Informasi Kesehatan

Ini Rekomendasi Obat Batuk Kering yang Bisa Dicoba

fc1ed4cb0e9be45ab8e09a1a198d0a10.jpeg

8 Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengatasi Hipertensi

“Tanaman rempah bisa menjadi alternatif untuk menurunkan tekanan…

Ketahui Cara Mengatasi Gigi Ngilu karena Gigi Berlubang

Ada beragam cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang…

6 Gejala Cedera Lutut dan Cara Mengatasinya

“Selain menyebabkan bengkak dan nyeri, cedera lutut juga…

“Ada beberapa obat batuk kering yang cukup efektif untuk mengatasi batuk tidak berdahak. Contoh rekomendasinya Siladex DMP Sirup, Triaminic Batuk Pilek 60 ml, Sanadryl DMP Sirup 60 ml hingga Herbakof Sirup.”

Batuk kering adalah jenis batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir. Umumnya batuk kering bisa sembuh jika kamu mengobati penyebab dasarnya. Kamu juga bisa menggunakan obat batuk kering tanpa resep untuk mengatasinya. 

Perlu kamu ketahui, batuk merupakan tindakan refleks yang membersihkan saluran napas dari iritasi dan lendir. Ada dua jenis batuk, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Jika batuk kering tanpa dahak atau lendir, maka batuk berdahak adalah hal sebaliknya.

Rekomendasi Obat Batuk Kering

Ada banyak hal yang menyebabkan batuk kering, mulai dari alergi hingga asam lambung naik.

Apapun penyebabnya, batuk kering yang terjadi secara berkelanjutan dapat berdampak serius pada kehidupan sehari-hari, terutama jika memburuk di malam hari.

Namun, ada beberapa rekomendasi obat batuk kering tanpa resep dokter yang bisa kamu coba:

1. Siladex DMP Sirup 60 ml

Siladex DMP merupakan obat sirup untuk meredakan batuk tidak berdahak atau batuk kering yang disertai alergi. Obat batuk tidak berdahak ini mengandung dextromethorphan HBr dan diphenhydramine HCL. 

Dextromethorphan termasuk antitusif yang bekerja menekan refleks batuk. Sementara itu, diphenhydramine HCL termasuk antihistamin yang memiliki efek menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. 

Berikut dosis untuk mengonsumsinya:

  • Dewasa dan anak-anak diatas 12 tahun: 3 kali sehari 2 sendok takar (10 ml).
  • Anak – anak 6-12 tahun: 3 kali sehari 1 sendok takar (5 ml) Atau menurut petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp16.900 per botol

Dapatkan Siladex DMP Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Actifed Plus Cough Suppressant Sirup 60 ml (Merah)

Obat batuk kering selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu Actifed Plus Cough Suppressant. Jenis obat batuk ini bermanfaat untuk mengatasi batuk kering dan pilek. 

Selain itu, obat batuk tidak berdahak ini mengandung dextromethorphan Hbr, Pseudoephedrine HCl, dan Triprolidine HCl. Dextromethorphan HBr bekerja sebagai antitusif yang dapat menekan refleks batuk. 

Sementara itu, pseudoephedrine bekerja dengan meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung. Sehingga, saluran napas jadi lebih terbuka dan melegakan. 

Triprolidine HCl bertindak sebagai antihistamin atau anti-alergi untuk meredakan gejala alergi, seperti bersin-bersin. 

Rentang harga: Rp52.300 – 68.500 per botol.

3. Triaminic Batuk Pilek 60 ml

Obat batuk berdahak dengan  varian rasa Berry ini digunakan untuk mengatasi gejala pilek seperti bersin-bersin, hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak. Obat ini mengandung seudoephedrine HCl 15 mg, dan dextromethorphan HBr 5 mg.

Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan, dengan dosis:

  • Dewasa & anak > 12 tahun : 3 x sehari 2 sendok takar (10 ml).
  • Anak 6-12 tahun : 3 x sehari 1 sendok takar (5 ml).

Hal yang perlu ditegaskan, bila dalam tiga hari gejala tidak berkurang segera hubungi dokter. Hentikan penggunaan obat jika jantung berdebar, sulit tidur dan pusing.

Rentang harga: Rp86.300 per botol.

Dapatkan Triaminic Batuk Pilek 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Sanadryl DMP Sirup 60 ml

Jika kamu tidak terlalu suka dengan obat bentuk tablet, maka Sanadryl DMP Sirup solusi batuk keringmu.

Obat batuk tidak berdahak ini memiliki kandungan zat aktif berupa dextromethorphan Hbr, difenhidramin HCl, ammonium klorida, natrium sitrat dan menthol.

Obat batuk ini dapat kamu gunakan untuk mengatasinya batuk tidak berdahak atau obat batuk kering yang penyebabnya adalah alergi. Meskipun bisa kamu beli secara bebas, tapi penggunaan obat batuk kering ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp20.300 – Rp46.700 per botol.

5. Herbakof Sirup 60 ml

Apabila kamu memiliki preferensi obat herbal sebagai penanganan batuk, maka kamu bisa menggunakan Herbakof Sirup.

Obat batuk kering ini terbuat dari tanaman herbal, yaitu daun legundi, jahe, daun saga, dan buah mahkota dewa. 

Kombinasi bahan-bahan herbal tersebut dipercaya dapat meredakan batuk kering dan melegakan tenggorokan. 

Rentang harga: Rp13.400 – Rp16.900.

Dapatkan Herbakof Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

Cara Alami Mengatasi Batuk Kering

Selain obat-obatan, ada juga cara alami mengatasi batuk kering. Cara alami ini juga bisa kamu lakukan bersamaan dengan obat medis.

Beberapa cara yang bisa kamu coba misalnya:

  • Menyalakan humidifier. Mesin humidifier dapat mambantu meningkatkan kelembapan udara. Menggunakan alat ini di malam hari dapat membantu melonggarkan lendir, melancarkan pernapasan, dan meningkatkan kenyamanan saat tidur.
  • Mengonsumsi sup, kaldu, teh, atau minuman panas lainnya. Cairan hangat tersebut dapat membantu meningkatkan kelembapan sekaligus memberikan kelegaan pada tenggorokan yang sakit dan gatal. Selain itu, cairan hangat juga penting untuk proses penyembuhan.
  • Madu. Obat herbal ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan. Selain itu madu juga dapat membantu memecah lendir dan meredakan sakit tenggorokan akibat batuk kering.
  • Berkumur dengan larutan air garam. Air garam bermanfaat menenangkan jaringan yang meradang dan meningkatkan penyembuhan. Garam juga dapat membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan, yang mungkin menjadi penyebab batuk kering.
  • Jahe. Tanaman herbal ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan rasa sakit. 

 

sumber: Halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna