Informasi Kesehatan

Penuh Gizi, Ini 11 Manfaat Kacang Hazelnut bagi Tubuh

kacang-hazelnutjpg-20220306020537.jpg

Ketahui 9 Manfaat Scallop yang Menjadi Sumber Protein

“Pencinta makanan laut alias seafood tentu sudah tak…

Ini 5 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Pengidap Anemia saat Berbuka

“Pengidap anemia dapat menjalankan puasa, tapi tetap harus…

12 Manfaat Telur Puyuh yang Jarang Diketahui

Manfaat telur puyuh diperoleh dari kandungan proteinnya yang…

“Kacang hazelnut adalah salah satu makanan yang kerap dikonsumsi saat diet dan menyehatkan. Beberapa manfaat dari kacang ini, antara lain meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker.”

Kacang hazelnut adalah makanan dengan rasa yang manis dan renyah, serta biasa dikonsumsi saat seseorang sedang diet. Makanan sehat ini dapat dikonsumsi secara mentah, dipanggang, atau bahkan diolah menjadi pasta.

Kacang ini sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam makanan saat diet karena rendah kalori. Selain itu, ada banyak juga manfaat saat mengonsumsi makanan ini secara rutin.

Kandungan Gizi Kacang Hazelnut

Kacang hazelnut menjadi salah satu jenis kacang yang mengandung nutrisi cukup baik untuk kesehatan. Berikut kandungan dalam 18 gram kacang hazelnut, yaitu:

  • Kalori: 176.
  • Lemak: 17 gram.
  • Protein: 4,2 gram.
  • Karbohidrat: 4,7 gram.
  • Serat: 2,7 gram.
  • Vitamin E: 21 persen kebutuhan harian.
  • Tiamin: 12 persen kebutuhan harian.
  • Tembaga: 24 persen kebutuhan harian.
  • Mangan: 87 persen kebutuhan harian.

Hazelnut juga mengandung vitamin B6, folat, fosfor, potasium, dan zink yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, jenis kacang ini memiliki lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Hazelnut juga mengandung asam lemak omega-6 dan omega-9 dalam jumlah yang baik seperti asam oleat.

Apa Manfaat dari Kacang Hazelnut?

Begitu banyaknya kandungan nutrisi dalam hazelnut, membuat kacang ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah manfaatnya untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Nutrisi ini telah terbukti dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan jantung, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kacang hazelnut juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif. Hal ini sangat baik dalam menurunkan hipertensi. Dengan begitu, kolesterol dan peradangan berkurang yang membuat jantung tetap sehat.

Sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Lipidology, melakukan studi selama satu bulan untuk mengamati 21 orang peserta dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi. 

Mereka mengonsumsi 18 hingga 20 persen total asupan kalori harian dari hazelnut. Hasilnya, kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol jahat dalam tubuh berkurang. 

Dengan berkurangnya kadar kolesterol jahat dan trigliserida, maka kondisi kesehatan jantung juga akan menjadi lebih optimal.

2. Mengurangi risiko kanker

Kacang ini mengandung mangan superoksida dismutase, salah satu enzim antioksidan. Kandungan ini dapat membantu dalam mengurangi stres oksidatif, serta menurunkan risiko terkena kanker.

Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya dapat membantu dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan penyebab kanker.

Kacang ini kaya akan kandungan proanthocyanidins, senyawa kimia yang membantu dalam mengurangi risiko kanker. Bahkan, pada beberapa penelitian, kandungan ini dapat mencegah hingga mengobati jenis kanker pada hewan.

3. Melancarkan pencernaan

Kacang ini merupakan sumber serat yang baik, sehingga pencernaan jadi lebih sehat. Beberapa manfaat terkait pencernaan, yaitu mendorong buang air besar secara teratur dan mencegah sembelit.

Alasannya, hazelnut kaya akan kandungan serat. Pada 28 gram kacang-kacangan ini, terkandung sekitar 2,7 gram serat makanan. Angkal ini dapat mencukupi sebagian kebutuhan harian yang per harinya sebesar 25-30 gram.

4. Menurunkan berat badan

Suatu penelitian menyebut jika seseorang yang mengonsumsi kacang, risiko alami obesitasnya lebih rendah karena manfaat penurunan berat badan. 

Seseorang yang lebih banyak makan kacang cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan daripada yang tidak. Maka dari itu, cobalah untuk makan kacang secara rutin.

5. Meningkatkan sensitivitas insulin

Kacang ini juga disebut-sebut mampu membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Disebutkan jika peningkatan sensitivitas pada insulin sangat baik dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2.

6. Mengurangi peradangan

Manfaat lainnya dari mengonsumsi kacang ini adalah mampu membantu tubuh dalam meredakan peradangan. Sebuah penelitian menyebut jika seseorang yang mengonsumsi kacang ini, tanda-tanda peradangan dalam tubuh terlihat berkurang. Namun, penelitian lanjutan masih harus terus dilakukan untuk memastikannya.

7. Menurunkan kolesterol

Jurnal Nutrients menemukan bahwa diet kaya hazelnut terkait dengan penurunan LDL dan kolesterol total dengan kadar kolesterol HDL, trigliserida, serta indeks massa tubuh yang stabil.

Dengan mengontrol kadar kolesterol, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyebabkan gangguan kesehatan jantung.

8. Meningkatkan kualitas sperma

Mengonsumsi kacang ini juga bisa meningkatkan kualitas sperma pria. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang tersebut.

9. Mengoptimalkan kesehatan otak

Kandungan folat, mangan, vitamin E, dan asam lemak dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif. Mengonsumsi banyak jenis kacang juga bisa membantu meningkatkan produksi serotonin sehingga meningkatkan suasana hati.

10. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi kacang hazelnut bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian dalam European Journal of Nutrition menghasilkan kelompok yang mengonsumsi kacang lebih banyak lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kelebihan berat badan.

11. Mencegah kerusakan sel

Hazelnut kaya akan kandungan antioksidan yaitu senyawa yang melindungi oksidasi sel. Kandungan senyawa tersebut mampu mengurangi tingkat kerusakan sel dari paparan paparan radikal.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kacang hazelnut secara rutin bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memasukkan makanan ini ke menu diet, agar mendukung keberhasilannya dan juga mendapatkan segala manfaat kesehatan yang telah disebutkan.

Efek Samping Mengonsumsi Hazelnut Berlebihan

Meskipun menyehatkan, tetapi pastikan kamu tidak memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan atau kacang. Sebab, kacang jenis ini bisa menyebabkan alergi jika pengonsumsiannya berlebihan.

Ada beberapa gejala yang perlu kamu waspadai terkait dengan alergi kacang hazelnut, seperti:

  • Gatal pada bagian mulut, bibir, kulit, hingga mata.
  • Nyeri perut hingga diare.
  • Napas menjadi lebih pendek hingga kesulitan bernapas.
  • Hidung berair.

Segera temui dokter umum untuk mendapatkan penanganan yang tepat terkait dengan gejala alergi yang kamu alami.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna