Informasi Kesehatan

Minuman Berikut ini Dapat Memperlancar Haid Kamu

ilustrasi-endometriosis--istockphoto.jpg

7 Makanan Super untuk Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan telah tiba. Air…

Minum Kopi Ternyata Bisa Mencegah Masalah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal adalah salah satu penyakit yang bisa memberikan…

Pakar : Pertolongan Henti Jantung Pada Menit Pertama

Dokter Spesialis Kardiovaskular Jetty Sedyawan mengatakan tujuh hingga…

1. Air Kunyit

Air kunyit sejak dulu dipercaya sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Kunyit diyakini sebagai obat alami dalam meredakan sakit ketika haid karena mengandung zat antiperadangan.

Untuk membuatnya, ambil 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok biji pala, dan 1/2 genggam daun srigading. Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam 1 liter air hingga mendidih, saring, lalu minum.

2. Yoghurt

Produk olahan susu ini dapat memperlancar menstruasi dan meredakan nyeri ketika menstruasi. Yoghurt kaya akan kalsium dan protein serta mempunyai cita rasa asam manis.

Jika ingin mengonsumsinya, kini tersedia berbagai macam produk Yoghurt, seperti Elle & Vire Dessert Light 0,1% Blueberry 125G seharga 12 ribu rupiah. Ada juga Cimory Yoghurt Drink Strawberry 250 ml dengan harga berkisar 8 ribu rupiah. Semuanya bisa kalian dapatkan di Indomaret atau supermarket terdekat lainnya.

3. Minyak Ikan

Selain air kunyit dan yoghurt, kamu juga bisa mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan kaya omega-3 yang berperan dalam melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat mengganggu siklus haid. Oleh karena itu, minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi.

4. Asam Jawa

Pilihan lainnya adalah asam Jawa, baik berupa minuman atau permen. Asam Jawa dipercaya dapat melancarkan darah haid yang menggumpal sehingga menjadi lancar dan tidak menyebabkan rasa nyeri saat haid. Kamu bisa menemukan asam Jawa ini di supermarket terdekat atau membuatnya sendiri di rumah.

Caranya, rendam buah asam yang telah dikupas ke dalam air hangat. Lalu campurkan dengan 1 sendok gula dan sedikit garam selama 1 jam. Minum ramuan tersebut dua kali sehari, dimulai dari seminggu sebelum haid.

5. Cuka Apel

Cuka apel juga mampu mempercepat proses menstruasi. Bisa langsung diminum dengan cara menyeduhnya atau dicampur dengan buah-buahan yang dijadikan sebagai saus salad. Cuka apel merangsang dinding rahim sehingga cepat meluruhkan sel telur yang menempel pada dinding rahim ketika terjadi menstruasi.

Selain itu, cuka apel ini mampu mengurangi insulin dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah serta menyeimbangkan hormon. Bagi kamu yang mempunyai sakit maag, tidak perlu khawatir karena minuman ini tidak berbahaya untuk pencernaan. Saat ini, produk obat haid dari bahan cuka apel dapat ditemukan di apotek maupun supermarket.

6. Jus pepaya

Jus pepaya juga bermanfaat dalam merangsang sel telur pada dinding rahim agar cepat meluruh karena kaya serat dan vitamin. Selain itu, jus ini juga berperan untuk melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit. Minumlah jus pepaya satu minggu sebelum datang bulan.

Bisa juga langsung mengonsumsi 150 gram pepaya setiap hari. Agar nyeri haid hilang, bisa memanfaatkan daun pepaya. Rebus beberapa lembar daun pepaya yang telah dibersihkan, lalu campur dengan asam Jawa dan garam secukupnya. Minumlah selagi hangat dan nyeri haid kalian akan berangsur pulih.

7. Ait tebu

Tanaman tebu di Indonesia dapat dijumpai di banyak tempat. Khususnya di wilayah pegunungan. Tanaman ini sangat baik ditanam di udara yang sejuk. Tebu juga kaya nutrisi, seperti kalium, fosfor, zat besi, kalsium, magnesium, dan vitamin yang terdapat di dalam airnya. Minumlah air tebu satu hingga dua minggu sebelum siklus menstruasi datang agar lebih lancar.

8. Minuman rempah-rempah

Minuman rempah-rempah, seperti jahe, ketumbar, dan daun teh juga dipercaya mampu memperlancar siklus menstruasi. Untuk mengonsumsinya, kalian dapat menghancurkan rempah-rempah tersebut menjadi pasta. Lalu masak semua bahan dengan cara menambahkan beberapa sendok pasta sebagai bumbu tambahan.

Gunakanlah rempah-rempah yang segar ketika hendak membuatnya. Jika ingin rasa yang lain, silahkan tambahkan lemon, madu, atau susu sehingga rasanya lebih enak. Rempah-rempah ini bisa kamu dapatkan di pasar atau supermarket terdekat.

9. Wedang jahe

Minuman yang terbuat dari bahan utama jahe ini juga mempunyai khasiat mengobati nyeri haid dan memperbaiki siklus haid yang tidak teratur. Kemampuan melebarkan pembuluh darah yang dimiliki dengan cara merangsang pelepasan hormon adrenalin, mampu melancarkan peredaran darah. Terutama ketika sedang mengalami haid.

10. Susu kedelai

Minuman yang juga bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan nyeri haid atau melancarkan siklus menstruasi adalah susu kedelai. Susu olahan dari kacang kedelai ini mempunyai nilai gizi yang tinggi dengan kandungan 7 gram protein dan 9 asam amino yang berperan penting bagi tubuh. Protein dalam susu kedelai sangat baik untuk proses pertumbuhan anak, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Source: https://bp-guide.id

TEMUKAN