Informasi Kesehatan

Ini Cara Menerapkan Mindfulness untuk Jaga Kesehatan Mental

inilah-manfaat-meditasi-metta-dan-cara-melakukannya.jpg

Cara Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah

Mata lelah memang tidak berbahaya dan akan membaik…

6 Manfaat Jamur Cordyceps Militaris untuk Kesehatan Tubuh

Cordyceps militaris merupakan jamur yang tumbuh di badan ulat…

Si Kecil Demam saat Pulang Mudik, Lakukan 4 Tips Ini

“Jika membawa Si Kecil saat pulang mudik Lebaran,…

“Ada banyak manfaat dari menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya menghilangkan stres, meningkatkan hubungan, dan meningkatkan kesehatan mental.”

Mindfulness adalah sebuah praktik untuk menjadi lebih sadar sepenuhnya akan momen saat ini, daripada memikirkan masa lalu atau memproyeksikan masa depan. 

Praktik ini umumnya melibatkan peningkatan kesadaran terhadap rangsangan sensorik (memperhatikan pernapasan, merasakan sensasi tubuh) dan benar-benar berada di momen “saat ini”.

Apa itu Mindfulness?

Perhatian penuh atau mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya, menyadari di mana kamu berada dan apa yang kamu lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitarmu. 

Ini adalah kualitas yang sudah setiap manusia miliki. Ini bukanlah sesuatu yang harus kamu bayangkan, kamu hanya perlu belajar cara mengaksesnya. 

Menjadi mindful berarti memerhatikan dengan cermat apa yang terjadi pada saat itu. Sederhananya, konsep ini adalah tentang kehadiran.

Artinya, kamu memerhatikan dengan baik apa yang terjadi dalam pikiran dan tubuhmu.  Dan itu berarti juga kamu menyadari apa yang terjadi di sekitarmu.

Saat menerapkannya pun, kunci utamanya bukanlah memberi label atau menilai apa yang terjadi. Kamu hanya perlu lebih memerhatikan sekitar dan bukan bereaksi secara emosional.

Manfaat Menerapkan Mindfulness

Mindfulness adalah cara melatih diri untuk memusatkan perhatian dengan cara tertentu. Hal tersebut dapat membantu kamu dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan, hubungan, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Berikut ini manfaat menerapkan mindfulness dalam kehidupan:

1. Menghilangkan stres

Melatih mindfulness dapat membantu kamu fokus, di mana kamu dapat mengamati pikiran dan perasaan tanpa menghakimi. 

Dengan perhatian penuh, kamu dapat belajar mengamati pikiran-pikiranmu dan mencoba untuk tidak mengikutinya atau terjebak di dalamnya. Hal tersebut dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

2. Meningkatkan hubungan

Dalam kehidupan yang sibuk, perhatian mungkin terganggu saat berinteraksi dengan teman dekat dan keluarga. Menjadi mindfulness dapat membantu kamu terhubung lebih baik dengan orang lain. 

3. Mengelola kesehatan mental

Mindfulness dapat membantu kamu mengelola banyak kondisi kesehatan mental. Termasuk depresi, kecemasan, kecanduan, dan gangguan makan. Praktik ini juga dapat membantu kamu mengelola amarah.

4. Menurunkan berat badan

Mindful eating adalah salah satu cara menerapkan mindfulness. Ini adalah teknik yang memfokuskan perhatian pada pengalaman makanan dan rasa lapar. 

Hal tersebut memungkinkan kamu mengidentifikasi pemicu makanan dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan. 

Mindful eating dapat membantu menurunkan berat badan dan beberapa gangguan makan. Sebaiknya Kenali Lebih Dalam Manfaat Mindful Eating Bagi Tubuh.

5. Mengelola sakit kronis

Mindfulness dapat membantu mengatasi kondisi muskuloskeletal dan nyeri kronis. Jika kamu melakukannya secara teratur, maka dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, kesehatan mental, dan suasana hati. 

Jika kamu mengalami pikiran-pikiran yang menimbulkan ketidaknyamanan atau kegelisahan, mungkin ini saatnya mulai melatih mindfulness untuk mendukung kesadaran, yang dapat mengurangi tingkat stres secara signifikan. 

Cara Menerapkan Mindfulness

Mindfulness dapat kamu capai melalui meditasi. Namun, kamu juga dapat melatih perhatian melalui kehidupan sehari-hari. 

Berfokus pada momen saat ini dan menenangkan dialog batin dapat membantu kamu mencapai kesadaran.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melatih mindfulness dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

  • Perhatikan: Luangkan waktu untuk memperhatikan hal-hal di sekitarmu. Termasuk perasaan, indra, dan pikiran sendiri. Berfokuslah untuk memperlambat dan menikmati hal-hal yang kamu alami.
  • Fokus pada saat ini: Daripada memikirkan masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan, cobalah untuk hanya menerima apa yang terjadi di depanmu. Hadir pada momen saat ini dapat membantu kamu merasa lebih sadar.
  • Cobalah untuk meditasi mindfulnessLatihan meditasi mindfulness secara teratur memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. 

    Sumber: halodoc. com

    Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.