Informasi Kesehatan

Orang Tua Harus Tahu, Ini 5 Cara Atasi Hidung Berair pada Anak

perbedaan-gejala-flu-pada-anak-dengan-covid19.jpg

7 Obat Radang Tenggorokan Anak yang Aman

Obat radang tenggorokan anak bermanfaat untuk meredakan sakit…

Obat Sakit Perut untuk Anak serta Cara Mengatasi dan Mencegahnya

"Sakit perut pada anak dapat membuatnya merasa tidak…

Tidak Mesti Barang, 5 Hal Ini Bisa Diberikan sebagai Hadiah untuk Anak

Mengapresiasi sesuatu yang dilakukan oleh anak bisa dengan…

“Ada berbagai cara untuk mengatasi hidung berair pada anak. Mulai dari memberikan minum yang cukup, menyalakan humidifier, atau menyemprotkan saline nasal pada hidung anak.”

Hidung berair (rhinorrhea) merupakan gejala umum dari beberapa penyakit yang dialami anak. Tidak heran jika orang tua terkadang sulit menentukan penyebab mendasar dan menemukan pengobatan yang paling efektif. Hidung berair dapat disebabkan oleh alergi, flu, atau suhu ruangan yang terlalu dingin

Untuk mengatasi hidung berair pada anak, orang tua dapat memberikan minum air putih  yang cukup, dan istirahat sebanyak mungkin. Sementara itu untuk meredakan gejala, orang tua juga dapat menyemprotkan hidung Si Kecil dengan saline (larutan garam) atau menyalakan pelembap udara. 

Cara Efektif Mengatasi Hidung Berair pada Anak

Untuk mengatasi hidung berair pada Si Kecil, pilihlah pengobatan yang menargetkan penyebab dasarnya, entah itu alergi atau infeksi. Perawatan yang tepat tentu juga dapat meredakan hidung berair.  Berikut cara efektif mengatasi hidung berair pada anak:

1. Berikan banyak cairan

Memperbanyak asupan cairan, terutama air putih, dan menjaga Si Kecil tetap terhidrasi dapat membantu mengatasi hidung berair. Cara ini juga dapat mengencerkan lendir dari sinus sehingga mudah dikeluarkan. Sebab lendir yang kental dan lengket dapat membuat hidung semakin tersumbat. 

2. Gunakan pelembab udara

Menurut studi dari Asian Pacific Journal of Allergy and Immunology, menghirup uap hangat dari humidifier dapat meningkatkan penumpukan lendir yang disebabkan oleh rinitis alergi. Cara ini juga efektif untuk kondisi flu biasa. Bahkan, waktu pemulihannya bisa jadi lebih cepat jika dibandingkan dengan tidak menghirup uap sama sekali. 

Humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap untuk melembapkan udara yang kering. Saat Si Kecil menghirup kelembapan, lendir jadi lebih encer dan lebih mudah keluar. 

3. Mandi air hangat

Cara mengatasi hidung berair pada anak berikutnya yaitu dengan mandi air hangat atau berendam di bak mandi air hangat. Saat mandi, anak secara tidak langsung juga menghirup uap dari air hangat. 

4. Semprotan hidung

Semprotan hidung adalah salah satu pengobatan bebas resep yang dapat mengatasi pilek atau hidung berair. Menyemprotkan larutan saline bisa menjadi pengobatan alami untuk membersihkan hidung, karena menggunakan air garam yang lembut. Cara ini juga dapat mengatasi gejala pilek, hidung tersumbat, dan gangguan kualitas tidur. 

5. Berikan obat antihistamin

Hidung berair pada anak juga bisa disebabkan oleh alergi. Nah, kondisi ini, dapat diatasi dengan obat antihistamin. Obat-obatan tersebut akan memblokir histamin, zat yang dilepaskan tubuh selama reaksi alergi berlangsung. Namun, pastikan obat antihistamin yang diberikan sesuai dengan usia anak. 

Ada banyak kondisi umum yang menyebabkan pilek atau hidung berair pada anak. Jika ayah dan ibu tidak yakin dengan penyebab pastinya, sebaiknya tanyakan pada dokter. 

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.