wajah, leher, bahu, dan punggung.

Selain itu, jerawat pustula dapat menyerang siapa saja terutama kalangan remaja dan dewasa muda. Jika saat ini kamu mengalaminya, ada beberapa cara mengatasi jerawat pustula yang perlu kamu ketahui. 

Cara Mengatasi Jerawat Pustula

Jerawat pustula berkembang ketika dinding pori mulai mengalami kerusakan. Kondisi ini menimbulkan noda di kulit berwarna merah dan bengkak (papula). Sel darah putih berkumpul di papula untuk melawan infeksi saat pori-pori rusak. 

Sel-sel ini kemudian membentuk nanah yang kemudian tampak sebagai noda merah. Pada kondisi ini, papula menjadi pustula yang berisi sebum, bakteri, dan serpihan sel. Adapun bakteri yang berkaitan dengan jerawat ini adalah Propionibacterium acnes

Sementara itu, ada beberapa pemicu jerawat pustula yang cukup umum. Mulai dari perubahan hormonal selama pubertas, kehamilan dan menopause, kebersihan kulit yang kurang baik hingga obat tertentu. 

Jerawat pustula biasanya bisa sembuh dengan sendirinya jika kamu biarkan. Meski demikian, ada beberapa cara mengatasi jerawat pustula agar cepat hilang, yaitu: 

1. Perawatan topikal

Cara mengatasi jerawat pustula yang pertama adalah menggunakan perawatan topikal. Khususnya penggunaan krim atau gel yang terjual bebas atau yang menggunakan resep dokter. Bahan aktif yang perlu ada dalam produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat pustula yaitu:

  • Asam salisilat, berfungsi sebagai exfoliant.
  • Benzoil, berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Retinoid, yang berasal dari vitamin A.
  • Adapalene.
  • Antibiotik topikal.

Jika punggungmu timbul jerawat, kamu juga bisa lho cari rekomendasi obat yang ampuh dan mudah dicari pada artikel ini: “Catat, Ini 5 Rekomendasi Obat Jerawat Punggung di Apotek”. 

2. Obat minum

Cara mengatasi jerawat pustula selanjutnya adalah menggunakan antibiotik. Misalnya seperti tetrasiklin, eritromisin, minosiklin, dan doksisiklin biasanya dokter dapat meresepkan untuk mengatasi jerawat.

Untuk jerawat yang sangat parah, dokter akan meresepkan obat seperti retinoid oral yang kuat (isotretinoin atau accutane). Tapi perlu diingat, obat ini harus seseorang gunakan dengan hati-hati. Sebab, penggunaan sembarangan bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. 

3. Terapi fotodinamik

Untuk jerawat pustula yang parah, prosedur yang disebut terapi fotodinamik dapat digunakan. Terapi ini menggabungkan cahaya dan larutan khusus yang diaktifkan oleh cahaya untuk mengecilkan kelenjar minyak di dalam kulit. Perawatan ini secara drastis dapat mengurangi jumlah minyak di dalam pori-pori sehingga akan mengecilkan jerawat. 

4. Perawatan rumahan 

Banyak orang menganggap pengobatan rumahan efektif untuk mengobati jerawat, termasuk pustula. Berikut adalah beberapa pilihan cara mengatasi jerawat pustula melalui perawatan rumahan: 

  • Masker tanah liat. Masker yang mengandung tanah liat alami dapat menarik minyak dan kotoran dari kulit sehingga mengurangi timbulnya jerawat. 
  • Minyak esensial. Mengencerkan dan mengoleskan minyak esensial dengan sifat anti-inflamasi, seperti tea tree oil (minyak pohon teh) atau minyak rosemary, ke jerawat pustula dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada jerawat.
  • Gel lidah buaya. Lidah buaya merupakan bahan alami dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi.

5. Menjaga kebersihan kulit dengan baik

Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat pustula, kamu juga perlu menjaga kebersihan kulit dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah perawatan kulit  yang bisa kamu terapkan:

  • Mandi secara teratur minimal dua kali sehari. Pastikan untuk mencuci muka setiap mandi dan pilihlah sabun wajah dengan kandungan asam salisilat atau benzoil peroksida.
  • Pilihlah produk kecantikan yang bebas minyak (oil-free) dan non-comedogenic (tidak berisiko memicu komedo). 
  • Penting untuk tidak memencet atau memecahkan jerawat. Sebab, tindakan ini dapat meningkatkan risiko penyebaran bakteri ke area kulit lainnya.

Cari tahu lebih lanjut seputar perawatan jerawat pustula dengan baca artikel ini:” Ini Pengobatan Jerawat Pustula yang Bisa Dilakukan”. 

sumber: Halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna