Informasi Kesehatan

Pijat Refleksi Tangan Beserta Manfaatnya bagi Kesehatan

pijat_refleksi.jpg

Bahaya Duduk Terlalu Lama di Tempat Kerja

Terkadang duduk terlalu lama tidak dapat dihindari, apalagi…

16 Penyebab Migrain Kiri yang Wajib Kamu Tahu, Tampak Sepele Tapi Sakit Luar Bisa

Liputan6.com, Jakarta Mengalami sakit kepala memang sangat menyiksa,…

Seputar Vaksin COVID-19 untuk Lansia

Menurut Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi yang diterbitkan oleh…

Pijat refleksi tangan sering dilakukan untuk menghilangkan pegal dan membuat tubuh terasa lebih segar. Tak hanya itu, pijat refleksi di bagian tangan dipercaya dapat memberikan efek relaksasi dan mendeteksi berbagai gangguan pada organ tubuh.

Pijat refleksi tangan dilakukan dengan menekan titik tertentu di bagian tangan, yang diduga terhubung dengan organ dalam tubuh. Dengan memberi tekanan di bagian tersebut, dipercaya dapat memberikan efek kesehatan seperti mengurangi nyeri dan membuat tubuh lebih rileks.

Pijat refleksi dapat dilakukan dengan menggunakan bagian jari, jempol, atau alat bantu pijat refleksi. Terapi pijat ini biasanya dipraktikkan oleh terapis, tetapi Anda pun bisa mencobanya dengan mempelajari titik refleksi di tangan.

Teknik Pijat Refleksi Tangan yang Perlu Diketahui

Bila Anda merasakan nyeri di bagian tubuh tertentu, berikut ini adalah beberapa teknik pijat refleksi tangan berdasarkan bagian tubuh yang mengalami gangguan:

1. Kepala

Pijat refleksi tangan dapat mengatasi sakit kepala, terutama yang disebabkan oleh stres atau rasa cemas. Caranya, pijat bagian pangkal jari-jari tangan dan pergelangan tangan, tepatnya di antara dua urat tangan atau tendon.

Sebuah studi mengemukakan bahwa pijat refleksi tangan di bagian ini dapat meredakan sakit kepala. Dari studi tersebut diketahui bahwa hampir 25% penderita sakit kelapa bisa membaik setelah terapi pijat refleksi tangan selama enam bulan.

2. Leher dan tenggorokan

Area pangkal jempol hingga lipatan ibu jari di samping jari telunjuk dipercaya berhubungan dengan bagian saluran pernapasan, yaitu tenggorokan dan paru-paru. Sementara itu, area lipatan pertama buku jari dipercaya berhubungan dengan bagian leher.

3. Mata dan telinga

Jika Anda mengalami masalah dengan bagian ini, terapis akan melakukan pijat refleksi tangan pada lipatan kedua dari buku-buku jari. Lipatan buku-buku jari telunjuk dan tengah dipercaya terhubung dengan bagian mata.

Sedangkan untuk bagian telinga, Anda dapat coba memijat lipatan kedua dari buku-buku jari manis dan kelingking.

4. Dada dan paru-paru

Bagian pangkal keempat jari di telapak tangan dipercaya berhubungan dengan dada dan paru-paru. Pijatan refleksi di bagian ini dapat meringankan masalah di kedua area tersebut.

5. Ulu hati, usus, ginjal, dan kelenjar adrenal

Tepat berbatasan dengan area pangkal keempat jari adalah bagian yang dipercaya berhubungan dengan ulu hati, kelenjar adrenal, ginjal, dan usus.

Bagian tangan yang berhubungan dengan kelenjar adrenal terletak di bawah lipatan ibu jari dan telunjuk. Di sampingnya atau yang sejajar dengan jari telunjuk adalah bagian untuk ginjal.

Di sebelahnya lagi adalah bagian untuk usus halus. Pijatan di titik tengah pergelangan tangan yang sejajar dengan jari tengah juga dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan meredakan mual.

Meski dipercaya baik untuk kesehatan, efektivitas metode pijat refleksi tangan masih belum dapat dijelaskan sepenuhnya secara ilmiah.

Efek terapi yang dirasakan oleh seseorang ketika menjalani pijat refleksi tangan diduga berkaitan dengan pelepasan hormon endorfin yang dapat memperbaiki sirkulasi darah dan melancarkan kerja saraf tubuh.

Hingga saat ini, pijat refleksi tangan belum bisa menggantikan pengobatan medis untuk mengatasi masalah kesehatan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber: Alodokter.com

 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di KLINIK PELITA SEHAT; klinik BPJS Bogor, klinik terfavorit kleuarga, klinik terbaik di Bogor, klinik terakreditasi paripurna, faskes, faskes primer. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.

TEMUKAN