Informasi Kesehatan

Catat, Ini Cara Penggunaan Elsiron yang Aman

X-Efek-Samping-Penggunaan-Steroid-Jangka-Panjang.jpg

Abilify

Deskripsi Abilify Abilify (aripiprazole) adalah obat yang bekerja…

Selaput Dara Robek, Ketahui Penyebab dan Tandanya

Selaput dara robek walaupun belum pernah berhubungan seksual merupakan hal yang…

Begini 7 Cara Ampuh untuk Mengatasi Mata Merah

“Mata merah tentunya membuat pengidapnya tidak nyaman. Namun,…

"Elsiron merupakan obat untuk mengatasi gejala flu. Kamu wajib mengetahui cara penggunaan elsiron yang tepat untuk memastikan efektivitas obat dan mencegah efek samping."

Elsiron adalah obat untuk mengatasi tanda-tanda flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan batuk. Komposisi obat ini mencakup paracetamol, glyceryl guaiacolate, phenylpropanolamine HCl, dan chlorpheniramine maleate.

Kandungan paracetamol berfungsi untuk menurunkan demam dan meredakan rasa sakit. Sementara itu, glyceryl guaiacolate dan phenylpropanolamine HCl berperan dalam mengatasi batuk dengan cara mengencerkan  dahak.

Kandungan lainnya, yaitu chlorpheniramine maleate yang berperan dalam meredakan batuk akibat alergi di tenggorokan.

Cara Penggunaan Elsiron

Elsiron hadir dalam bentuk kaplet yang sebaiknya diminum setelah makan untuk mengoptimalkan penyerapan dan efeknya.

Konsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Tujuannya untuk membentuk kebiasaan sehingga tidak terlupa. 

Jika terlupa, segera minum jika jarak waktu dengan dosis berikutnya masih cukup lama.

Apabila dosis berikutnya sudah dekat, lebih baik lewatkan dosis dan tidak menggandakannya pada satu waktu.

Selain itu, penting untuk membaca informasi pada kemasan obat atau petunjuk yang diberikan oleh dokter atau apoteker.

Informasi tersebut meliputi dosis yang dianjurkan, kontraindikasi (kondisi yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat), dan efek samping yang mungkin terjadi.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan obat-obatan harus sesuai dengan petunjuk dokter atau petugas kesehatan yang berkompeten.

Selain aspek dosis dan aturan minum, kamu juga perlu memahami potensi interaksi obat. 

Informasikan kepada dokter atau apoteker jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau sedang menjalani perawatan medis tertentu.

Hal ini penting untuk menghindari interaksi yang tidak diinginkan antarobat dan memastikan bahwa elsiron aman kamu konsumsi.

Sebagai tambahan, pantau tanda-tanda efek samping. Jika mengalami reaksi yang tidak biasa setelah mengonsumsi elsiron, segera hubungi dokter. 

Efek samping yang mungkin timbul termasuk, namun tidak terbatas pada, alergi, gangguan perut, atau perubahan pada parameter laboratorium tertentu.

Dokter dapat memberikan penilaian menyeluruh dan menyesuaikan terapi jika diperlukan.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Elsiron

Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan ketika mengonsumsi elsiron untuk mengatasi gejala flu:

  • Hentikan penggunaan obat ini segera jika terjadi tanda-tanda awal reaksi alergi, seperti munculnya ruam, rasa gatal, sakit tenggorokan, demam, dan pucat.
  • Pengidap asma harus berhati-hati ketika mengonsumsi elsiron.
  • Orang yang mengidap penyakit ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, atau hipertiroid juga perlu berhati-hati dalam menggunakan obat ini.
  • Bagi ibu hamil dan menyusui, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini agar penggunaannya dapat dievaluasi dengan mempertimbangkan kondisi khusus kehamilan atau menyusui.
  • Jika kamu mengonsumsi alkoho
    • l, perlu diingat bahwa terdapat risiko tinggi kerusakan hati, terutama jika penggunaan obat ini berlangsung dalam jangka panjang dan dosis yang tinggi.
    • Elsiron dapat menyebabkan kantuk, oleh karena itu, disarankan untuk menghindari aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi, seperti mengemudi, saat menggunakan obat ini.

      sumber: Halodoc     . . com

      Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna