Informasi Kesehatan

6 Tips agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat

1829596488.jpg

8 Cara Mencerahkan Kulit Wajah secara Alami

8 Cara Mencerahkan Kulit Wajah secara Alami  …

4 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah Ada beragam manfaat…

Inilah 6 Penyebab Kelopak Mata Bengkak yang Perlu Diketahui

Ada berbagai penyebab kelopak mata bengkak. Meski umumnya tidak…

Ada beragam cara untuk membuat rambut cepat panjang. Tak hanya perawatan dari luar menggunakan produk kesehatan rambut yang tepat, tetapi juga perawatan dari dalam melalui konsumsi makanan bernutrisi. Dengan begitu, rambut panjang dan berkilau pun dapat Anda wujudkan.

Rambut panjang, sehat, dan terawat menjadi impian banyak orang, terutama para wanita. Rambut di kepala umumnya akan tumbuh sekitar 0,3–0,4 mm per hari atau 15 cm per tahun. Namun, sebagian orang ada yang rambutnya lebih cepat panjang dan ada juga yang lebih lambat pertumbuhannya.

Perbedaan kecepatan pertumbuhan rambut ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari keturunan atau genetik, perubahan hormon, asupan nutrisi, hingga penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Berbagai Tips agar Rambut Cepat Panjang

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut cepat panjang, ada beberapa tips perawatan rambut yang dapat dilakukan dengan mudah, yaitu:

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dapat mendukung pertumbuhan rambut dan membuat rambut tidak mudah rapuh atau rontok. Ada beberapa jenis pilihan makanan untuk memanjangkan rambut yang bisa dikonsumsi, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, bayam, buah alpukat dan beri, serta kacang-kacangan.

Makanan tersebut umumnya kaya akan protein dan baik untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh serta menjaganya tetap sehat, termasuk pertumbuhan sel rambut.

2. Pijat kulit kepala dengan rutin

Rutin memijat kulit kepala saat keramas merupakan langkah sederhana yang cukup efektif dilakukan guna memicu pertumbuhan rambut agar cepat panjang. Selain dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat, memijat kulit kepala juga bisa membuat otot di kepala lebih rileks.

3. Potong ujung rambut dengan rutin

Memotong ujung rambut (trim) diketahui juga bisa membuat rambut cepat panjang. Hal ini karena melakukan trim rambut dapat mencegah masalah kerusakan, seperti rambut bercabang dan mudah patah. Untuk hasil yang maksimal, Anda dianjurkan untuk melakukan trim setiap 3 bulan sekali.

4. Jaga kelembapan rambut

Menjaga kelembapan rambut juga penting dilakukan agar rambut tetap elastis dan tidak mudah patah. Cara paling umum untuk menjaga kelembapan rambut adalah dengan menggunakan masker rambut alami dan salah satunya adalah menggunakan minyak alami atau esensial.

Ada beberapa jenis minyak alami yang dapat Anda gunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut, yaitu minyak kelapa, minyak rosemary, peppermint, minyak jojoba, dan minyak zaitun.

5. Batasi penggunaan alat penata rambut

Penataan rambut yang berlebihan dengan menggunakan alat pengering (hair dryer) atau alat pelurus rambut (catokan), diketahui dapat merusak pertumbuhan rambut secara alami.

Tak hanya itu, kebiasaan menyikat atau menyisir ketika rambut masih basah serta sering mengikat rambut terlalu kencang juga dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kurangi penataan rambut secara berlebihan, tidak menyisir rambut dalam kondisi basah, dan hindari mengikat rambut terlalu kencang.

6. Kelola stres dengan baik

Stres yang tidak terkontrol dapat memicu pelepasan hormon kortisol, sedangkan terlalu banyak hormon kortisol dapat menghambat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik agar rambut bisa cepat panjang.

Selain cara di atas, Anda juga disarankan untuk menggunakan topi saat berada di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung.

Dari beragam langkah merawat rambut agar cepat panjang seperti di atas, Anda disarankan untuk melakukannya secara konsisten agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Namun, jika berbagai cara membuat rambut cepat panjang di atas tidak kunjung membuahkan hasil, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi rambut Anda.

 

Sumber: alodokter. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.