Informasi Kesehatan

Kembang Turi, Ketahui 9 Manfaatnya bagi Kesehatan

manfaat_kembang_turi.width-800_.jpg

5 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Tak hanya dagingnya, susu kambing memiliki beragam manfaat untuk…

7 Buah untuk Menaikkan Trombosit

Mengonsumsi buah untuk menaikkan trombosit diyakini mampu mempercepat…

Resep Sehat: Bacang Tinggi Protein Kesukaan Anak

“Bacang tinggi protein merupakan pilihan resep sehat yang…

Kembang turi adalah bunga dari tanaman turi yang berwarna merah atau putih. Selain sering dijadikan sebagai tanaman hias, bunga ini memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengobati sariawan hingga mengurangi risiko terjadinya kanker.

Kembang turi banyak ditemukan di kawasan negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Kembang dengan nama latin Sesbania grandiflora ini sudah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Bagaimana tidak, kembang ini kaya akan antioksidan, asam amino, mineral, dan vitamin.

Kembang turi memiliki cita rasa kuat dan pahit dan dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu. Di Indonesia, kembang ini biasanya banyak dikonsumsi sebagai tumisan atau lalapan.

Kembang Turi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat kembang turi berasal dari beragam kandungan di dalamnya yang kaya akan nutrisi, seperti tanin, flavonoid, saponin, protein, fitosterol, dan vitamin C. Berkat sejumlah kandungannya tersebut, kembang turi dapat memberikan beragam manfaat, seperti:

1. Mengobati sariawan

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa kembang turi bisa bermanfaat untuk mengobati sariawan. Hal ini dapat terjadi karena kembang yang memiliki warna merah atau putih ini kaya akan vitamin C.

Mengingat sariawan merupakan peradangan di dalam mulut yang umumnya terjadi akibat kekurangan vitamin C, maka kandungan vitamin C pada kembang turi diyakini dapat membantu mengobati sariawan. Selain itu, vitamin C pada buah turi juga mampu menjaga daya tahan tubuh sehingga dapat mengurangi risiko sariawan.

2. Mengobati jerawat

Selain sariawan, kembang turi juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung antibakteri, seperti tanin, flavonoid, dan saponin. Kandungan-kandungan tersebut mampu mengeluarkan sel bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengambil minyak atau ekstrak kembang turi untuk dioleskan ke area jerawat.

3. Mencegah diare

Kembang turi juga dapat digunakan untuk mengatasi diare, karena mengandung senyawa alami tanin. Senyawa yang bersifat antioksidan ini mampu mencegah penyerapan zat beracun penyebab diare.

Selain itu, sifat antibakteri yang terkandung di dalam kembang turi juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare.

4. Meredakan demam

Kandungan fitosterol pada kembang turi juga diketahui bisa meredakan demam. Fitosterol memiliki sifat antiradang dan antipiretik yang berguna untuk meredakan atau mengurangi demam.

Selain itu, kandungan fitosterol di dalam kembang turi juga menunjukkan aktivitas analgesik yang signifikan sehingga efektif untuk meredakan demam.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Kembang turi juga diketahui dapat membantu dalam proses penyembuhan luka. Manfaat ini dapat diambil dari ekstrak metanol kembang turi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak tersebut mampu menyembuhkan luka secara signifikan.

Meski begitu, penelitian terkait manfaat kembang turi untuk penyembuhan luka masih terbatas sehingga memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Mencegah diabetes

Berkat kandungan senyawa tanin dan saponin di dalamnya, kembang turi dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tanin dan saponin dapat membantu menurunkan gula darah.

Selain itu, kandungan asam klorogenat pada kembang turi juga mampu mengontrol kadar gula darah, Akan tetapi, efektivitas kandungan pada kembang turi untuk mengurangi kadar gula darah masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

7. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid pada kembang turi dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa terjadi karena flavonoid memiliki sifat vasodilator sehingga mampu melebarkan pembuluh darah. Saat pembuluh darah melebar, aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah pun menurun.

8. Melindungi kesehatan jantung

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa kembang turi mampu melindungi kesehatan jantung. Hal ini mungkin berkat kandungan antioksidannya, seperti flavonoid, tanin, dan isoflavonoid.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat kembang turi untuk kesehatan jantung.

9. Mengurangi risiko terkena kanker

Selain dapat melindungi kesehatan jantung, kandungan antioksidan pada kembang turi juga dikatakan punya kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, tanin dan flavonoid pada kembang turi juga memiliki sifat antiproliferatif, yaitu kemampuan untuk menghentikan proses pertumbuhan sel kanker.

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat kembang turi di atas, Anda perlu mengonsumsinya dengan cara yang benar. Kembang turi memang memilki rasa yang pahit, tetapi dapat dikonsumsi secara langsung atau sebagai lalapan dan diolah dengan cara ditumis.

Dengan melakukan cara-cara tersebut, kembang turi dapat menjadi hidangan yang tidak hanya sehat, tetapi juga memiliki cita rasa yang lezat.

Kendati memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kembang turi tidak sepenuhnya bebas dari risiko. Sebagian orang bisa saja mengalami reaksi alergi atau efek samping tertentu setelah mengonsumsinya.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa beberapa manfaat kembang turi bagi kesahatan tubuh masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan mengonsumsi kembang ini untuk menggantikan pengobatan yang diberikan oleh dokter.

Jika Anda berniat untuk mengonsumsi buah turi guna mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya.

Sumber: alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.