Informasi Kesehatan

Konsumsi Tomat yang Dimasak Tiap Hari Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung

tomat-lebih-efektif-dibanding-aspirin-sebagai-obat-pengencer-darah-7MVgTZO40Y.jpg

10 Makanan Penambah Daya Ingat dan Kecerdasan

Berikut beberapa makanan kaya nutrisi yang dijuluki sebagai…

6 Manfaat Menakjubkan Jus Kubis Campur Lemon

Kubis adalah salah satu jenis sayuran yang mulai…

19 Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Manfaat teh yang paling fenomenal adalah salah satunya…

Tomat yang dimasak atau telah mengalami proses pemanasan ternyata memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik ketimbang tomat segar. Penelitian terbaru membuktikan, satu atau dua sendok saus tomat segar bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Seperti dikutip dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan University of Verona ini mengikutkan 20 pria sebagai partisipan. Setengah dari mereka diberi makanan yang disertai dengan saus tomat, sementara kelompok lainnya tidak.

Percobaan dilakukan berdasarkan teori bahwa 80 gram saus tomat bisa mengurangi efek buruk dari makanan tinggi lemak yang berada di sepanjang pembuluh darah. Saus tomat juga membantu mencegah disfungsi endothelial (kondisi yang memicu atherosclerosis, atau penyumbatan lemak pada pembuluh arteri).

Kuncinya ada pada lycopene, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Kandungan lycopene akan meningkat ketika tomas dimasak atau melalui proses pemanasan.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tomat, Anda bisa mengolahnya dengan cara dipanggang, rebus, kukus, tumis atau dijadikan saus/puree tomat segar. Selain baik untuk jantung, tomat juga berkhasiat sebagai tabir surya alami bagi kulit.

Dalam percobaan yang dilakukan terhadap 23 wanita, terlihat bahwa setelah mengonsumsi 55 gram pasta tomat setiap hari selama 12 minggu, ketahanan kulit mereka terhadap sinar UV yang merusak meningkat hingga 30 persen. Saat disinari radiasi UV, wanita yang mengonsumsi pasta tomat setiap hari tidak mengalami kulit terbakar.

 

Sumber : https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-2467352/konsumsi-tomat-yang-dimasak-tiap-hari-bisa-kurangi-risiko-sakit-jantung

TEMUKAN