Informasi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda, Ini Caranya

63348a53b0c93.jpg

Yuk, Ketahui Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak

Jenis kulitmu cenderung berminyak dan sering mengalami beberapa…

Prebiotik, Serat Spesial yang Kaya akan Manfaat

Prebiotik sering dianggap sama dengan probiotik, padahal keduanya…

Ketahui Daftar Jajanan Sehat yang Baik bagi Kesehatan

“Penting untuk memilih jajanan sehat saat ingin ngemil.…

“Sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung sejak muda. Seperti dengan menjaga pola makan sehat, dan melakukan olahraga rutin.”

Tidak ada kata terlambat untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, untuk mencegah penyakit jantung dan komplikasinya di usia tua, kamu perlu mulai menerapkan gaya hidup sehat sejak muda.

Kurang olahraga, pola makan yang buruk, dan kebiasaan tidak sehat lainnya dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung. Untungnya, ada langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan setiap harinya, agar selalu sehat. 

Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

1. Miliki Pola Makan Sehat

Makanan yang kamu makan setiap harinya dapat berdampak pada kesehatan jantung. Pilihlah makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan  sodium. Adapun makanan sehat terdiri dari banyak buah dan sayuran, biji-bijian yang kaya serat, ikan, dan kacang-kacangan. 

Selain itu, pilihlah produk susu rendah lemak  dan daging unggas tanpa kulit. Batasi minuman manis dan daging merah. Jika ingin makan daging, pilih potongan daging yang paling tidak berlemak. 

2. Jadilah Aktif secara Fisik

Jantung adalah otot, jadi perlu olahraga untuk menjaga bentuknya. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan pompa jantung dan membantu mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga teratur juga membantu menjaga berat badan dan tekanan darah tetap terkendali.

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan olahraga rutin. Bahkan jalan kaki yang sederhana saja dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hindari menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk dan buatlah rencana untuk berolahraga setidaknya 20 hingga 30 menit lima kali seminggu, bahkan jika dalam sesi terbagi.

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang membuat olahraga menjadi sulit, carilah program olahraga yang dimodifikasi yang lebih sesuai dengan kemampuan kamu. Kemudian, bicarakan dengan dokter untuk memastikan kamu cukup sehat untuk memulai program olahraga yang sedang kamu pertimbangkan.

3. Hindari Rokok 

Jika kamu ingin menjaga kesehatan jantung, sangat penting untuk menghindari kebiasaan merokok. Sebab, merokok adalah penyebab utama aterosklerosis, penyakit yang menyebabkan penumpukan plak di arteri. 

Plak tersebut dapat membatasi aliran darah ke jantung dan organ lain dan dapat pecah. Menyebabkan gumpalan yang menghalangi aliran darah sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau gagal ginjal.

Selain itu, rokok sangat adiktif dan sulit untuk berhenti jika sudah terlanjur kecanduan. Namun, bukan berarti berhenti merokok adalah hal yang mustahil. Cobalah untuk terus berusaha berhenti merokok, dengan berbagai cara dan metode, jika kamu sudah memiliki kebiasaan ini.

4. Batasi Konsumsi Alkohol

Selain rokok, alkohol juga merupakan “musuh”, bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari, atau setidaknya membatasi konsumsi alkohol. 

5. Kendalikan Stres

Stres jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang dapat merusak dinding arteri. Mempelajari teknik manajemen stres tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga kualitas hidup. Cobalah latihan pernapasan dalam, dan luangkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai.

6. Jalani Pemeriksaan Rutin

Menjalani pemeriksaan rutin adalah salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk memantau kesehatan jantung. Pemeriksaan perlu kamu jalani, bahkan jika kamu merasa sehat. Apalagi kalau kamu memiliki faktor risiko penyakit jantung, atau kondisi kronis lainnya.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan jantung sejak muda. Jika kamu mengalami masalah terkait jantung atau penyakit lainnya, segera periksakan diri ke dokter.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.