Informasi Kesehatan

Mengenal Olahraga Diving, Jenis, dan Persiapannya

menyelam.jpg

Ini 5 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Radang Sendi

“Radang sendi membuat pergerakan pengidapnya terbatas, namun berolahraga…

Mengenal Beda Olahraga Hiking dan Trekking serta Manfaatnya

“Walaupun sama-sama dilakukan di alam, hiking dan trekking…

Kalian harus coba Terapi Lumba-Lumba yang lucu sekaligus sehat

Tujuan Terapi Lumba-Lumba Mamalia laut ini dipercaya dapat…

“Olahraga diving adalah kegiatan menyelam bawah laut untuk menyaksikan keindahan alam di bawah sana. Ada banyak jenis diving antara lain free diving, night diving, cave diving, dan ice diving.”

Olahraga diving adalah kegiatan menyelam di bawah air dengan atau tanpa menggunakan peralatan. Selain untuk berolahraga, diving juga dapat dilakukan untuk penelitian atau berekreasi dengan melihat pemandangan bawah laut.Selain harus memiliki kemampuan menyelam, kamu juga memerlukan beberapa peralatan khusus, seperti baju menyelam, kaki katak, kacamata renang hingga alat bantu pernapasan. Namun, tidak semua jenis diving memerlukan alat bantu pernapasan seperti tabung oksigen.

Jenis-Jenis Olahraga Diving

Ada berbagai jenis olahraga diving, mulai dari free diving hingga ice diving. Nah,  berikut ulasan selengkapnya! 

1. Free diving

Free diving adalah jenis olahraga menyelam dimana kamu hanya perlu menggunakan kaki katak, kacamata renang dan mengenakan baju renang saja. Jenis diving yang satu ini umumnya dilakukan di perairan yang tidak terlalu dalam dan ditemani oleh instruktur supaya lebih aman. 

2. Open water diving

Jenis diving ini juga bertujuan untuk rekreasi. Penyelam dibiarkan menyelam di perairan terbuka, yaitu jauh dari garis pantai sampai tengah laut. Namun, kegiatan ini tetap perlu diawasi oleh instruktur agar penyelam tidak terbawa arus laut. 

3. Drift diving

Jenis diving yang satu ini memungkinkan penyelam untuk mengikuti arus laut yang mengalir di sekitarnya. Alhasil, penyelam lebih cepat sampai di lokasi penyelaman tanpa perlu mengeluarkan banyak energi karena tubuh dibiarkan terbawa arus. 

Sensasi drift diving amat berbeda dengan jenis menyelam lainnya. Sebab, kamu akan merasa seperti terbang saat tubuh mengikuti arus. Namun, penting untuk memeriksa kondisi arus dan ombak untuk memastikan keamanan selama menyelam. 

4. Night diving

Kegiatan menyelam umumnya dilakukan pada siang atau sore hari. Nah, night diving adalah kegiatan yang unik karena dilakukan khusus malam hari. Biasanya, tujuan dilakukannya night diving untuk meneliti suasana bawah laut di malam hari.

Pemandangan bawah laut pada malam hari sangatlah berbeda dengan waktu lainnya. Penyelam juga melihat bintang-binatang laut laut yang hanya keluar di malam hari. Perlengkapan yang dibutuhkan tentunya juga berbeda. Penyelam membutuhkan senter atau obor bawah air agar bisa melihat pemandangan bawah laut lebih jelas. 

5. Cave diving

Cave diving adalah kegiatan menyelam di bawah cave atau goa. Diving di area goa tidaklah mudah dan butuh keahlian khusus. Sebab, goa memiliki rentang gerak yang  terbatas jika dibandingkan lautan dan danau. 

6. Deep diving

Deep diving adalah kegiatan menyelam lainnya yang lebih menantang. Kegiatan ini dilakukan pada kedalaman 18 meter hingga 30 meter di bawah permukaan air. Menimbang risikonya, hanya penyelam profesional saja yang diperbolehkan untuk melakukan deep diving.

Selama melakukan deep diving, penyelam tidak hanya melihat hewan dan tanaman laut, tetapi juga bangkai kapal sampai binatang laut yang hanya tinggal di kedalaman tertentu.

7. Wreck diving

Wreck diving adalah salah satu jenis deep diving. Bedanya, kegiatan ini dikhususkan untuk menjelajah bangkai-bangkai kapal yang sudah karam di dasar laut.

8. Ice diving

Ice diving adalah kegiatan menyelam di dalam laut atau danau selama musim dingin. Teknik yang digunakan pastinya berbeda dengan menyelam pada umumnya. Penyelam perlu melubangi es terlebih dahulu dengan gergaji. 

Setelah dilubangi, suhu di bawah air perlu diperiksa terlebih dahulu. Setelah itu, penyelam memasang kit harness khusus untuk menyelam. Dibanding semua jenis diving, ice diving punya risiko yang paling tinggi. Sebab, bagian permukaan airnya pasti tertutupi air es dan penyelam  harus menyelam di air yang sangat dingin. 

 

 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.