Informasi Kesehatan

Ini 4 Minuman Tinggi Protein untuk Membangun Massa Otot

apa-itu-bulking1.jpg

9 Pilihan Jus yang Bagus untuk Ibu Hamil agar Selalu Sehat

Jus yang bagus untuk ibu hamil bisa berasal…

7 Minuman Rendah Kalori yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Minuman rendah kalori tidak hanya mengandung kalori yang…

Ini 3 Cara Membuat Jus Semangka Ala Rumahan yang Enak dan Segar

“Semangka mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat…

 

“Protein merupakan nutrisi yang penting untuk membangun massa otot, karena mengandung asam amino yang memelihara jaringan tubuh tersebut. Ada beberapa pilihan minuman tinggi protein, seperti susu, smoothie, yogurt, dan kefir.”

 

Buat kamu yang ingin membentuk tubuh menjadi lebih berotot, kamu tidak hanya perlu berolahraga secara rutin, tapi juga memperbanyak mengonsumsi protein. Tak hanya dari makanan, kamu juga bisa mengonsumsi minuman tinggi protein. 

Nutrisi yang satu ini penting dalam membangun otot, karena mengandung asam amino yang membantu memperbaiki dan memelihara jaringan otot.  Itulah mengapa body builders dan atlet angkat beban mengonsumsi banyak makanan dan minuman sumber protein. 

Pilihan Minuman Tinggi Protein untuk Memperbesar Otot

Seperti jaringan tubuh lainnya, protein otot terus dipecah dan dibentuk kembali. Karena itu, untuk membangun otot, kamu harus mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang dipecah.

Jumlah asupan protein yang direkomendasikan untuk mencegah defisiensi pada orang dewasa yang aktif adalah 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa orang yang mencoba membangun otot membutuhkan lebih dari itu.

Berikut adalah berbagai pilihan minuman tinggi protein yang bisa membantu kamu mendapatkan nutrisi untuk membangun otot:

1. Susu

Susu dan produk olahan susu kaya akan protein dan juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Minuman sehat ini juga dilengkapi dengan vitamin A dan D, sehingga merupakan pilihan minuman yang sangat baik.

Susu mengandung dua jenis protein utama yaitu kasein dan whey. Protein kasein membentuk dadih saat asam ditambahkan ke dalam susu, yang merupakan langkah penting dalam proses pembuatan keju. Sedangkan protein whey ditemukan dalam bagian cair susu yang tersisa setelah dikentalkan dan disaring.

Kedua jenis protein tersebut sama-sama berkualitas tinggi dan menyediakan asam amino esensial untuk sintesis protein.

2. Smoothie

Selain kaya akan protein, smoothie juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Terlebih lagi, minuman sehat ini sangat mudah dibuat dan bergizi. 

Kamu bisa membuat smoothie sehat dengan susu, krim, atau yoghurt Yunani. Semua bahan tersebut tinggi protein dan bisa menjadi camilan sehat. Kamu bisa memasukkan buah-buahan favorit ke dalam smoothie-mu atau bahkan kacang-kacangan dan biji-bijian yang sehat.

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber serat yang sangat baik yang akan membuat kamu kenyang lebih lama. Karena itu, kamu tidak akan makan berlebihan di waktu makan berikutnya. 

Itulah mengapa smoothie adalah pilihan minuman tinggi protein yang tepat bila kamu juga ingin menjaga berat badan.

Sebelum memilih minuman tinggi protein, ketahui 5 Prinsip Membentuk Otot ini. 

3. Yoghurt

Yoghurt juga merupakan pilihan minuman tinggi protein lainnya yang baik, karena terdiri dari kombinasi kasein dan protein whey. Selain itu, sebagian besar kandungan laktosa di dalamnya juga dihilangkan, sehingga minuman ini cocok bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa. 

Yogurt sangat bergizi dan kaya akan protein, kalsium, dan kalium. Minuman dengan rasa asam yang menyegarkan ini juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya serta relatif rendah kalori, sehingga bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

4. Kefir

Minuman probiotik ini adalah pilihan yang lebih sehat daripada yogurt, karena menyediakan protein lengkap, mineral penting dan merupakan sumber vitamin B. Bakteri baik dalam kefir juga bisa mengatasi gangguan pencernaan dan menyehatkannya.

Itulah beberapa pilihan minuman tinggi protein yang bisa kamu konsumsi untuk membangun massa otot. 

 

Sumber: alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.