Informasi Kesehatan

Bayi Minum Susu Botol sambil Tiduran, Amankah?

bayi-minum-susu-botol-sambil-tiduran-amankah.jpg

Busui, Ini Daftar Makanan agar ASI Tetap Lancar Saat Puasa

Puasa memang menjadi tantangan tersendiri bagi ibu menyusui.…

Ketahui Pemeriksaan Leopold pada Ibu Hamil

“Pemeriksaan leopold pada ibu hamil biasanya dilakukan di…

3 Penyebab Sakit Mata pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Ada beragam penyebab sakit mata pada bayi, mulai…

Bayi minum susu botol sambil tiduran bukanlah hal yang asing, ya? Cara ini memang bisa membuat bayi anteng sehingga orang tua punya kesempatan untuk istirahat atau mengerjakan urusan lain. Namun, apakah minum susu botol sambil tiduran benar-benar aman bagi kesehatan bayi?

Posisi bayi menyusu menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung keberhasilan pemberian makan bayi. Dengan posisi yang tepat, bayi bisa memperoleh air susu ibu perah (ASIP) atau susu formula dengan lancar dan mudah, sehingga kebutuhan nutrisinya bisa tercukupi.

Fakta Keamanan Bayi Minum Susu Botol sambil Tiduran

Kalau Bunda sering membiarkan Si Kecil minum susu botol sambil tiduran, mulai saat ini hentikan kebiasaan tersebut, ya. Memang sih dengan metode ini, Si Kecil bisa tenang dan terlelap setelahnya. Namun, justru di sinilah masalahnya, Bun.

Ketika bayi tidur dengan keadaan botol susu masih berada di mulutnya, tetesan susu dari dot bisa saja masuk ke dalam saluran pernapasan dan membuatnya menjadi tersedak. Bayi juga mungkin akan menjadi batuk-batuk dan rewel karena merasa tidak nyaman.

Kebiasaan minum susu hingga tertidur juga dapat memicu pertumbuhan bakteri di mulutnya. Alhasil, bayi bisa saja mengalami kerusakan gigi, seperti gigi susu berlubang dan gigi busuk. Meski yang rusak adalah gigi susu, tetap jangan dianggap enteng, Bun.

Adanya kerusakan gigi susu justru memicu lebih cepatnya kebusukan pada gigi permanennya. Masalah pada gigi juga dapat membuat bayi mengalami gangguan bicara serta gangguan pada pertumbuhan gigi dan rahang.

Selain kondisi tersebut, kebisaan ngedot sambil tiduran memungkinan susu masuk ke saluran telinga bayi dan meningkatkan risikonya untuk mengalami infeksi telinga.

Posisi Minum Susu Botol yang Tepat untuk Bayi

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan kalau bayi minum susu sambil tiduran tidaklah aman ya, Bun. Agar Si Kecil bisa terhindar dari risiko di atas dan dapat menyusu dari botol dengan nyaman, berikut ini tips yang bisa dilakukan:

  • Selalu awasi Si Kecil saat minum susu. Jangan biarkan ia menyusu dengan dot sendirian, terlebih bila ia masih terlalu kecil.
  • Posisikan Si Kecil di pangkuan Bunda dengan kepalanya yang bersandar di salah satu lengan Bunda. Selain posisi ini, Bunda juga bisa menyanggah kepala dan punggung Si Kecil dengan bantal hingga menjadi posisi setengah duduk.
  • Pegang botol susu dengan posisi horizontal atau sedikit miring ke arah atas. Posisi ini akan membuat susu mengalir dengan baik ke saluran cerna dan mencegah Si Kecil bernapas dari mulut.
  • Buat suasana waktu menyusu lebih tenang, misalnya dengan mengatur agar volume TV atau ponsel lebih kecil. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih fokus saat menyusu.
  • Selesaikan proses menyusu sebelum menidurkan Si Kecil. Bunda juga perlu membersihkan area mulut dan giginya dari sisa-sisa susu terlebih dahulu sebelum ia tidur.

Yuk, terapkan cara memberi susu botol pada bayi yang aman seperti di atas. Dengan begitu, risiko akibat minum susu dari botol bisa dihindari dan tumbuh kembang bayi tetap berjalan dengan optimal.

 

Sumber: Alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.