Informasi Kesehatan

Seberapa Penting Infused Water untuk Diet? Ini Faktanya

Seberapa_Penting_Infused_Water_untuk_Diet_Ini_Faktanya.jpg

Peran Tes Hematologi Lengkap dalam Mendiagnosis Penyakit

Tes hematologi lengkap merupakan pemeriksaan darah lengkap yang…

Kapan Cek Demam Berdarah Perlu Dilakukan? Ini Faktanya

“Cek demam berdarah (DB) sebaiknya dilakukan segera setelah…

Mengenal Pilihan Obat Herbal Asma yang Mudah Didapatkan

“Obat herbal asma dapat digunakan bersamaan dengan obat…

“Hal yang penting dari infused water adalah airnya, bukan buah atau sayur yang ditambahkan. Pada dasarnya minum cukup air penting untuk diet dan proses metabolisme.”

Infused water telah lama populer sebagai minuman sehat yang bermanfaat untuk kesehatan. Minuman ini sebenarnya hanya air putih biasa, tapi dicampur dengan potongan buah atau sayuran. 

Karena dibuat dengan menambahkan buah atau sayur, minuman ini memiliki sedikit kalori. Hal itu menjadikannya sebagai minuman sehat untuk diet yang bertujuan menurunkan berat badan. Terutama sebagai pengganti minuman manis seperti soda dan jus buah. 

Manfaat Infused Water untuk Diet

Membuat infused water cenderung mudah. Kamu hanya membutuhkan buah-buahan dan sayuran sesuai selera dan sebotol air putih. Segelas infused water hampir tidak mengandung kalori apalagi lemak, sehingga aman dikonsumsi untuk orang yang sedang diet.

Minuman ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Namun faktanya, air putih secara umum, sudah terbukti dapat meningkat laju metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori. Menurut penelitian yang terbit di PubMed Central, minum setengah liter air dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 30 persen selama sekitar satu jam. 

Fakta lainnya, jika kamu meminum air dalam jumlah yang disarankan sebagai bagian dari program diet, tubuh cenderung mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak minum air. 

Sementara itu pada penelitian lainnya, ditemukan bahwa orang dewasa dengan berat badan berlebih yang minum setengah liter air sebelum makan, akan mengalami penurunan berat badan 40 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak minum. 

Efek penurunan berat badan bisa terjadi karena peningkatan metabolisme setelah minum air. Namun, mungkin juga karena pengaruh minum air terhadap nafsu makan. Sebab minum air juga dikaitkan dengan berkurangnya rasa lapar. Jadi, jika minum air sebelum makan, kamu mungkin akan makan dalam porsi yang sedikit. 

Lantas, seberapa penting infused water untuk diet? Hal yang penting dari infused water adalah airnya, bukan buah atau sayur yang ditambahkan. Hal itu karena tidak terlalu banyak nutrisi dari buah atau sayuran yang terkandung dalam air, kecuali jika kamu memakannya langsung secara utuh. 

Cara Membuat Infused Water

Infused water sangat mudah dibuat. Bahan yang kamu butuhkan hanyalah air dan pilihan buah-buahan dan sayuran. 

Cukup potong bahan-bahan yang kamu pilih, kemudian tambahan ke air panas atau dingin, sesuai selera. Semakin banyak buah dan sayuran yang kamu gunakan, makan akan semakin kuat rasanya. 

Jika ingin meminumnya dingin, kami bisa meletakkan infused water di kulkas selama 1 hingga 12 jam, supaya rasa meresap lebih banyak. Namun, pastikan untuk membuang buah dan sayuran setelah mendinginkannya, supaya tidak membusuk. 

Berikut ini beberapa resep kombinasi infused water yang populer:

  • Mentimun dan daun mint.
  • Lemon dan jahe.
  • Blackberry dan jeruk.
  • Semangka dan daun mint.
  • Jeruk bali dan rosemary.
  • Jeruk dan lemon.
  • Lemon dan jeruk nipis.
  • Stroberi dan kemangi.
  • Apel dan kayu manis. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat infused water untuk diet. Jika kamu memiliki masalah kesehatan serius terkait gizi dan nutrisi, sebaiknya segera kunjungi dokter di rumah sakit.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.