Informasi Kesehatan

Kandungan Nutrisi pada Lobak Putih yang Baik bagi Kesehatan

094293100_1555568202-iStock-598131422.jpg

7 Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

Rambut merupakan mahkota keindahan. Tak hanya bagi wanita, tapi juga…

4 Fakta Sindrom Tourette yang Dialami Billie Eilish

“Sindrom Tourette nyatanya lebih rentan dialami oleh anak…

Manfaat Kentang untuk Diet

Manfaat Kentang untuk Mengontrol Berat Badan Kentang yang diolah…

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan

Dalam secangkir lobak putih mentah yang diiris (116 gram), terkandung beberapa nutrisi berikut:

  • Kalori: 19.
  • Protein: 0,8 gram.
  • Karbohidrat: 4 gram.
  • Serat: 1,9 gram.
  • Lemak: 0,1 gram.

Selain nutrisi di atas, lobak putih juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting, antara lain:

  • Folat: Juga dikenal sebagai vitamin B, ia mensintesis sel darah putih atau merah di sumsum tulang, dan sangat penting untuk proses pembuatan DNA dan RNA.
  • Kalsium: Mineral ini mengatur dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Ia juga mendukung aktivitas listrik jantung dan fungsi seluruh sistem saraf.
  • Vitamin C: Vitamin C terlibat pada banyak fungsi penting dalam tubuh, dan dapat membantu pembentukan kolagen, serta penguatan dinding pembuluh darah.
  • Vitamin B6: Vitamin yang larut dalam air ini juga dikenal sebagai piridoksin. Vitamin B6 diperlukan untuk berbagai reaksi enzim dalam tubuh, terutama metabolisme.

Selain kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral di atas, ada pula beberapa nutrisi penting lainnya yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, antara lain: 

  1. Mengurangi risiko diabetes

Lobak putih mengandung senyawa kimia seperti glukosinolat dan isothiocyanate yang dapat mengelola kadar gula darah. Mengonsumsi lobak putih juga dapat meningkatkan produksi adiponektin alami tubuh. Tingkat yang lebih tinggi dari hormon tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari resistensi insulin. Lobak putih juga mengandung koenzim Q10, antioksidan yang membantu mengurangi risiko diabetes.

  1. Meningkatkan fungsi hati

Lobak putih juga mengandung indole-3-carbinol dan 4-methylthio-3-butenyl-isothiocyanate, yang membantu detoksifikasi hati dan menyembuhkan kerusakan. Senyawa yang sama tersebut juga membantu ginjal mengeluarkan racun. 

  1. Meningkatkan fungsi kardiovaskular

Lobak putih kaya akan antioksidan dan mineral seperti kalsium dan potasium. Nutrisi tersebut membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Lobak juga merupakan sumber nitrat alami yang baik yang meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

  1. Meningkatkan sistem pencernaan

Lobak putih juga mengandung banyak serat, sehingga baik untuk meningkatkan sistem pencernaan. Serat juga dapat mengatur produksi empedu, melindungi hati dan kantung empedu, serta sangat bagus untuk menjaga retensi air. 

  1. Baik untuk kesehatan kulit

Jika kamu minum jus lobak putih setiap hari, maka sama dengan memberikan booster khusus untuk kulit agar tetap sehat. Sebab sayuran ini mengandung banyak vitamin C, zinc, dan fosfor. Kandungan tersebut menjaga kulit dari kekeringan, mencegah jerawat, dan ruam di kulit. 

 

Sumber: Halodoc.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.