Informasi Kesehatan

7 Tanda Darah Tinggi yang Harus Diketahui Semua Orang

583729974.jpg

Cek darah untuk deteksi penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah suatu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh…

Lambung Terasa Tidak Nyaman, Hati-Hati Pertanda Dispepsia

“Jika lambung terasa tidak nyaman, kemungkinan gejala penyakit…

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Saraf Kejepit

“Saraf kejepit bukan hanya memicu ketidaknyaman, tapi rasa…

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit yang perlu kamu waspadai. Pasalnya, penyakit ini sering kali tidak menunjukkan gejala serius. Kamu bisa tidak menyadari bahwa tubuh sudah terserang penyakit satu ini sampai kemudian menyebabkan komplikasi. Cara untuk mengetahui tekanan darah dengan melakukan pengukuran.

Caranya dengan menghitung berapa banyak darah yang melewati pembuluh darah dan jumlah resistensi yang dipenuhi darah saat jantung memompa. Arteri yang sempit meningkatkan resistensi. Jadi, semakin sempit arteri maka semakin tinggi tekanan darah seseorang. Pada jangka waktu yang panjang, peningkatan tekanan menyebabkan masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung. 

Gejala Hipertensi

Tekanan darah tinggi umumnya berkembang selama bertahun-tahun, dan akhirnya memengaruhi hampir semua orang. Untungnya, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah dideteksi.

Sementara itu, beberapa gejala hipertensi yang perlu kamu ketahui adalah:

  • Pusing;
  • Sakit kepala;
  • Sesak napas;
  • Mimisan;
  • Sakit dada;
  • Perubahan visual seperti penglihatan tampak buram;
  • Adanya darah dalam urine.

Gejala-gejala di atas memang tidak terjadi pada semua orang yang mengidap hipertensi, tetapi mereka harus segera ditangani oleh ahli medis. Jangan menunda pemeriksaan jika gejala-gejala di atas karena bisa berakibat fatal.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kamu tengah mengidap hipertensi adalah dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur. Apalagi jika kamu memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit ini. Pemeriksaan harus rutin dilakukan untuk mencegah komplikasi. 

Pengobatan Alami Atasi Hipertensi

Perubahan gaya hidup sehat adalah hal yang disarankan untuk mengendalikan faktor-faktor penyebab hipertensi. Berikut ini pengobatan rumahan yang paling umum.

  • Mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Diet sehat untuk jantung dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini penting untuk mengelola tekanan darah agar berada dalam batas aman sehingga bisa mengurangi risiko. Beberapa perubahan pola makan yang disarankan, yaitu mengurangi daging merah dan menggantinya dengan makanan nabati seperti sayur, buah, dan biji-bijian; mengurangi makanan tinggi garam, dan mengurangi makanan atau minuman manis.
  • Meningkatkan aktivitas fisik. Untuk mencapai berat badan yang sehat, maka kamu harus lebih aktif secara fisik. Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga membantu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah secara alami, dan memperkuat sistem kardiovaskular. Jadi, lakukanlah aktivitas fisik minimal 30 menit sebanyak lima kali seminggu.
  • Kelola stres. Olahraga adalah cara terbaik untuk mengelola stres. Jika kamu mampu mengelola stres, maka dapat menurunkan risiko alami tekanan darah tinggi. Sementara itu, hal untuk membantu mengurangi stres adalah meditasi, mengatur pernapasan, pijat, relaksasi otot, yoga atau tai chi. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membantu mengurangi tingkat stres.
  • Mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dan bersih. Jika kamu seorang perokok, cobalah untuk berhenti. Zat kimia dalam asap tembakau merusak jaringan tubuh dan mengeraskan dinding pembuluh darah sehingga memicu tekanan darah tinggi. Sementara itu, jika kamu secara teratur mengonsumsi alkohol terlalu banyak atau memiliki ketergantungan alkohol, segera kurangi konsumsinya. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Imbangi pola makan sehat dengan gaya hidup yang teratur setiap harinya. 

 

Sumber: alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.