Informasi Kesehatan

Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasi Nyeri Ringan hingga Sedang di Rumah

Nyeri.jpg

9 Manfaat Buah Delima, Salah Satunya Turunkan Risiko Alzheimer

“Selain menurunkan risiko alzheimer, buah delima memiliki segudang…

6 Jenis Cacing yang Bisa Menginfeksi Tubuh Manusia

“Ada banyak jenis cacing yang bisa menginfeksi tubuh…

10 Obat Masuk Angin yang Manjur

Obat masuk angin menjadi obat yang paling sering…

“Kamu bisa mengatasi nyeri ringan hingga sedang dari rumah. Beberapa cara alami yang ampuh adalah dengan menggunakan kompres hangat dan dingin, konsumsi kunyit, pijat, serta melakukan peregangan.”

Nyeri di tubuh bisa datang dengan berbagai tingkat rasa, ada yang terasa ringan, ada juga yang sedang dan cukup mengganggu aktivitas harian. Kondisi ini pun dapat terjadi karena berbagai alasan, mulai dari gaya hidup, cedera yang tak terduga, hingga faktor genetik. 

Biasanya saat terserang nyeri ringan atau sedang, kita menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter sebagai cara cepat penyembuhannya. Tapi, meskipun obat-obatan pereda nyeri ini menjadi solusi yang dibutuhkan, penggunaannya dalam jangka panjang bisa memberikan efek samping untuk tubuh kita. Maka dari itu, meredakan nyeri juga sebaiknya dibarengi dengan pengobatan alami.

Cara Alami Untuk Mengatasi Nyeri

Ada  lho  beberapa teknik alami untuk mengatasi nyeri ringan sampai sedang yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk simak sama-sama! 

1.  Kompres hangat

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kompres hangat di area tubuh yang nyeri. Teknik ini simpel dan punya banyak kegunaan. Mulai dari membantu mengurangi pembengkakan, memperlancar aliran darah, sampai mengendurkan otot. 

Selain itu, jika kamu mengalami masalah di otot atau merasa otot kencang, kamu bisa coba mandi menggunakan air hangat. Ini baik untuk semua jenis kondisi yang mempengaruhi otot, tendon, dan tulang seperti nyeri punggung bawah serta nyeri sendi. 

Jika kamu juga memerlukan obat-obatan untuk meredakan nyeri,

2.  Kompres dingin

Kompres dingin juga tidak kalah ampuh dengan kompres panas. Rasa dingin bisa mengatasi rasa nyeri dengan cara menyempitkan pembuluh darah sehingga pembengkakan bisa mereda. Inilah keputusan saat seseorang mengalami cedera seperti kaki terkilir, kompres es sering jadi pilihan pertolongan pertama yang baik.  

Kamu bisa mengompres bagian tubuh yang nyeri dengan cara menempelkan es yang sudah dibungkus dengan kain atau perban. Jika yang nyeri adalah tangan atau kakimu, istirahatkan dengan cara mengangkatnya ke atas dada sehingga pembengkakan bisa hilang. Tapi, jangan terlalu lama, pastikan kamu juga mencoba bergerak setelah itu. 

3.  Konsumsi kunyit

Selain berguna sebagai bahan dalam memasak, kunyit juga merupakan obat penghilang rasa sakit alami dengan kandungan antioksidan. Bahan aktif kunyit adalah kurkumin, yang berguna untuk meredakan peradangan. Kunyit membantu mengurangi nyeri sendi, terutama arthritis. 

Selain itu, karena sifat antiinflamasinya, kunyit juga bisa jadi efektif untuk mengobati nyeri-nyeri lainnya yang bisa membuat pengidapnya merasakan peradangan. 

Kamu suka makan daging tapi sering merasa nyeri di kaki setelahnya? Waspada asam urat! Baca selengkapnya di sini: ”Nyeri Kaki Setelah Makan Daging Bisa Jadi Asam Urat”

4.  Pijat

Cara yang satu ini mungkin salah satu yang bisa dinikmati banyak orang. Terapi pijat merupakan pilihan perawatan pelengkap yang baik untuk mengatasi nyeri otot dan sendi. Sebab, dengan melakukan pijatan di bagian tubuh yang nyeri, otot bisa mengendur dan sendi yang tegang atau sakit bisa membaik. 

menyarankan terapi pijat dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Lalu, setelah dipijat, kamu mungkin bisa bergerak lebih fleksibel dan bisa terus berlatih melakukan peregangan untuk membuat otot-otot lebih rileks. 

5.  Peregangan 

Rekomendasi cara meredakan nyeri yang terakhir adalah dengan melakukan peradangan. Memang sih, terkadang suka suka banyak bergerak, sehingga lebih memilih untuk diam atau hanya duduk. Namun tahukah kamu, jika tidak banyak bergerak rasa nyeri malah akan semakin parah? 

Peregangan dapat membantu mempertahankan mobilitas dan jarak gerak, serta mencegah rasa sakit. Beberapa gerakan yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut: 

  • Knee to chest : angkat lutut ke dada, pegang tulang kering dan tarik sedikit ke atas sehingga kamu merasakan sedikit regangan. Tahan beberapa sebelum kembali dengan kaki yang lain
  • Lingkaran lengan : pegang lengan ke samping dan sejajarkan dengan lantai, lalu lakukan gerakan melingkar kecil. Lakukan pergantian arah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. 
  • Ayunan kaki : berpeganganlah dengan sesuatu yang stabil dengan jarak antara satu kaki antara dirimu dan benda yang kamu pegang. Setelah itu, ayunkan kaki secara maju mundur. 

    Sumber: halodoc. com

    Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.