Informasi Kesehatan

Ini 5 Rekomendasi Obat Ginjal yang Ampuh dan Aman di Apotek

obat_pelancar_haid_image_utama1.jpg

Ini 4 Pilihan Obat Batuk untuk Ibu Menyusui di Apotek

“Busui perlu cermat saat memilih obat batuk, tujuannya…

Ini 5 Penyebab Telinga Kiri Berdenging dan Cara Mengobatinya

Tinnitus adalah istilah medis untuk menggambarkan munculnya suara-suara…

Inilah Makanan dan Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Setelah Scaling Gigi

Ada beberapa makanan dan minuman yang boleh dan…

“Masalah pada ginjal menghambat organ dalam membuang kelebihan cairan dan zat asing dari dalam tubuh. Beberapa rekomendasi obatnya, yaitu Batugin Sirup, Prorenal, Lasix, Benoxuric, dan Harnal Ocas.”

Ginjal merupakan dua organ berbentuk kacang yang memiliki fungsi penting yakni menyaring darah. Ginjal adalah organ penting yang merupakan bagian dari sistem saluran kemih.

Ginjal menyaring sekitar 200 liter cairan setiap hari. Selama proses tersebut berlangsung, ginjal akan membuang limbah yang dikeluarkan dari dalam tubuh dalam bentuk urin atau udara seni. Kerusakan pada organ ginjal dapat menghambat proses penyaringan darah dan cairan tubuh. 

Ketika hal tersebut terjadi, kamu bisa mengonsumsi salah satu dari beberapa rekomendasi obat ginjal di bawah ini!

Pilihan Obat Ginjal yang Dijual di Apotek

Ginjal yang berfungsi dengan baik menandakan kesehatan tubuh sedang berjalan dengan normal. Deteksi dini adanya masalah pada organ ini dapat mencegah potensi gangguan yang membahayakan nyawa.

Beberapa pilihan obat ginjal yang tersedia di apotek, antara lain:

1. Sirup Batugin 300ml

Batugin Sirup 300 ml adalah obat herbal yang berfungsi meluruhkan batu ginjal di saluran kemih untuk membantu melancarkan buang air kecil. Tiap 30 ml obat mengandung 3 gram sari daun tempuyung dan 3 gram sari daun kejibeling.

Dosis penggunaannya harus disesuaikan berdasarkan sistem yang mendasarinya. Umumnya 3-4 kali sehari 1  cangkir  untuk terapi, dan 1 kali sehari 1  cangkir  untuk mencegah infeksi.

Penggunaan obat ini perlu disertai dengan konsumsi cairan minimal 2 liter per hari. Hindari pemakaian obat dalam waktu yang lama, simpan di bawah suhu 30 derajat Celsius, serta lindungi dari sinar matahari.

Rentang harga: Rp43.100 – Rp64.200 per botol .

2. Prorenal 10 Tablet

Batugin Sirup 300 ml adalah obat ginjal yang diminum sebagai terapi insufisiensi ginjal kronis. Pengidap kondisi ini akan mengalami penurunan fungsi ginjal yang berjangka-angsur selama periode waktu tertentu.

Dosis pemakaian obat akan tergantung pada berat badan dan kondisi kesehatan pengidapnya. Umumnya 4-8 tablet 3 kali sehari untuk orang dewasa dengan berat badan 70 kg.

Prorenal sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan makanan dan telan secara utuh. Penuhi juga kecukupan kalori tubuh selama penggunaan obat dan  pemantauan  kadar kalsium serum secara berkala.

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter.

Rentang harga: Rp90.000 per strip .

3. Lasix 40 mg 10 Tablet

Lasix 40 mg adalah obat ginjal berisi 10 tablet yang mengandung furosemide. Furosemide adalah obat golongan loop diuretik atau diuretik kuat yang bekerja dengan meningkatkan jumlah urin yang keluar dari ginjal. 

Lasix bekerja pada glomerulus ginjal dengan menghambat penyerapan kembali zat natrium oleh sel tubulus ginjal, sehingga terjadi peningkatan pengeluaran udara, natrium, klorida, dan kalium tanpa mempengaruhi tekanan darah normal. 

Lasix bisa dikonsumsi sebagai terapi tunggal atau dikombinasikan dengan antihipertensi lain. Obat bisa diminum sebelum atau sesudah makan, juga dapat diberikan bersama makanan untuk mencegah gangguan pencernaan.

Rentang harga: Rp88.600 per strip .

4. Benoxurik 300 mg 10 Tablet

Benoxuric 300 mg berisi 10 tablet yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Cara kerjanya dengan menghambat enzim xanthine oksidase, sehingga dapat menghambat pembentukan asam urat dan sintesis purin. 

Enzim xanthine oksidase adalah enzim yang bertanggung jawab untuk mengoksidasi suatu zat alami dalam tubuh bernama hypoxanthine untuk menjadi xanthine, kemudian menjadi asam urat. 

Benoxuric adalah obat ginjal yang diminum setelah makan. Hindari penggunaan obat pada ibu hamil karena dapat meningkatkan potensi masalah kehamilan dan membahayakan janin dalam kandungan.

Rentang harga: Rp41.500 – Rp45.600 per strip .

5. Harnal Ocas 0,4 mg 10 Tablet

Rekomendasi obat ginjal yang terakhir datang dari merek Harnal Ocas 0.4 mg yang berisi 10 tablet. Di dalamnya mengandung tamsulosin HCl yang merupakan golongan alpha-adrenoreseptor antagonis.

Harnal Ocas bekerja dengan merelaksasi otot-otot di prostat dan uretra, sehingga membuat urine lebih mudah dikeluarkan. Penggunaan umumnya sebanyak 0,5-1 tablet per hari sebelum atau setelah makan.

Rentang harga: Rp232.000 per strip .

 

sumber: Halodoc . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna