Informasi Kesehatan

Nyeri Pinggang: Penyebab dan Cara Mengobatinya

sakit-pinggang-belakang1.jpg

Konsumsi Paracetamol untuk Sakit Gigi, Efektifkah?

  “Paracetamol sebagai obat pereda nyeri tidak hanya…

Tanpa Obat-obatan, Ini 5 Buah untuk Membantu Meredakan Sakit Perut

“Sakit perut yang menyiksa seringkali dapat mengganggu aktivitas…

Ini 5 Pilihan Antiseptik yang Ampuh Membasmi Kuman

Ada berbagai antiseptik yang bisa kamu gunakan untuk…

“Nyeri pinggang sering sekali terjadi pada seseorang di umur berapapun. Kondisi ini bisa dipicu oleh masalah kesehatan seperti kondisi medis dan cedera atau kebiasaan seperti gaya hidup dan postur tubuh yang buruk.”

 

Apakah kamu pernah tiba-tiba merasakan nyeri pada bagian pinggang ketika beraktivitas? Nyeri pinggang dapat terjadi pada orang dari segala usia, meski lebih umum terjadi pada lansia. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai faktor. 

Pertanyaannya, apa saja sih penyebab dan cara mengobati nyeri pinggang yang harus kamu tahu!

Penyebab Masalah Nyeri Pinggang

Tidak hanya umur, ada beberapa hal dan kebiasaan yang bisa menyebabkan terjadinya sakit pinggang. Simak berikut ini berbagai alasannya, antara lain:

1. Cedera fisik

Cedera fisik seperti patah tulang, terkilir atau memar pada otot atau jaringan lunak di sekitar pinggang dapat menyebabkan nyeri pinggang. Masalah ini biasanya terjadi pada orang yang terlibat dalam kegiatan fisik yang memerlukan gerakan tubuh yang intens seperti olahraga atau pekerjaan yang memerlukan penggunaan tenaga fisik.

Mau tahu obat apa saja yang ampuh untuk lawan nyeri pinggang? Yuk cek rekomendasinya di sini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Sakit Pinggang yang Ampuh Redakan Nyeri”. 

2. Postur buruk

Postur buruk adalah faktor yang sering orang abaikan sebagai penyebab nyeri pinggang. Kebiasaan duduk yang salah atau terlalu lama di depan komputer dapat menyebabkan ketegangan pada otot dan ligamen di sekitar pinggang, yang pada akhirnya dapat menyebabkan nyeri. 

Kalau kamu juga terbiasa duduk dengan posisi yang tidak ergonomis, kemungkinan terjadinya sakit pada pinggang juga semakin meningkat.

3. Kondisi medis

Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan nyeri pinggang. Contohnya seperti osteoarthritis, skoliosis, herniated disk, dan radikulopati. Berbagai kondisi ini memerlukan perawatan khusus dan pengobatan oleh dokter. 

4. Gaya hidup yang buruk

Gaya hidup yang buruk seperti kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol secara berlebihan, dan kebiasaan makan yang tidak sehat dapat menyebabkan nyeri pinggang. 

Kebiasaan-kebiasaan ini dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar pinggang, sehingga kemudian dapat menyebabkan tekanan pada otot dan ligamen di sekitarnya.

Cara Mengobati Nyeri Pinggang

Berita baiknya, nyeri pinggang adalah kondisi yang mudah kamu obati secara efektif dan cepat. Ini beberapa cara yang kamu bisa coba tanpa harus mengunjungi dokter.

1. Lakukan peregangan otot

Peregangan otot sangat penting untuk meredakan nyeri pinggang. Peregangan yang baik dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot, sehingga dapat memperbaiki postur dan mengurangi ketegangan otot di sekitar pinggang. Beberapa peregangan yang dapat dilakukan adalah peregangan otot punggung bawah, peregangan otot perut, dan peregangan otot panggul.

2. Hindari kegiatan fisik yang terlalu berat

Jika sakit pinggang muncul setelah mengalami cedera fisik, hindari melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat atau intens untuk sementara waktu. Istirahatkan tubuh dan biarkan otot dan jaringan lunak di sekitar pinggang pulih sepenuhnya sebelum melakukan aktivitas fisik yang berat lagi. 

Jenis aktivitas yang bisa kamu hindari adalah berolahraga intensitas tinggi dan mengangkat beban berat.

Sudah tahu mengenai manajemen nyeri untuk mengelola rasa nyeri? Baca di artikel ini: “Mengenal Manajemen Nyeri dan Manfaatnya untuk Kesehatan“.

3. Gunakan obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID)

Obat anti inflamasi nonsteroid seperti ibuprofen atau aspirin dapat membantu mengurangi nyeri pinggang. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi inflamasi pada area tubuh tertentu sehingga rasa nyeri bisa hilang.

Namun, dalam penggunaannya pastikan untuk mengikuti dosis yang dokter anjurkan atau sesuai yang tertera pada kemasan obat. 

Itulah hal-hal yang kamu perlu tahu tentang penyebab sakit pinggang dan cara mengatasinya. 

sumber: Halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna