Informasi Kesehatan

Fakta Seputar Manfaat Jahe untuk Asam Lambung

jahe1.jpg

Mengungkap Fakta di Balik Bahaya Piring Melamin

Kabar yang beredar seputar bahaya piring melamin memang…

10 Fakta tentang Hormon Dopamin

Hormon dopamin adalah senyawa kimia di otak yang…

Dampak Negatif Kebiasaan Minum Alkohol pada Fungsi Ginjal

Kebiasaan minum alkohol berdampak pada banyak bagian tubuh,…

Penggunaan jahe untuk asam lambung hingga kini masih menjadi perdebatan. Sebagian orang menilai hal ini hanyalah mitos, tetapi banyak juga orang yang mengklaim bahwa jahe efektif untuk mengatasi asam lambung. Jadi, manakah yang benar?

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan. Padahal, setelah makan, cairan ini harusnya berada di dalam lambung untuk mencerna makanan dan minuman.

Penyakit asam lambung bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Gejalanya pun beragam, mulai dari rasa perih atau nyeri di dada dan ulu hati (heartburn), mual, muntah, sakit tenggorokan, hingga suara serak

Selain minum antasida, ada cara lain yang diklaim mampu meredakan asam lambung. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi tanaman herbal, seperti jahe.

Fakta Medis terkait Penggunaan Jahe untuk Asam Lambung

Jahe telah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Pendapat yang menyatakan bahwa jahe untuk asam lambung terbilang ampuh bukan tanpa alasan.

Hal ini didukung oleh sejumlah riset menunjukkan bahwa jahe dapat meredakan mual, muntah, sakit tenggorokan, sakit perut, dan nyeri ulu hati akibat asam lambung. Bahkan, manfaat jahe untuk asam lambung dikatakan tidak kalah dengan khasiat obat-obatan GERD.

Berikut adalah cara kerja jahe dalam mengatasi penyakit asam lambung:

Mengurangi peradangan di lambung

Asam lambung bisa meningkat saat lambung mengalami peradangan. Ketika hal ini terjadi, lambung bisa mengalami iritasi dan timbulah gejala. Beberapa studi menemukan bahwa jahe memiliki sifat antioksidan dan antiradang sehingga dapat meredakan peradangan di lambung dan mengurangi produksi asam lambung.

Mengurangi asam lambung naik ke tenggorokan

Zat antioksidan yang terdapat pada jahe, seperti fenolik dan flavonoid, diketahui bisa membuat otot-otot di dinding lambung menjadi lebih rileks. Berkat efeknya yang satu ini, jahe dapat mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Jadi, manfaat jahe untuk asam lambung ternyata bukan sekadar mitos, ya. Anda bisa mencoba menggunakan tanaman rimpang ini sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi GERD dan sakit maag.

Namun, ingat. Ketika gejala GERD kambuh, Anda juga perlu merubah pola makan dan menghindari makanan pemicu asam lambung, berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, makan teratur, dan kurangi stres, untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait penggunaan jahe untuk asam lambung, Anda bisa berkonsutasi dengan dokter. Selain itu, apabila gejala penyakit asam lambung atau maag yang Anda alami tidak kunjung membaik meski sudah diatasi dengan jahe, periksakan diri dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

 

Sumber: alodokter.com

 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di KLINIK PELITA SEHAT; klinik BPJS Bogor, klinik terfavorit kleuarga, klinik terbaik di Bogor, klinik terakreditasi paripurna, faskes, faskes primer. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.