Informasi Kesehatan

Ini 7 Rekomendasi Obat Sakit Perut yang Ampuh di Apotek

Obat Sakit Perut Bagian Bawah: Jenis dan Efek Samping

“Salah satu cara yang sering digunakan untuk mengatasi…

Pilihan Berbagai Obat Diare untuk Ibu Menyusui

"Jika ibu menyusui mengalami buang air besar (BAB)…

Kepala Sering Pusing? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

"Sakit kepala bisa diatasi dengan beberapa cara. Mulai…

“Pastikan kamu mengonsumsi obat sakit perut yang sesuai dengan gejala dan penyebabnya. Beberapa rekomendasi obatnya adalah Buscopan, Polysilane Suspensi, Norit, Mefinal, hingga Microlax Family Gel”.

Penyebab sakit perut beragam, mulai dari terlambat makan, infeksi saluran pencernaan, termasuk juga sedang menstruasi. Jika sakit perut tak tertahankan, ada baiknya kamu segera mengonsumsi obat sakit perut. 

Beberapa jenis obat sakit perut bisa kamu beli di apotek tanpa resep dokter, ataupun dengan resep dokter. Yuk, coba baca rekomendasinya di sini!

Rekomendasi Obat Sakit Perut Ampuh

Bagaimana cara menghilangkan sakit perut dengan cepat? Salah satunya adalah dengan minum obat yang bisa dibeli di apotek. Berikut ini adalah rekomendasi obatnya: 

1. Buscopan 10 mg 10 Tablet

Buscopan meredakan kram perut dan nyeri haid dengan membantu sistem pencernaan dan kandung kemih menjadi lebih rileks.

Cara kerjanya adalah dengan mengurangi kontraksi otot seperti gelombang di dinding lambung, usus, dan kandung kemih.

Obat sakit perut ini membantu mengobati kram perut dan nyeri haid, tetapi tidak menyembuhkannya.

Rentang harga: Rp45.500 per strip.

2. Polysilane Suspensi 100 ml

Obat sakit perut ini dapat mengatasi gejala mulas, nyeri tukak lambung, asam lambung, dan infeksi virus yang memengaruhi  asam lambung.

Polysilane Suspensi mengandung bahan aktif Aluminium Hydroxide, Dimethylpolysiloxane dan Magnesium Hydroxide.

Kombinasi kandungan ini bekerja dengan menetralkan asam yang dilepaskan di lambung dan juga menetralkan asam di lambung.

Kisaran harga: Rp30.600 per botol.

3. Norit 40 Tablet

Apa obat untuk sakit perut dan mencret? Buat kamu yang mengalami gejala tersebut bisa menggunakan Norit untuk membantu mengurangi frekuensi buang air besar dan menyerap racun pada pengidap diare. 

Namun, obat ini tidak bisa digunakan sebagai sebagai pengganti oralit. Seperti apa gejala sakit perut yang perlu bantuan dokter? Baca informasinya di artikel Ini Gejala Sakit Perut yang Perlu Diwaspadai.

Rentang harga: Rp17.000 – Rp27.400 per botol.

4. Mefinal 500 mg 10 Kaplet

Obat sakit perut ini mengandung asam mefenamat yang dapat membantu mengatasi nyeri ringan pada perut. Tak hanya sakit perut, Mefinal juga dapat membantu mengatasi masalah sakit kepala, gigi, nyeri otot, termasuk juga nyeri pascaoperasi.

Kisaran harga: Rp19.500 per strip.

5. Colidan 100 mg 10 Kapsul

Coliodan merupakan suplemen yang mengandung Fucoidan yang mampu membantu memelihara kesehatan lambung. Fucoidan bekerja dengan membentuk selaput pada dinding lambung. Dengan begitu, dinding lambung terlindungi dari iritasi akibat enzim dan asam lambung. 

Suplemen ini dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan, sebanyak 1 kali sehari.

Kisaran harga: Rp85.000 per strip.

6. Mozuku 50 mg 6 Kapsul

Cara menyembuhkan sakit perut juga bisa dengan mengonsumsi Mozuku. Mozuku mengandung zat aktif fucoidan yang dapat membantu menjaga kesehatan lambung dan saluran pencernaan.

Kamu bisa mengonsumsi 1 kapsul sebanyak dua kali sehari untuk mengatasi sakit perut melilit. Namun, obat ini perlu dikonsumsi dua jam sebelum makan. 

Rentang harga: Rp54.000 – Rp71.300 per strip.

7. Microlax Family Gel 3 Tube

Meskipun sembelit adalah kondisi umum, gejalanya dapat mengganggu aktivitas harian. Gejala tambahannya bisa berupa sakit perut dan kram, kembung, rasa mual, dan kehilangan nafsu makan. 

Microlax membantu meringankan sembelit dengan cepat. Cara kerjanya hanya 5 -15 menit, setelah dimasukkan melalui rektum. Obat ini tidak dianjurkan bagi pengidap penyakit wasir akut dan penderita radang usus besar.

Kisaran harga: Rp72.400 per box.

Berbagai Penyebab Sakit Perut yang Perlu Diketahui

Sakit perut bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya:

  • Gangguan pencernaan. Ini merupakan sensasi sakit atau ketidaknyamanan setelah makan, saat perut sedang mencerna makanan. 
  • Diare. Buang air besar berupa air atau encer yang terjadi lebih dari tiga kali dalam sehari. Penyakit ini umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa dan biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. 
  • Alergi dan intoleransi makanan. Alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap suatu makanan yang biasanya tidak berbahaya. Intoleransi makanan terjadi ketika tubuh mengalami reaksi kimia terhadap mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.
  • Penyakit tukak lambun.  Merupakan kondisi yang menyebabkan luka pada lapisan lambung, usus kecil, atau kerongkongan. 
  • Penyakit asam lambung (GERD). Terjadi akibat asam di perut terus-menerus naik kembali ke kerongkongan.
  • Infeksi saluran kemih (ISK), kondisi yang menyebabkan sistem kemih mengalami infeksi pada uretra dan kandung kemih.
  • Menstruasi. Perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi bisa menyebabkan sakit perut. 

 

sumber: Halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna