Informasi Kesehatan

3 Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda

images14.jpg

Selulit Bisa Disebabkan dari Genetik, Ini Fakta Medisnya

Selulit adalah kondisi yang menyebabkan muncul garis atau gelombang…

Jarang Piknik Dapat Sebabkan Nature Deficit Disorder

"Nature deficit disorder adalah istilah untuk menggambarkan kurangnya…

Diabetes karena Faktor Genetik, Ini Cara Mengatasinya

Diabetes memang identik dengan penyakit yang menyerang orangtua. Kondisi…

“Meski masih muda, kamu tetap perlu berhati-hati terhadap penyakit jantung. Pasalnya, ada beberapa kebiasaan yang membuat kamu rentan mengalaminya di usia muda, salah satunya kebiasaan merokok.” 

Jantung adalah bagian vital bagi semua orang dan perlu dijaga kesehatannya. Jika tidak dijaga kesehatannya, organ untuk memompa darah ke seluruh tubuh ini dapat sakit. Gangguan pada jantung tentunya tidak dapat dianggap sepele, karena dapat berakibat fatal hingga kematian. Maka dari itu, kamu perlu memastikan organ ini terjaga dengan baik.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit jantung. Dengan mengetahui ini, kamu bisa menghindarinya agar jantung tetap sehat. Bahkan, penyakit jantung tidak memandang usia seseorang, tua atau muda dapat mengalaminya. 

Mau tahu apa saja penyebab sakit jantung di usia muda? Cari tahu jawabannya di artikel ini!

Penyebab Sakit Jantung yang Sering Terjadi pada Anak Muda

Sakit jantung adalah istilah yang menggambarkan beberapa kondisi yang tidak menyehatkan pada jantung. Salah satu penyakit jantung yang umum terjadi adalah penyakit arteri koroner. 

Gangguan ini memengaruhi aliran darah ke jantung. Penurunan aliran darah ini yang dapat menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung.

Nah, serangan jantung adalah masalah yang terjadi akibat aliran darah ke jantung tersumbat. 

Penyumbatan ini paling sering terjadi akibat penumpukan zat tertentu yang membuat timbunan plak pada arteri koroner. Beberapa zat tersebut seperti lemak, kolesterol, dan lainnya.

Itu sebabnya untuk pengobatan sakit jantung biasanya tergantung dari penyebab penyakit jantung itu sendiri. Namun, ada beberapa pengobatan yang biasanya diresepkan seperti clopidogrel, fenofibrate, hingga furosemide.

Namun, pastikan tidak mengonsumsinya sembarangan. Kamu perlu konsultasi dulu dengan dokter spesialis jantung di Halodoc.

Segala penyakit pada jantung ini dapat menyerang siapa saja tanpa melihat usia. Ternyata, ada beberapa faktor penyebab sakit jantung yang dapat membuat seseorang lebih rentan untuk mengalaminya. Apa saja ya kira-kira?  

Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit jantung di usia muda, yaitu: 

1. Kebiasaan Merokok

Salah satu penyebab sakit jantung di usia muda yang paling tinggi risikonya karena kebiasaan merokok. Sebenarnya, kebiasaan buruk ini adalah satu-satunya hal yang dapat dicegah.

Orang dewasa yang terbiasa merokok dapat melipatgandakan peluang terhadap serangan jantung dibandingkan yang tidak merokok. Maka dari itu, pastikan kamu menghindari kebiasaan buruk ini untuk kesehatan diri sendiri.

2. Faktor Genetik

Penyebab sakit jantung di usia muda adalah adanya faktor genetik yang disebut dengan hiperkolesterolemia familial. Gangguan ini berkontribusi pada tingkat kolesterol yang berlebih, bahkan di atas 190 mg. Seseorang yang lahir dengan kondisi ini telah mengidap kolesterol tinggi sejak kecil.

Salah satu gangguan yang dapat terjadi akibat kolesterol tinggi adalah aterosklerosis. Jika masalah ini terjadi pada jantung dan tidak segera diobati, maka risiko untuk alami serangan jantung lebih tinggi. Seseorang dengan kondisi ini juga perlu rutin untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kadar kolesterol tetap aman.

3. Depresi

Perlu kamu ketahui jika mental seseorang juga dapat memengaruhi fisiknya. Seperti halnya depresi yang dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit jantung di usia muda. Depresi dapat melepaskan hormon stres dan meningkatkan bahan kimia inflamasi yang dapat menyebabkan penyempitan arteri.

Seseorang yang mengalami depresi dapat memengaruhi gaya hidupnya. Orang tersebut menjadi makan tidak terkendali, malas berolahraga, dan bahkan gemar mengonsumsi alkohol.

Jika kamu mengalami masalah mental, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan sebelum mengalami sakit jantung yang dapat membahayakan kesehatan atau bahkan nyawa.

Itulah beberapa penyebab sakit jantung di usia muda. Dengan mengetahui segala penyebabnya, kamu dapat menghindari faktor yang dapat meningkatkan risikonya.

Meski tidak semua faktor dapat dihindari, tapi sebisa mungkin lakukan yang terbaik. Jangan pernah menyianyiakan kesehatan tubuh agar memiliki umur yang panjang. 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurn