Informasi Kesehatan

5 Manfaat Vitamin C bagi Ibu Menyusui

vitamin_c_busui.jpg

Intip Penyebab Rambut Rontok Pada Ibu Menyusui

Sebagian ibu menyusui mengeluhkan alami rambut rontok saat…

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Alergi pada bayi merupakan salah satu masalah kesehatan…

Tips Aman Menyusui bagi Ibu yang Positif COVID-19

Ibu menyusui yang positif COVID-19 dianjurkan untuk tetap…

Ada beragam manfaat vitamin C bagi ibu menyusui, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, hingga menurunkan risiko terkena mastitis. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak apa saja manfaat mengonsumsi vitamin C saat menyusui.

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh semua kalangan, tak terkecuali ibu menyusui. Saat menyusui, Busui membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 120 miligram per hari. Nutrisi ini bisa diperoleh dari buah dan sayuran atau suplemen.

Daftar Manfaat Vitamin C bagi Ibu Menyusui

Saat baru melahirkan, seorang ibu membutuhkan berbagai jenis nutrisi untuk memulihkan kondisi tubuh dan menghasilkan ASI dengan baik. Beragam nutrisi tersebut antara lain protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral, termasuk vitamin C.

Apa saja manfaat vitamin C untuk ibu menyusui? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat vitamin C bagi ibu menyusui yang pertama adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh Busui akan lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Selain itu, vitamin C juga merupakan salah satu jenis antioksidan yang berperan penting dalam menangkal efek radikal bebas.

Kehadiran vitamin C saat menyusui sangat penting, sebab jika Busui sakit, proses menyusui Si Kecil akan terganggu. Bahkan, jika Busui sakit, misalnya karena flu atau COVID-19, bukan tidak mungkin penyakit tersebut tertular ke buah hati.

2. Meningkatkan penyerapan zat besi

Manfaat lain dari vitamin C bagi ibu menyusui adalah untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Riset mengungkapkan bahwa penyerapan zat besi pada orang dewasa yang rutin mencukupi asupan vitamin C dapat meningkat hingga sekitar 67%.

Manfaat ini sangat baik bagi ibu menyusui. Busui perlu tahu bahwa saat menyusui, ASI yang Busui keluarkan akan mengandung zat besi yang diperoleh dari tubuh Busui sendiri. Jika Busui tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, tubuh Busui bisa kekurangan zat besi dan mengalami anemia, lho.

3. Mendukung kesehatan serta kekuatan tulang dan gigi

Selama hamil, perubahan hormon di dalam tubuh bisa menyebabkan gigi dan gusi mudah terluka dan berdarah. Masalah ini juga bisa terjadi hingga beberapa hari atau minggu setelah melahirkan.

Nah, agar kondisi kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga, penting bagi Busui untuk rutin menyikat gigi dan mencukupi asupan nutrisi, seperti vitamin C. Nutrisi ini juga baik untuk memperkuat tulang dan sendi di tubuh Busui.

4. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Vitamin C juga memiliki manfaat dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Saat melahirkan, tubuh bisa mengalami berbagai luka, misalnya karena robekan jalan lahir, tindakan episiotomi, atau meluruhnya jaringan plasenta di dalam rahim.

Untuk mendukung proses pemulihan tubuh dari berbagai macam luka tersebut, Busui membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, seperti protein, zat besi, dan vitamin C. Tak hanya baik untuk ibu yang melahirkan normal, vitamin C juga baik untuk ibu yang melahirkan melalui operasi caesar.

5. Menurunkan risiko terjadinya mastitis

Tidak sedikit ibu menyusui mengeluh mengalami mastitis atau peradangan pada jaringan payudara. Kondisi ini bisa mengganggu proses menyusui karena menimbulkan rasa nyeri pada payudara.

Guna mengatasinya, Busui dianjurkan untuk tetap menyusui Si Kecil sesering yang ia mau, melakukan pijatan payudara untuk melancarkan aliran ASI, meminum air putih yang cukup, serta mengonsumsi makanan tinggi vitamin C.

Riset menunjukkan bahwa vitamin C bisa mengurangi risiko ibu menyusui mengalami mastitis, tapi manfaat vitamin C yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Selain itu, Busui juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, bila sakit yang Busui rasakan sudah tak tertahankan lagi. Namun, sebelum menggunakan obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya.

Demikian informasi manfaat vitamin C bagi ibu menyusui yang perlu Busui ketahui. Mengingat ada banyak manfaatnya untuk kesehatan, Busui jangan lupa untuk mencukupi asupan vitamin C, ya.

Nutrisi yang satu ini bisa Busui peroleh dari berbagai buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, jambu biji, kiwi, lemon, leci, brokoli, kentang, paprika, cabai, dan bayam. Selain memperolehnya dari makanan, Busui juga bisa mendapatkan vitamin C dari suplemen.

Jika Busui berniat untuk mendapatkan manfaat vitamin C dari suplemen, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter untuk mengetahui jenis dan dosis suplemen yang sesuai kebutuhan Busui. Dengan begitu, manfaat vitamin C untuk ibu menyusui bisa didapatkan secara optimal dan tanpa risiko efek samping.

 

Sumber: Alodokter.com

 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor, klinik terfavorit keluarga, klinik terbaik di Bogor, klinik terakreditasi paripurna. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.

TEMUKAN