Informasi Kesehatan

Ini Langkah Pengobatan Caput Succedaneum pada Bayi

unnamed4.jpg

Berat Badan Kurang pada Si Kecil, Terus Pantau Asupan Gizinya

Berat badan kurang pada anak atau underweight harus diwaspadai karena…

Ibu, Ketahui Berat Badan Ideal Anak Berdasarkan Umurnya

  “Tiap anak akan tumbuh dengan waktu dan…

Benarkah Makanan Manis Bisa Memicu Diabetes pada Anak?

Makanan manis sering dikaitkan dengan penyakit diabetes. Hal…

"Pengobatan caput succedaneum berfokus memberikan perawatan kepada Si Kecil. Contohnya dengan merawat kulit kepala Si Kecil, mengenakannya topi dan menghindari tekanan pada bagian kepala."

 Caput succedaneum terjadi ketika pembengkakan (edema) yang menyerang kulit kepala bayi baru lahir. Walaupun kondisi ini tidak membahayakan, ibu perlu mengetahui langkah-langkah pengobatannya.

Sebenarnya, kondisi ini tak perlu pengobatan khusus karena bisa mereda dengan sendirinya. Namun, ibu tetap perlu memberikan perawatan agar Si Kecil tetap merasa nyaman dan membantu proses pemulihan.

Pengobatan Caput Succedaneum

Ketahui berbagai perawatan untuk mengatasi caput succedaneum pada bayi:

1. Pemantauan medis

Langkah pertama dalam pengobatan caput succedaneum adalah pemantauan dan pengamatan oleh tenaga medis.

Dokter atau perawat akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap bayi untuk memastikan bahwa kondisi tersebut benar-benar caput succedaneum dan bukan kondisi lain yang memerlukan penanganan khusus. 

Pemantauan medis juga memungkinkan penilaian terhadap sejauh mana pembengkakan dan perubahan warna kulit, serta apakah ada tanda-tanda ketidaknyamanan atau iritasi pada bayi.

2. Perawatan kulit yang tepat

Langkah perawatan lainnya adalah memastikan kebersihan kulit bayi.

Orang tua perlu menjaga kebersihan area yang terkena dengan membersihkannya secara lembut menggunakan air hangat dan sabun bayi yang ringan. 

Penggunaan produk yang terlalu kuat atau beraroma keras dapat mengiritasi kulit bayi, sehingga sebaiknya dihindari.

Setelah membersihkan area tersebut, pastikan untuk mengeringkannya dengan handuk bersih dan lembut.

3. Hindari mengenakan alat penekan

Penting untuk menghindari penggunaan alat penekan atau pembalut yang dapat memberikan tekanan tambahan pada kepala bayi. 

Caput succedaneum cenderung sembuh dengan sendirinya, dan tekanan tambahan dapat memperburuk kondisi atau menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi. 

Seiring berjalannya waktu, pembengkakan dan penumpukan cairan di bawah kulit kepala akan berkurang secara alami.

Meski pantang menggunakan alat penekan, ibu tetap boleh mengenakan topi pada Si Kecil. Asalkan, bahan topi tersebut lembut dan tidak menimbulkan tekanan.

4. Mengenakan topi

Topi dapat membantu melindungi kepala bayi dan mencegah tekanan tambahan dari benda-benda di sekitarnya.

Meskipun caput succedaneum umumnya tidak memerlukan pembalutan khusus, menggunakan topi dapat membantu melindungi area tersebut dan memastikan kenyamanan bayi.

Topi juga dapat membantu menjaga kelembaban dan melindungi kulit yang mungkin lebih rentan pada area tersebut

5. Memastikan kebersihan bayi secara menyeluruh

Selain langkah-langkah pengobatan konkret, memberikan perhatian dan kebersihan yang terus-menerus pada bayi sangat penting. 

Hal ini mencakup menjaga kebersihan area popok, membersihkan wajah dan tubuh bayi secara rutin, serta memastikan bahwa bayi mendapatkan nutrisi yang cukup. 

Kebersihan dan perawatan yang baik dapat membantu menjaga kesehatan bayi secara keseluruhan.

6. Hindari menekan bagian kepala

Caput succedaneum disebabkan oleh tekanan selama persalinan. Oleh sebab itu, hindari memberikan tekanan pada bagian kepala bayi agar pembengkakan tidak semakin parah.

Saat menggendong bayi, perhatikan posisinya agar kepalanya tidak tertekan. Tidak menambah tekanan juga bisa membantu mempercepat proses pemulihan.

Itulah informasi seputar pengobatan caput succedaneum yang perlu ibu ketahui. 

 

Sumber:   Halodoc   . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.