Informasi Kesehatan

Catat, Ini Cara Efektif Mengatasi Sakit Perut saat Haid

penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan.jpg

Kebutuhan Karbohidrat per Hari dan Cara Memenuhinya

Kebutuhan karbohidrat per hari berbeda-beda untuk setiap orang,…

Awas, Makan Sate Kambing Berlebihan Bisa Sebabkan Kolesterol

“Mengonsumsi sate kambing sebenarnya tidak masalah, asal tidak…

Tips Sehat Buat yang Suka Makan Gorengan

Makanan yang digoreng, seperti pisang goreng, tahu goreng,…

“Ada beberapa cara efektif untuk mengatasi sakit perut saat haid yang mengganggu aktivitas. Contohnya seperti melakukan kompres hangat, memijat perut, dan lain-lain.”

Sakit perut merupakan gejala yang wajar dan umum muncul pada wanita selama haid. Hal itu terjadi karena rahim sedang berkontraksi untuk melepaskan dinding rahim dari tubuh, sehingga aliran darah keluar dari vagina.

Sakit perut saat haid bisa bervariasi tingkat keparahannya. Sebagian wanita hanya mengalami sakit perut yang ringan, tapi ada juga beberapa wanita yang mengalami nyeri yang sangat menyakitkan, bahkan sampai mereka tidak bisa beraktivitas. 

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan untuk meredakannya. Simak ulasannya di sini.

Cara Meredakan Sakit Perut Saat Haid

Berikut beberapa cara efektif meredakan sakit perut saat haid yang bisa kamu coba:

1. Menerapkan Kompres Hangat

Terapi panas dengan menempelkan sesuatu yang hangat ke perut merupakan salah satu cara efektif untuk meredakan sakit perut saat haid. Menurut sebuah tinjauan studi tahun 2018, cara tersebut sama efektifnya dengan mengonsumsi obat nyeri haid.

Caranya, kamu dapat menempelkan botol air panas atau bantal pemanas pada perut. Bila kamu tidak punya botol atau bantal panas, kamu bisa menggunakan handuk basah dengan air hangat atau mandi dengan air hangat.

2. Pijat dengan Minyak Esensial

Cara efektif lainnya untuk meredakan sakit perut saat menstruasi adalah dengan memijat perut.

Pijatan yang melibatkan penekanan pada titik-titik tertentu di perut dan sekitarnya bisa mengurangi rasa sakit.

Nah, kamu bisa memijat perut dengan menggunakan minyak esensial seperti lavender, peppermint, untuk mendapatkan manfaat tambahan.

3. Makan Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga bisa menjadi cara meredakan sakit perut saat haid yang efektif. Sebab, beberapa vitamin dan mineral di dalam makanan bergizi dipercaya bisa membantu mengurangi kram.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa vitamin B1 atau thiamin, dan magnesium bisa membantu mengurangi sakit perut saat haid. Vitamin dan mineral tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti bayam, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Mengonsumsi Herbal

Beberapa tanaman herbal mengandung senyawa antiinflamasi dan antispasmodik yang bisa mengurangi kontraksi otot, serta pembekakan yang berhubungan dengan nyeri haid.

Jadi, untuk meredakan sakit perut saat haid, cobalah untuk minum minuman herbal seperti teh chamomile atau air rebusan jahe. Kayu manis dan biji adas juga merupakan tanaman herbal yang bisa membantu mengatasi nyeri haid.

5. Berolahraga

Aktivitas fisik sebenarnya bisa menjadi cara alami untuk meredakan nyeri haid, lho

Olahraga memicu pelepasan endorfin, bahan kimia dalam tubuh yang membantu menghalangi persepsi rasa sakit. Selain itu, olahraga juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi stres yang bisa memengaruhi rasa sakit.

6. Minum Obat Pereda Nyeri

Bila cara-cara alami di atas tidak mampu mengatasi nyeri haid, minumlah obat pereda nyeri untuk meredakan gejala tersebut.

Obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) adalah obat yang efektif untuk meredakan sakit perut saat haid. Obat tersebut bisa mengurangi prostaglandin, hormon yang merangsang kontraksi yang menyebabkan kram menstruasi. Contoh obat NSAID, yaitu ibuprofen dan naproxen.

Selain obat NSAID, opsi obat pereda nyeri haid lainnya yang bisa kamu coba adalah acetaminophen. Namun,obat tersebut tidak bisa mengatasi peradangan yang berkontribusi pada keparahan kram menstruasi kamu.

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.