Informasi Kesehatan

6 Khasiat Jambu Biji, Mampu Redakan Nyeri Menstruasi

jambu_biji.jpg

4 Jenis Obat Sakit Pinggang yang Aman Dikonsumsi

Sakit pinggang yang kerap muncul pasti membuat Anda…

Apakah Benar Kulit Manggis Baik untuk Kesehatan?

Berbagai Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Ada beragam…

Hidung Tersumbat Sebelah, Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya!

Saat mengalami hidung tersumbat sebelah, aktivitas dan tidur Anda…

“Salah satu khasiat jambu biji adalah mengatasi nyeri menstruasi. Tak hanya itu, buah berbiji kecil ini juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah, hingga mencegah pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker.”

 Jambu biji atau psidium guajava bisa mengatasi banyak keluhan kesehatan, salah satunya nyeri menstruasi. Manfaat ini terjadi berkat kandungan flavonoid yang membantu mengatasi peradangan.

Tak hanya flavonoid, jambu biji juga mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, serat, kalsium, magnesium, kalium dan vitamin C. Beberapa kandungan baik yang disebutkan barusan dapat menurunkan intensitas nyeri akibat menstruasi.

Studi dalam Effect of a Psidii guajava folium extract in the treatment of primary dysmenorrhea: a randomized clinical trial menyebutkan, ilmuwan melakukan penelitian dilakukan pada 197 wanita dengan gejala nyeri.

Enam orang di antaranya mengonsumsi 6 miligram ekstrak jambu biji. Hasilnya, intensitas nyeri yang mereka rasakan berangsur membaik dan hilang sepenuhnya. Efeknya bahkan lebih kuat dari mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Tak hanya meredakan nyeri saat menstruasi saja, jambu biji juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan sistem pencernaan dan mencegah kanker.

Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika dikonsumsi secara rutin, jambu biji dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Ini bisa mencegah resistensi insulin (kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik) pada pengidap diabetes.

Fakta tersebut berasal dari studi yang dilakukan pada 19 orang. Mereka mengonsumsi teh daun jambu biji. Hasilnya, kadar gula darah langsung menurun dan efeknya bisa bertahan hingga dua jam.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dalam beberapa cara. Pertama, berkat kandungan antioksidan dan vitamin yang membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kedua, kandungan potasium dan serat larut air yang tinggi berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan jantung. Selain jantung, jambu biji juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat bersinggungan langsung dengan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegah penyakit ini, kamu disarankan untuk mengonsumsi jambu biji sebelum makan.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jambu biji merupakan sumber serat yang baik. Mengonsumsi buah ini dapat membantu meningkatkan pergerakan usus, sehingga kamu bisa terhindar dari penyakit sembelit.

Jambu biji juga bersifat antimikroba. Artinya, nutrisi di dalamnya dapat menetralkan mikroba berbahaya di dalam usus yang menjadi penyebab diare. Dengan pencernaan yang sehat, risiko terkena diare bisa menurun.

5. Menurunkan Berat Badan

Dalam satu buah jambu biji ukuran sedang hanya mengandung 37 kalori saja. Di dalamnya mengandung serat tinggi, sehingga bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari makan berlebihan.

6. Memiliki Efek Antikanker

Antioksidan kuat dalam jambu biji dapat mencegah radikal bebas yang bisa merusak kesehatan sel dan jaringan dalam tubuh. Dengan sel dan jaringan yang sehat, risiko pertumbuhan abnormal sel yang menjadi penyebab kanker bisa dicegah.

Itulah beberapa khasiat jambu biji untuk kesehatan tubuh. Jika kamu mengalami masalah kesehatan setelah mengonsumsinya, silakan tanya dokter untuk melakukan perawatan.

 

Sumber: halodoc .com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna