Informasi Kesehatan

Bisakah Seseorang Sembuh Total usai Operasi Tumor Otak?

Operasi-tumor-otak.jpg

Ini Gejala Teratoma, Tumor Langka Berisi Organ

“Teratoma merupakan kanker yang unik karena bisa membentuk…

"Operasi tumor otak bisa menjadi salah satu opsi untuk menyembuhkan tumor. Peluang sembuh total usai menjalani tindakan ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor."

Operasi tumor otak adalah prosedur bedah yang bisa dokter lakukan untuk mengangkat atau mengurangi tumor yang tumbuh di otak. Tujuan dari operasi ini adalah untuk mengurangi gejala yang akibat tumor, mengurangi tekanan pada jaringan otak, mengembalikan fungsi otak, dan memperpanjang harapan hidup.

Beberapa orang mungkin bertanya, apakah tumor otak bisa sembuh sepenuhnya melalui operasi? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini!

Bisakah Sembuh Total dengan Operasi Tumor Otak?

Kemungkinan sembuh total dari operasi ini tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis dan stadium tumor, lokasinya, serta respons individu terhadap pengobatan. 

Meskipun tindakan ini sangat membantu mengangkat atau mengurangi tumor, tidak semua tumor otak bisa sembuh total melalui operasi tunggal. Beberapa tumor yang lebih agresif atau berada pada lokasi tak terjangkau kemungkinan perlu kamu kombinasikan dengan perawatan lain, seperti radioterapi atau kemoterapi.

Perlu kamu ketahui bahwa tumor otak adalah kondisi yang kompleks dan perawatannya harus menyesuaikan dengan setiap kasus individu. Konsultasi dengan tim medis dan analisis menyeluruh perlu juga amat menentukan hasil operasi ini dan potensi kesembuhan total.

Namun, semakin dini stadium tumor otak adalah satu hal yang menentukan keberhasilan operasi. Oleh sebab itu, Kenali Gejala Stadium Awal Kanker Otak lebih lanjut.

Pilihan Pengobatan Selain Operasi Tumor Otak

Selain operasi, ada pun pilihan pengobatan lain untuk menyembuhkan tumor otak. Contohnya seperti:

1. Radioterapi

Radioterapi adalah tindakan terapi menggunakan sinar-x atau partikel energi tinggi lainnya untuk menghancurkan sel-sel tumor atau menghambat pertumbuhannya. Perawatan ini bisa kamu lakukan sebelum atau setelah operasi untuk mengurangi ukuran tumor, menghancurkan sisa tumor setelah operasi, atau sebagai pengobatan utama jika operasi tidak memungkinkan.

2. Kemoterapi

Perawatan ini melibatkan penggunaan obat-obatan khusus untuk menghancurkan sel-sel tumor. Pemberian obat kemoterapi dapat melalui infus intravena atau melalui pil. Terapi ini bisa kamu gunakan sebagai pengobatan utama atau mengkombinasikannya dengan operasi dan radioterapi.

3. Targeted therapy

Terapi yang ditargetkan adalah penggunaan obat-obatan yang dirancang untuk menargetkan mutasi atau perubahan genetik spesifik dalam sel-sel tumor. Obat ini dapat mempengaruhi jalur pertumbuhan dan kelangsungan hidup sel-sel tumor tanpa merusak jaringan sehat di sekitarnya.

4. Imunoterapi

Imunoterapi bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan tumor. Caranya dengan memberikan obat-obatan yang merangsang respons kekebalan tubuh atau menggunakan modifikasi sel-sel imun secara genetik untuk melawan tumor.

5. Pengobatan simptomatik

Jenis pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi gejala akibat tumor otak, seperti pengobatan nyeri, perawatan kejang, pengobatan edema otak dan terapi rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi yang terpengaruh.

Keputusan mengenai pengobatan tumor otak harus berdasarkan jenis tumor, lokasi, ukuran, dan faktor-faktor individu lainnya. Diskusikan dengan tim medis yang terlatih untuk menentukan pendekatan pengobatan yang paling sesuai dalam kasus spesifik.

Itulah informasi seputar operasi tumor otak yang perlu kamu ketahui.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna