Informasi Kesehatan

Pernahkah Kalian Bertanya Mengapa Para Dokter Bedah Memakai Pakaian Berwarna Hijau Atau Biru?

bedah-696x4621.jpg

Bayi Merangkak Mundur, Normal atau Tidak?

Melihat bayi merangkak mundur mungkin membuat Bunda merasa…

Peduli Mata Sehat, Ini Bedanya Mata Minus dan Mata Silinder

"Mata minus maupun silinder menjadi gangguan kesehatan yang…

Ketahui Fungsi Penting Usus Besar dalam Sistem Pencernaan

“Usus besar bagi sistem pencernaan manusia memiliki fungsi…

Pernahkah terlintas dibenak kalian BogorNetizen, kenapa sih dokter bedah memakai pakaian berwarna hijau atau biru? Padahal kan dokter identik dengan pakaian serba putih yang menggambarkan kebersihan ya.

Lalu apa ya alasannya? Tentu saja di ruang operasi pasti darah akan berada dimana – mana. Hal itu diakibatkan dari pembedahan yang dilakukan tim medis terhadap tubuh pasien. Nah, warna darah itu berwarna merah gelap, kan? Terdapat penjelasan, nih, antara merah dan putih.

Kalau misalkan para pembedah menggunakan baju berwarna putih, sedangkan dokter utama yang sedang membedah dan melihat darah kemudian langsung melihat dokter lain yang mengenakan pakaian putih, hal itu bisa menyebabkan “kebutaan” sementara kepada dokter utama yang fokus melihat darah.

Hijau dan biru adalah warna yang dianggap berseberangan dengan warna merah. Karena itulah, warna hijau dan biru dari pakaian mereka nggak cuma meningkatkan kualitas penglihatan para pembedah, namun juga bisa membuat para pembedah bisa lebih membedakan warna – warna merah yang berbeda, seperti merah tua atau merah muda.

Jadi intinya sih penggunaan pakaian berwarna hijau dan biru akan membuat para pembedah lebih “Awas” dengan badan pasien, dan hal ini tentu saja akan mengurangi kesalahan yang terjadi di dalam proses operasi. Sekarang Bogor Netizen sudah tau kan kenapa para dokter bedah memakai pakaian dengan warna itu tidak warna lain?

 

source : bogor. net