Informasi Kesehatan

Mengenal Strict Parents: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Dampaknya bagi Anak

1342cd63-8ce9-4308-84e8-a4d970001983.jpg

Ketahui 8 Penyebab Tekanan Darah Rendah & Cara Mengatasinya

“Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah rendah apabila memiliki…

Berikut Daftar Obat Maag yang Perlu Anda Ketahui

Sakit maag dapat membuat Anda susah makan dan merasa…

Daftar Obat Mata Belekan yang Tersedia di Apotik

"Mata belekan yang menyebabkan ketidaknyamanan bisa kamu atasi…

“Strict parents adalah pola asuh otoriter dari orang tua ke anak yang serba melakukan pembatasan dan pengekangan. Pola asuh seperti ini berisiko menyebabkan anak stres, tertekan, dan berpeluang membuat anak jadi pembangkang.”

 

Strict parents adalah pola pengasuhan ketat dari orang tua yang melibatkan berbagai aturan dan pembatasan yang kaku terhadap anak. Kekakuan tersebut dapat berupa perilaku, pilihan, aktivitas, ideologi, hingga rutinitasnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa definisi ketat itu sendiri tidak memiliki ukuran. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti tegas itu sendiri bersifat tetap dan tidak dapat diubah.

Mau tahu lebih jauh mengenai strict parents? Berikut ulasan selengkapnya!

Apa Itu Strict Parents?

Dalam konteks pola asuh, penggunaan tegas juga masih bersifat samar-samar dan subjektif, karena belum ada pedoman formal mengenai pola pengasuhan.

Definisi ketat sendiri berkembang dan cenderung merujuk pada pola asuh yang tidak bisa dinegosiasikan oleh anak, atau dapat dipahami sebagai otoriter.

Meski belum ada definisi formal strict parentstetapi ada beberapa ciri umumnya. Salah satu cirinya adalah aturan ketat yang tidak bisa ditawar oleh anak.

Aturan tersebut mencakup banyak hal mulai dari aktivitas, perilaku, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, aturan yang diterapkan juga tidak bisa ditawar sehingga pergerakan anak semakin dibatasi. 

Menerapkan aturan pada anak adalah hal yang wajar, tetapi orang tua yang terlalu strict akan memberikan aturan yang terkesan berlebihan.

Aturan yang diterapkan oleh orang tua dengan pola asuh demikian biasanya diikuti dengan hukuman tertentu. 

Bentuk hukumannya pun beragam, mulai dari ringan hingga berat. Hukuman yang lebih buruk lagi berupa hukuman fisik.

Kondisi ini membuat anak tidak bebas berekspresi.

Mau tahu lebih jauh mengenai jenis pola asuh? Baca di artikel ini: “Inilah 6 Jenis Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Orangtua”.

Ciri-Ciri Pola Asuh Strict Parents

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri-ciri pola asuh strict parents:

  • Kontrol yang tinggi, ciri-ciri orang tua yang strict adalah meliputi tingkat kontrol yang tinggi terhadap kehidupan anak-anak, termasuk pengawasan terhadap teman-teman dan aktivitas mereka. 
  • Memiliki harapan yang tinggi, orang tua strict sering memiliki harapan yang tinggi terhadap prestasi akademik dan perilaku anak-anak. Mereka mendorong anak-anak untuk selalu berusaha keras dan mencapai potensi terbaik mereka. Ini bertujuan untuk membentuk karakter yang kuat dan disiplin.
  • Kurangnya fleksibilitas, ciri-ciri orang tua ketat termasuk kurangnya fleksibilitas dalam mengubah aturan atau memberikan izin tambahan. Mereka cenderung memegang teguh aturan yang telah ditetapkan tanpa banyak perubahan.
  • Tidak menoleransi kesalahan, orang tua yang strict tidak menoleransi kesalahan dan memberikan hukuman. Orang tua dengan sikap demikian cenderung memberlakukan hukuman atau konsekuensi yang berat ketika anak melakukan kesalahan.
  • Bersikap dingin dan tidak responsif, orang tua jarang menunjukkan empati terhadap perasaan dan kebutuhan anak. Ketika anak merasa sedih, marah, atau bingung, orang tua strict cenderung kurang mampu memahami dan merespons perasaan tersebut.
  • Menggunakan kata-kata kasar dan mempermalukan anak. Bisa jadi orang tua beranggapan dengan bersikap keras ke anak dapat membangun disiplin. Hal ini membuat orang tua strict kerap menggunakan kata-kata kasar dan mempermalukan anak supaya tidak mengulangi lagi kesalahan.
  • Tidak ada ruang berdiskusi buat anak, tujuannya agar anak tidak perlu memberikan pendapat.

Mau tahu lebih jauh mengenai ciri strict parents atau pola asuh otoriter? Baca di artikel ini: “Ibu Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri dan Dampak Pola Asuh Otoriter pada Anak”

Dampak Strict Parents pada Kehidupan Anak

Setiap pola asuh dapat membawa dampak pada kehidupan anak. Begitu juga dengan pola asuh strict yang penuh tekanan ini. Berikut dampaknya:

1. Kepuasan hidup lebih rendah

Pola asuh yang terkesan otoriter ini dapat memengaruhi tingkat kepuasan hidup anak. Anak akan jadi lebih stres dan tertekan sehingga tidak bisa menikmati kehidupannya sehari-haril, karena penuh dengan aturan dan pengawasan penuh dari ayah ibunya. 

Jurnal ilmiah berjudul The power of authoritative parenting: A cross-national study of effects of exposure to different parenting styles on life satisfaction yang dipublikasikan di Children and Youth Services Review, memuat hasil penelitian terhadap remaja usia 14 – 29 tahun di 10 negara di Eropa Tenggara. 

Penelitian tersebut mensurvei bagaimana kehidupan masa kanak-kanak yang diasuh oleh strict parents, berdampak pada kualitas kehidupan remaja di masa depan. 

Menurut hasil studi di atas, anak remaja yang mendapatkan pola pengasuhan “keras” merasa kurang lebih bahagia dan hidup penuh dengan tekanan. 

2. Meningkatnya kecemasan dan depresi

Pola asuh ini bisa membuat anak ketakutan karena takut diberi hukuman atau kritik, bila mereka melakukan kesalahan atau tidak memenuhi ekspektasi orang tua. Hal ini bisa menciptakan ketegangan konstan dan kecemasan.

Anak yang dibesarkan dengan ketat mungkin merasa tidak memiliki ruang untuk mengekspresikan perasaan, pendapat, atau kekhawatiran mereka. Ini bisa membuat mereka merasa terkekang dan tidak dihargai. Baca selengkapnya Pengaruh Pola Asuh Strict Parents Terhadap Karakter Anak.

3. Kesulitan dalam mengambil keputusan

Orang tua yang selalu mengontrol dan mengatur segala sesuatu dalam kehidupan anak, dapat menghambat perkembangan kemampuan anak dalam mengambil keputusan. Anak mungkin tidak diberikan kesempatan untuk memikirkan konsekuensi tindakan mereka sendiri.

4. Tingkat intensitas konflik yang lebih tinggi

Anak-anak yang dibesarkan dengan beberapa aturan keras cenderung memberontak. Alasannya karena anak mungkin merasa bahwa aturan yang ketat yang diterapkan oleh orang tua, tidak adil atau terlalu membatasi kebebasan mereka. 

5. Tidak bisa mengekspresikan diri

Orang tua yang ketat cenderung memiliki aturan yang sangat kaku dan kontrol yang tinggi terhadap anak-anak mereka. Hal ini membuat anak merasa tidak memiliki ruang untuk menyatakan pendapat, perasaan, atau ide mereka sendiri.

Sumber:   Halodoc   . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.