Informasi Kesehatan

Amankah Ibu Menyusui Makan Pedas?

makanan_pedas_bumil.jpg

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Alergi pada bayi merupakan salah satu masalah kesehatan…

Tips Aman Menyusui bagi Ibu yang Positif COVID-19

Ibu menyusui yang positif COVID-19 dianjurkan untuk tetap…

Tips Melatih Anak Berjalan dengan Aman

Ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan dalam…

Sebagian ibu menyusui khawatir untuk mengonsumsi makanan pedas karena takut ASI yang mereka produksi juga akan terasa pedas dan membuat bayi tidak mau menyusu, bahkan menimbulkan dampak negatif pada kesehatan bayi. Sebenarnya, amankah ibu menyusui makan pedas?

Larangan mengonsumsi makanan pedas saat menyusui memang sudah menjadi kepercayaan yang lumrah di masyarakat Indonesia. Bahkan, larangan ini sudah berlaku sejak seorang wanita mengandung.

Ibu Menyusui Boleh Makan Pedas

Makan pedas saat menyusui boleh-boleh saja dan aman, kok, asalkan makanan pedas yang Busui konsumsi masih dalam jumlah yang normal atau tidak terlalu banyak porsinya.

Segala yang Busui konsumsi memang bisa memengaruhi rasa dan aroma ASI. Namun, bukan berarti makanan pedas lantas membuat ASI Busui jadi terasa pedas juga, ya.

Busui perlu tahu bahwa ASI hanya mengambil sari-sari nutrisi dari apa yang Busui makan. Jadi, Busui tidak perlu khawatir untuk makan pedas, karena ASI yang akan diminum Si Kecil tidak akan membuatnya kepedasan.

Risiko Makan Pedas Saat Menyusui

Kendati aman dan tidak membahayakan bayi, mengonsumsi makanan pedas tetap bisa menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan bagi ibu menyusui, terlebih jika memakannya dalam jumlah yang terlalu banyak.

Ini dikarenakan kandungan capsaicin pada makanan pedas bisa mengiritasi lambung selama proses pencernaan terjadi. Oleh sebab itu, konsumsi makanan pedas terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan, mulai dari diare, nyeri perut, hingga kambuhnya gejala maag atau penyakit asam lambung (GERD).

Bila kesehatan Busui terganggu, Busui nantinya bisa kesulitan untuk menyusui Si Kecil. Padahal setiap 1 hingga 2 jam sekali, bayi harus disusui secara rutin untuk menunjang pertumbuhannya.

Setelah mengetahui informasi di atas, kini Busui tidak perlu khawatir untuk makan pedas, meski sekarang masih aktif menyusui Si Kecil. Bila dikonsumsi sesekali, makanan pedas cukup aman dan jarang berisiko untuk membahayakan kesehatan Busui dan Si Kecil.

Namun, bila setelah makan pedas Busui mengalami nyeri perut, perih di dada, atau buang air besar terus-menerus, segera hentikan mengonsumsi makanan pedas tersebut.

Biasanya keluhan akibat makan pedas bisa membaik dengan sendirinya, tanpa perlu pengobatan serius. Jika keluhan tidak segera mereda dalam waktu 2 hari hingga menyebabkan Busui mengalami dehidrasi atau sulit menyusui, periksakanlah diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber: Alodokter.com

 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor, klinik terfavorit keluarga, klinik terbaik di Bogor. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.

TEMUKAN