Informasi Kesehatan

Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Alami Nyeri Gigi

ffb2b0f5-makanan-karbohidrat-yang-dihindari-saat-diet.jpg

Sayuran Penyebab Kolesterol Tinggi, Apakah Ada?

Anggapan bahwa ada sayuran penyebab kolesterol tinggi tentu…

Ini 5 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Pengidap Asam Lambung

“Ada beberapa makanan dan minuman pantangan asam lambung.…

Jangan Konsumsi Berlebihan, Ini Bahaya Kafein bagi Kesehatan

Kafein adalah stimulan alami yang paling banyak dikonsumsi…

“Ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat sedang mengalami nyeri gigi. Contohnya buah-buahan asam, daging, permen, dan minuman bersoda agar rasa sakitnya tidak semakin parah.”

Ketika nyeri gigi menyerang, sulit rasanya untuk beraktivitas. Rasa tajam yang berdenyut-denyut bisa membuat kita tidak selera untuk makan dan susah tidur. Jika sudah seperti, kamu perlu melakukan beberapa cara untuk mengurangi rasa sakitnya. Contohnya dengan minum obat, kumur air garam, atau kompres bagian yang nyeri dengan es. 

Namun, selain upaya-upaya di atas, proses penyembuhan akan kurang maksimal jika kita tidak memperhatikan pola makan. Sebab, ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat sedang mengalami nyeri gigi. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya!

Makanan yang Perlu Dihindari saat Alami Nyeri Gigi

Berikut adalah makanan-makanan yang pengidap nyeri gigi harus hindari:

1. Daging

Daging yang keras bisa memicu infeksi gigi dan merangsang produksi bakteri. Bakteri bisa muncul ketika gading keras yang sulit digigit tersangkut di sela-sela gigi. 

Teksturnya yang berserat juga membuat makanan ini sulit dibersihkan dan memudahkan plak untuk terbentuk. Setelah ini, gigi bisa terinfeksi dan nyeri semakin parah. 

Selain hindari makanan-makanan ini, maksimalkan penyembuhan nyeri gigi dengan minum obat. Cari tahu rekomendasinya di sini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Gigi yang Ampuh di Apotek”.

2. Permen

Jauhkan diri dari godaan permen hisap dan lolipop saat sakit gigi. Alasannya, kandungan di dalamnya dapat memperburuk nyeri gigi. Marshmallow juga sebaiknya dihindari karena rentan membuatmu untuk menggeretakkan gigi. Sebab gulanya bisa membuat tersangkut di gigi. Hal ini bisa mengiritasi saraf pada gigi dan mempengaruhi enamel.

3. Makanan pedas

Makanan pedas berisiko memperparah luka di gigi. Zat di dalamnya menyebabkan iritasi dan merusak gusi. Selain itu, makanan pedas juga bisa meningkatkan tekanan darah, yang akan berefek pada peningkatan rasa nyeri gigi.

Maka dari itu, saat nyeri gigi menyerang batasi konsumsi sambal atau cabai. Apalagi jika kamu pada dasarnya memiliki gigi yang sensitif. 

Kenali juga penyebab sakit gigi yang tidak banyak diketahui dengan baca artikel ini: “5 Kebiasaan Pemicu Sakit Gigi yang Jarang Disadari”. 

4. Buah-buahan asam

Buah-buahan seperti nanas, anggur, dan lemon sebaiknya dihindari saat nyeri gigi menyerang. Sebab, semua buah itu mengandung asam yang tinggi. 

Kandungan asam yang tinggi akan menyebabkan kerusakan enamel dan gigi menjadi lebih sensitif. Selain itu, asam akan membuat luka di gigi semakin perih dan sulit untuk disembuhkan. 

5. Minuman bersoda

Minuman bersoda memiliki komposisi gula dan asam yang tinggi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gula dan asam hanya akan memperparah nyeri gigi. 

Selain itu, meminum minuman bersoda juga akan mengikis enamel. Hal ini menyebabkan gigi kehilangan pelindungnya dan menjadi rentan rusak. Hentikan dulu konsumsi soda selama nyeri gigi dan perbanyak minum air putih agar lebih aman. 

sumber: Halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna