Informasi Kesehatan

Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

00228387.jpg

Ini Rekomendasi Obat Scabies atau Kudis yang Ada di Apotik

“Scabies atau kudis adalah kondisi saat tungau Sacroptes…

Si Kecil Terkena Cakaran Kucing? Ini Cara Menanganinya

Ketika bermain bersama kucing, anak bisa saja terkena cakarannya. Jika…

Ini Cara Menghilangkan Bekas Luka Hilang Secara Permanen

“Bekas luka dapat membuat seseorang kehilangan rasa percaya…

“Mengatasi infeksi saluran kemih bisa dilakukan dari rumah dengan cara-cara alami atau minum obat. Namun, segeralah konsultasikan pada dokter spesialis urologi di Halodoc bila gejalanya tak kunjung membaik.”

Infeksi saluran kemih tak hanya membuat pengidapnya  sakit di perut bagian bawah dan buang air kecil terus menerus, tapi juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, tapi, jika kamu mengalami infeksi saluran kemih yang masih ringan, kondisi ini masih bisa diatasi dengan menggunakan cara-cara alami.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi infeksi saluran kemih secara alami agar kondisi cepat membaik?

Cara Alami Atasi Infeksi Saluran Kemih

Berikut beberapa tips untuk mengobati infeksi saluran kemih  alami yang bisa dilakukan dari rumah: 

1. Perbanyak minum air dan makanan berkadar air tinggi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah meningkat asupan air. Cara ini penting untuk dilakukan karena air dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Tak hanya itu, air juga bisa membantu tubuh melawan infeksi. 

Pastikan kamu setidaknya minum delapan gelas air setiap hari (2-3 liter), dan memperbanyak makanan yang jumlah airnya tinggi seperti semangka, sup, jeruk, dan selada. 

2. Minum jus atau suplemen cranberry

Meminum jus cranberry tanpa pemanis atau cranberry dalam bentuk kapsul adalah salah satu cara untuk mengobati infeksi saluran kemih. Bahan aktif di dalam cranberry diklaim dapat mengikat dinding kandung kemih. 

Dengan melakukan cara kerja yang serupa dengan apa yang dilakukan bakteri penyebab infeksi, cranberry dapat menghalangi bakteri untuk menempel. 

3. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang berguna untuk meningkat keseimbangan bakteri sehat di usus. Dalam pengobatan infeksi saluran kemih, probiotik adalah pilihan yang sangat dianjurkan karena manfaatnya yang bisa mengganggu bakteri di pencernaan. 

Probiotik bermanfaat dalam memulihkan bakteri usus setelah pengobatan antibiotik dengan mengurangi efek sampingnya. 

4. Gunakan kompres hangat

Tips terakhir dalam penyembuhan infeksi saluran kemih adalah dengan menggunakan kompres hangat. Kamu cukup letakkan kompres, bantal pemanas, atau botol air hangat di perut dan punggung. Cara ini dapat meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman saat infeksi. 

Jika kamu punya pertanyaan seputar infeksi saluran kemih, kamu bisa konsultasi kapan sana dan di mana saja dengan dokter spesialis urologi 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurn