Informasi Kesehatan

7 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria

penyebab-dan-cara-mengecilkan-perut-buncit-pada-pria-1649055626.jpg

Mengenal Olahraga Tolak Peluru dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Olahraga tolak peluru adalah olahraga yang dilakukan dengan…

Sakit Flu dan Harus Tetap Bekerja? Begini Cara Mengatasinya

Sebaik apa pun kamu menjaga kesehatan, sebagai pekerja…

Mengenal Bahaya Plak Gigi dan Cara Menghilangkannya

Plak gigi merupakan lapisan lengket dan bening pada…

Beberapa Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria

Lemak di perut kadang tampak sulit dihilangkan, tetapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Ada beberapa cara mengecilkan perut buncit pada pria yang dapat Anda coba, antara lain:

1. Mengonsumsi makanan kaya protein

Cara mengecilkan perut buncit pada pria yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berprotein. Anda dapat mengonsumsi telur, ikan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan produk olahan susu untuk memenuhi asupan protein.

Makanan kaya akan protein menghasilkan sedikit lemak di perut dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain konsumsi makanan tinggi protein, mengonsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran, buah-buahan, atau shirataki, juga dapat menurunkan keinginan untuk makan berlebih atau ngemil setelah makan.

2. Membatasi makanan cepat saji

Beberapa studi menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan cepat saji, seperti kentang goreng, burger, dan pizza, berisiko meningkatkan timbunan lemak di perut. Jika Anda ingin mengecilkan perut buncit, sebaiknya batasi atau hindari konsumsi makanan cepat saji.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat sehat yang berasal dari sayuran dan buah-buahan, seperti brokoli, wortel, bayam, alpukat, stoberi, dan nanas.

3. Membatasi makanan dan minuman manis

Kue, es krim, permen, minuman bersoda, atau minuman berenergi memiliki kandungan gula tinggi yang juga berisiko meningkatkan penumpukan lemak di perut yang membuat perut terlihat buncit.

Meski dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang, sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan dan minuman tersebut untuk mengecilkan perut buncit.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi cokelat hitam, kopi atau teh tanpa gula, minum banyak air putih, serta mengonsumsi buah-buahan, seperti mangga dan pepaya.

4. Mengurangi minuman beralkohol

Pada kondisi khusus, penggunaan alkohol dalam jumlah kecil dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, jika diminum terlalu banyak dan dalam jangka panjang, minuman beralkohol dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan akumulasi lemak di perut.

Jadi, Anda sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi alkohol bila ingin mengecilkan perut buncit.

5. Banyak bergerak

Aktif bergerak dan mengurangi duduk terlalu lama dapat menurunkan risiko peningkatan lemak di perut. Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan santai, bersepeda, atau berenang, setidaknya 150 menit setiap minggu.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk dalam durasi yang lama, cobalah untuk istirahat dengan berdiri atau berjalan santai tiap 90 menit sekali dengan durasi selama 5–10 menit.

6. Beristirahat yang cukup

Cara mengecilkan perut buncit pada pria tidak hanya dengan mengatur pola makan dan melakukan aktivitas fisik saja. Memastikan waktu istirahat yang cukup, setidaknya 7–8 jam tiap malam, juga penting untuk mengurangi penumpukan lemak di perut.

Hal ini didasarkan pada beberapa studi yang menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam tiap malam cenderung mengalami penambahan berat badan dan lemak di perut secara signifikan.

7. Mengelola stres

Suatu studi menunjukkan bahwa stres dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga akan membuat seseorang cenderung makan banyak dan menyebabkan kelebihan asupan kalori. Kelebihan kalori ini kemudian akan disimpan sebagai lemak di perut dan menjadikan perut buncit.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengelola stres dengan mencoba latihan relaksasi, misalnya melakukan yoga atau menerapkan mindfulness.

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut adalah mencatat asupan kalori harian. Untuk mencatatnya, Anda bisa menggunakan buku harian makanan atau menggunakan aplikasi khusus di ponsel Anda.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mencoba untuk minum teh hijau atau mengonsumsi sumber probiotik, seperti tempe, keju, dan yoghurt. Makanan kaya probiotik ini dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan sekaligus mengurangi lemak di perut.

 

Sumber: alodokter. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.